Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Ayam KUB

2 min read

ayam KUB

Ayam KUB adalah hasil persilangan dari sesama ayam kampung yang telah melelui proses seleksi untuk mendapatkan keunggulan ayam tersebut. Kata KUB berasal dari singkatan ayam Kampung Unggul Balitbangtan Bogor. Para peneliti membutuhkan waktu selama 6 generasi untuk menjadikan ayam kampung petelur dan ayam pedaging.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang ayam kampung super. Ayam KUB ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Tunggu apa lagi, Yuk simak artikel ini supaya kamu lebih paham!cara beternak jual bibit indukan ayam kub

Ayam KUB

Ayam kampung atau kerap disebut ayam jawa memang memiliki banyak kelebihan daripada ayam konsumsi biasa. Hal ini karena perawatannya yang mudah karena di daerah perkampungan ayam ini hanya diberi makan berupa sisa-sisa nasi dedak, jagung giling, singkong dan kerap berkeliaran ke alam bebas untuk mencari makanan tambahannya sendiri seperti serangga, rumput, daun dll. Rasa ayam kampung lebih gurih dan lezat.

1. Sejarah dan Asal Usul

Ayam kampung sudah ada sejak zaman Kerajaan Kutai. Saat itu, ayam kampung menjadi upeti persembahan dari masyarakat setempat untuk kerajaan.

Keharusan tersebut membut ayam kampung selalu diternakan oleh masyarakat dan terus terjaga kelestariannya. Ayam kampung juga sudah menjadi selera masyarakat sejak saat ini, terbukti dengan sudah adanya bisnis ayam kampung super yang menjanjikan.

Awal mula adanya ayam KUB dimulai dari program KUB balitnak yang berlangsung pada tahun 1997. Setelah mendapatkan keunggulan ayam ini barulah pada tahun 2010-2014 ayam kampung unggul ini mulai disosialisasikan melalui forum ilmiah.

2. Jenis-jenis / Varian

Terhitung ada 3 jenis ayam kampung yang mulai hits saat ini. Berikut ini aku akan menjelaskan varian tersebut.

– Ayam Kampung Joper atau Jowo Super

Jowo super merupakan hasil persilangan antara ayam bangkok jantan dengan ayam petelur betina. Ayam ini sudah terkenal sejak tahin 2016 lalu dan seiring bertambahnya waktu peminatnya semakin banyak. Permintaan pasar yang tinggi dan masa panen ayam yang cepat membuat masyarakat tertarik untuk berlatih dan membudidayakan ayam ini.

– Ayam KUB (Kampung Unggul BALITNAK)

Sebagai ayam kampung yang sudah terakui secara nasional, tentunya ayam ini memiliki banyak keunggulan yang membuat masyarakat tergiur untuk membudidayakannya. Sebagai contoh ayam ini dapat kamu jadikan sebagai ayam petelur maupun ayam pedaging. Pada masa bertelur, ayam akan mengurangi intensitas pakan sehingga membuat kamu lebih hemat biaya memeliharanya.

– Ayam Se-KUB

Yang ketiga ada ayam se-KUB yang merupakan hasil dari persilangan antara ayam Sentul Seleksi dengan KUB. Bagaimana keunggulannya ya dari persilangan ayam yang berkualitas ini ? keunggulannya sih tidak jauh beda dengan KUB. Panen ayam dapat kamu lakukan selama 70-80 hari dengan berat satu ayam 1-2kg.

3. Ciri-Ciri Ayam KUB

Jika kamu ingin memulai usaha ternak apa yang akan kamu pikirkan ? Tentu saja DOC bukan. Berikut ini ciri-cirinya agar tidak salah pilih.

– DOC yang berumur kurang dari 1 bulan memiliki ciri khas matanya sedikit buram.

– Jengger DOC membentuk model gerigi atau jengger wilah dalam Bahasa jawanya.

– Warna kaki ayam kampung bermacam-macam ada yang kuning, hitam dll.

– Bobotnya lebih ringan jika dibandingkan dengan ayam jenis bangkok, hal ini karena postur bangkok memang sudah tebal dari segi tulangannya.

– KUB balitnak biasanya memiliki bulu lebih tebal daripada yang kampung biasa dan bangkok. Ini dapat kamu amati sejak umur 0-2 bulan pertumbuhan bulunya pasti akan lebih tebal dari ayam jenis bangkok.

4. Keunggulan Ayam KUB

Keunggulan ayam KUB apa saja ? yang jelas sih banyak hehe. Berikut ini aku akan memberikan informasi mengenai kelebihan ayam ini supaya kamu lebih tertarik untuk memeliharanya.

– Memiliki produktivitas telur yang tinggi. Ayam ini akan segera bertelur pada usia 20 minggu. Lama kelamaan dalam satu tahun mampu menghasilkan telur sebanyak 180 butir, lebih dari ayam kampung biasa kan ?

– Seperti diawal ayam ini juga bisa kamu pelihara untuk penghasil daging.

– Sifat mengeram yang rendah yaitu hanya sekitar 10%saja. Hal ini akan menguntungkan peternak karena akan cepat bertelur kembali.

– Keunggulan ayam berikutnya adalah memiliki daya tahan tubuh yang baik sehingga tingkat kematian ayam cukup rendah, yakni sekitar 7,86% saja. Serta bisa beradaptasi dengan lingkungan yang lembab atau panas.

5. Cara Beternak Ayam KUB

Cara beternak ayam KUB untuk pemeliharaan sebagai ayam kampung potong biasanya berlangsung dalam skala usaha minimal 100-500 ekor dan selama 10-12 minggu. DOC umur 0-4 minggu harus melalui masa brooder (pembesaran) terleboh dahulu. Siapkan kendang pembesaran yang sudah kamu lengkapi dengan lampu bohlam atau pemanas gas bila pemeliharaan dalam jumlah banyak.

Bri alas berupa sekam yang ditutup dengan kertas koran. Cara beternak ayam KUB untuk menghemat biaya pakan gunakan maggot sebagai pakan ternak. Jika kurang manggotnya, kamu bisa memberikan jagung kosentrat, 15% kut dan bakteri z yang difermentasi selama semalaman.

6. Harga

Harga cukup beragam karena dapat jual indukan KUB. Alasannya tentu saja karena ayam ini sudah terseleksi jadi bagus untuk indukan. Berikut harga DOC ataupun jual indukan ayam KUB.

NamaHargaSumber
Doc ayam kampung KUB 1 boxRp800.000https://shopee.co.id/Doc-ayam-kampung-KUB-1-box-i.228377097.6461479134
DOC Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB)Rp855.000https://shopee.co.id/DOC-Ayam-Kampung-Unggul-Balitnak-(KUB)-i.59728309.3861792308
Telur Ayam KUB Untuk penetasanRp5.000https://shopee.co.id/Telur-Ayam-KUB-Untuk-DiTetaskan–i.116353930.4544801795
KarkasRp44.000-Rp68.000https://shopee.co.id/Karkas-ayam-kampung-KUB-utuh-atau-potong-Kini-Karkas-Bandung-murah-dan-berkualitas.-i.222634615.7763885735
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Ternak Ayam Poland

Hendrasap
3 min read

Ayam Bekisar

Alvin Dwi Reza
2 min read

Ayam Cochin

Hendrasap
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *