Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Vaksin ND

5 min read

Vaksin ND

Vaksin ND adalah salah satu vaksin unggas yang populer digunakan oleh peternak, karena memang salah satu vaksin yang selalu diberikan kepada ayam bahkan sejak masih DOC. Penyakit ND atau NewCastle Disease adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, dapat menyebar secara cepat dan tingkat kematiannya cukup tinggi. Sehingga penyakit ND harus diatasi dengan seksama. Produk Vaksin ND berbagai macam, dan biasa dicampur dengan vaksin penyakit lain.

Nonaternak akan membantu kamu mengetahui berbagai referensi lengkap mengenai vaksin. Perlu kamu ketahui bahwa vaksin ND ini merupakan salah satu jenis produk yang dimiliki oleh PT Medion yang sudah memiliki nomor resmi register sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi akan kandungannya. Vaksinasi itu sendiri ialah kegiatan pemberian antigen pada ternak untuk merangsang sistem kekebalan tubuh sehingga menghasilkan antibodi terhadap berbagai penyakit.

vaksin ND

Vaksin ND

Sudah familiar dengan vaksin ND? Vaksin ND ialah suatu vaksin tunggal yang memiliki satu jenis antigen. Tujuan dari vaksin ND yakni untuk mencegah timbulnya suatu penyakit Newcastle Disease pada peliharaan unggas kamu. Kamu juga bisa memberikan vaksin ini dengan tiga cara ya yakni dengan cara injeksi intramuskuler pada dada unggas, pemberian tetes mata atau dengan menggunakan metode injeksi subcutan. Berikut beberapa macam produk varian dari Vaksin ND.

1. Medivac ND Clone-45

Vaksin Medivac ND Clone-45 ini merupakan salah satu jenis vaksin ND yang mampu membasmi penyakit Newcastle Disease (ND) yang disebabkan oleh virus Avian Paramyxovirus-1 (APMV-1) yang termasuk dalam genus Avulavirus dan merupakan famili dari Paramyxoviridae. Virus ini memiliki RNA struktur beramplop. Nah virus ini bisa kamu hindari jika unggas milik kamu sudah diberi vaksin Medivac ND Clone-45.

Vaksin ini berbentuk kering beku serta mengandung virus ND Strain Clone 45 yang dikembangkan dalam telur SPF yang berembrio. Sehingga unggas terbebas dari pencemaran mikroorganisme yang bersifat patogen ya. Medivac ND Clone-45 ini dipakai untuk vaksinasi pertama terutama pada anak ayam.

Keunggulan dari vaksin jenis ini yakni cepat menstimulasikan antibodi yang protektif, serta bisa diberikan ketika ayam terserang ND. Cara pakainya silakan berikan 1 dosis pada 1 ekor ayam dengan tetes mata.

2. Medivac ND Hitchner B1

Vaksin jenis ini merupakan vaksin yang berbentuk kering beku yang telah mengandung virus Newcastle Disease Strain Hitchner B1. Virus jenis ini dikembangkan dalam telur SPF berembrio sehingga mampu terbebas dari adanya pencemaran mikroorganisme yang bersifat patogen. Setiap 1 takaran atau 1 dosis mengandung virus ND minimal yakni 107 EID50.

Aturan pakai Medivac ND Hitchner B1 yakni kamu dapat memberikan 1 dosis setiap ekor melalui tetes hidung atau menyemprot ya. Nomor registrasi vaksin jenis ini yakni KEMENTAN RI No. D 06011468 VTS.2, dengan adanya nomor ini terbukti bahwa vaksin ini resmi dan aman untuk dikonsumsi.

3. Vaksin Medivac ND La Sota

Vaksin jenis ini memiliki nomor registrasi KEMENTAN RI No. D 06011467 VTS.2. Kegunaan vaksin Medivac ND La Sota yakni mencegah penyakit ND pada ayam jenis pedaging, ayam petelur, ayam bibit, atau ayam jantan ya. Terdapat kandungan virus La Sota setiap dosis vaksin ND memiliki kandungan virus ND minimal 107 EID50.

Ada beragam keunggulan dari vaksin ini yakni:

  • Stabil

Medivac ND La Sota memiliki kandungan virus yang telah melemah sehingga virulensi virus bersifat stabil.

  • Handal

Vaksin jenis ini sudah terbukti membentuk antibodi dan dapat melindungi ayam dari tantangan virus ND. Cara pemberian vaksin ND lasota bisa melalui tetes mata.

4. Vaksin Medivac ND-IB

Vaksin ini bisa digunakan pada vaksinasi pertama atau vaksinasi ulang guna mencegah penyakit ND dan IB pada unggas. IB ialah Infectious Bronchitis yang menyerang pernafasan pada ayam yang terkena virus. Penyebaran penyakit ini sangat cepat sekali sehingga kamu harus lebih waspada.

Perbedaan vaksin nd ib dan nd lasota adalah pada jenis virus yang bisa diatasi. Kalau ND IB gabungan ND dan IB, kalau ND Lasota untuk ND virus strain Lasota. Harga vaksin nd ib dosis 50 dan 500 bervariasi. Untuk di Shopee, harganya sekitar Rp. 27.000,00 sampai ratusan ribu.

5. Vaksin Medivac ND G7B-IB Emulsion

Vaksin ini berbentuk emulsi yang dapat mencegah ND serta Infectious Bronchitis (IB) pada unggas milik kamu. Dosis dan aturan pakai Medivac ND G7B-IB  Emulsion yakni:

  • Medivac ND G7B-IB Emulsion

Silahkan kamu berikan pada ayam dengan suntikan intramuskuler baik pada paha, dada atau bawah kulit bagian leher belakang.

  • Medivac ND G7B-IB Emulsion

Silahkan kamu berikan pada ayam atau unggas yang pernah di vaksin.

Dosis tiap ekor anak ayam yakni berikan 0,2 ml saja sedangkan untuk ayam yang sudah dewasa yakni sebesar 0,5 ml.

Keunggulan dari Medivac ND-IB yakni memiliki ekstra protektif yang bisa tahan lama membentuk suatu kekebalan, praktis dan efisien penggunaannya yakni hanya 1 kali saja pemberian, serta terjamin keamanannya.

6. Vaksin Medivac ND Emulsion

Keunggulan dari jenis vaksin ND ini yakni:

  • Efektif

Bisa kamu pakai sebagai vaksin tunggal yang setelah sebelumnya ayam sudah merasakan vaksin ND aktif.

  • Adjuvant vaksin halus serta homogen

Vaksin ini memiliki zat pembawa partikel halus dan homogen.

  • Vaksin handal

Mampu mempercepat pembentukan titer antibody ND yang mampu bertahan hingga 16 minggu yang protektif.

7. Vaksin Medivac ND-IB Emulsion

Vaksin ini berbentuk emulsi guna menghindarkan dari penyakit Newcastle Disease serta Infectious Bronchitis baik pada ayam pedaging, ayam petelur, atau pun ayam bibit. Terdapat ukuran 250 ml dengan harga yang berbeda-beda bergantung wilayah penjualan.

8. Medivac ND-EDS Emulsion

Dosis pemberian jenis Vaksin ND ini pada setiap ekor ayam yakni 0,5 ml. Cara pemberiannya silahkan kamu suntikkan pada bagian paha, payudara, atau bagian bawah kulit pada belakang leher. Vaksin ini sangat bagus untuk bronkitis ayam.

9. Medivac ND-EDS-IB Emulsion

Vaksin jenis ini memiliki kandungan BD La Sota Virus Strain, Adenovirus 127 Mcferran ketegangan serta IB dari Massachusetts 41 galur yang diemulsikan dalam minyak mineral. Setiap dosis mengandung 50 PD50 virus ND, dan 1000 HA Unit Adenovirus. Dosis yang bisa kamu berikan untuk ayam yakni 0,5 ml melalui otot, bawah kulit bagian belakang bawah leher atau payudara

10. Medivac ND G7B Emulsion

Dosis pemberian Medivac ND G7B Emulsion yakni berikan 0,2 ml pada anak ayam atau 0,5 ml pada ayam dewasa. Ukuran atau isi dari vaksin ini juga bermacam-macam yakni 50 ml, 100 ml, 250 ml dan 500 ml sehingga kamu bisa membelinya sesuai kebutuhan. No Register vaksin ini yakni KEMENTAN RI No. D 13034471 sehingga juga aman untuk dikonsumsi.

11. Medivac ND G7B-EDS-IB Emulsion

Dosis atau pemberian vaksin jenis ini pada ayam yakni 0,5 ml untuk 1 ayam. Simpan vaksin ini pada suhu antara 2 hingga 8 derajat celcius, jangan simpan pada tempat yang terlalu dingin ya. Untuk ukuran yakni 250 ml dan 500 ml. No Register Medivac ND G7B-EDS-IB Emulsion yakni KEMENTAN RI No. D 13074582 VKC.

12. Medivac ND G7B-EDS Emulsion

Berikan vaksin ini kepada setiap ekor ayam yakni sebanyak 0,5 ml dengan cara menyuntikkan pada bagian payudara, paha atau bagian bawah kulit pada bagian belakang leher ya. Simpan pada temperature suhu antara 24 hingga 27 derajat celcius.

13. Vaksin Medivac ND-AI

Medivac ND-AI berfungsi untuk mencegah penyakit ND serta AI yakni Avian influenza SS pada ayam petelur, ayam pedaging, maupun ayam bibit. Dosis yang kamu kasih sesuai takaran yakni untuk anak ayam sebanyak 0,2 ml sedangkan ayam dewasa yakni 0,5 ml.

14. Medivac ND-IB-Gumboro Emulsion

Dosis yang harus kamu kasih ke tiap ayam atau unggas yakni 0,5 ml. Ukuran yang tersedia untuk vaksin jenis ini yakni 100 ml, 250 ml dan 500 ml. Nomor Registrasi vaksin ini yakni KEMENTAN RI No. D 06012316 VTC. Komposisi atau kandungan dari  Medivac ND-IB-IBD mengandung virus yakni Newcastle disease (ND) strain La Sota, infectious bronchitis strain Massachusetts 41 serta infectious bursal disease (IBD) atau  virus penyakit Gumboro strain Winterfield 2512.

Setiap virus telah nonaktif dan teremulsi dalam bahan yang tergolong pembantu minyak mineral. Setiap dosis Medivac ND-IB-Gumboro Emulsion mengandung paling sedikit yakni  50 PD50 virus ND, 2 virus IB indeks netralisasi dan 800 serum netralisasi virus IBD ya.

15. Vaksin Medivac ND G7B- AI

Suntikkan vaksin ini secara intramuskular pada paha atau payudara dosisnya yakni 0,1 ml per ayam muda atau 0,25 ml untuk ayam dewasa. Lindungi vaksin ini dari paparan sinar matahari langsung ya. Setelah botol dibuka kemasannya maka vaksin harus segera kamu beri ke ayam ya. Medivac ND G7B-AI berfungsi untuk mencegah penyakit Newcastle disease (ND) dan avian influenza (AI) pada ayam jantan, ayam pedaging,  ayam petelur serta ayam pembibit.

16. Vaksin Medivac ND – Gumboro Emulsion

Vaksin ini silakan kamu beri pada unggas atau ayam dengan dosis 0,2 ml pada anak ayam sedangkan 0,5 ml untuk ayam dewasa. Silakan kamu simpan vaksin ini pada suhu 24 hingga 27 derajat celcius. Untuk ayam pedaging dan ayam jago, Medivac ND-Gumboro Emulsion kamu berikan tambahan vaksin Live Newcastle Disease (ND) sebagai vaksinasi pertama yakni pada umur 4 hari.

Untuk ayam petelur dan breeder kamu juga bisa memberikan Medivac ND-Gumboro Emulsion dengan tambahan vaksin Live Newcastle Disease (ND) sebagai vaksinasi pertama pada umur 4 hari. Vaksinasi ulang dapat kamu lakukan pada usia 16 – 18 minggu untuk breeder ya.

Setelah kamu buka, vaksin harus segera kamu gunakan dan konsumsi seluruhnya dalam waktu 24 jam ya. Oh iya untuk alat suntik otomatis yang akan kamu gunakan untuk vaksinasi harus sudah direbus terlebih dahulu selama 30 menit untuk menghindari bakteri atau virus ya.

Nah itu tadi 16 jenis Vaksin ND yang diproduksi oleh PT Medion dan informasinya sebagian besar disarikan dari website resmi PT Medion. Tentang manfaat, fungsi, cara menggunakan dan efek samping vaksin ND ini akan terus diupdate oleh Nonaternak. Apabila ada hal hal yang belum lengkap atau kurang tepat, mohon dimaafkan dan diberikan masukan melalui halaman kontak atau komentar. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Vitachick

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Neobro

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Entok

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *