Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Ayam Cochin

3 min read

Ayam Cochin

Pernahkah kamu mendengar unggas dengan nama ayam cochin ? Jika kamu pertama kali melihatnya pasti terheran-heran dengan tubuhnya yang kekar dan bulunya lebat. Ya memang ayam ini adalah salah satu ayam hias yang luayan banyak dipelihara masyarakat karena perawakannya yang unik.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang ayam hias yang memiliki keunikan tersendiri. Pembahasan Ayam cochin ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Tidak usah berlama-lama lagi, cus simak artikel ini!

perbedaan ayam brahma dan ayam cochinAyam Cochin

Ngga hanya negara-negara maju lainnya, Indonesia juga menjadi salah satu negara yang ada pembiakan cochin ini. Tapi tidak banyak populasinya di negara kita ini, mungkin karena belum banyak yang mengenal ayam ini dan harganya cukup mahal. Untuk itu mari menggali banyak informasi untuk mengetahui macam-macam keunikan ayam ini.

1. Sejarah dan Asal Usul

Para ahli memang masih mendebatkan tentang asal usul ayam cochin ini. Tapi ada juga sumber yang mengataan ayam ini berasal dari tiongkok. Hal ini juga menjadi rujukan para ahli karena namanya yang agak ke china-chinaan.

Untuk informasi saja dulunya ayam ini dinamakan “shanghai chickens”. Setelah beberapa waktu berlalu dan sudah dibudidayakan di eropa seperti Negara Inggris, ternak ini populer dengan sebutan cochin chickens. Ada yang menyebutnya juga dengan nama ayam pekin.

Menurut sejarah pada tahun 1860 terjadilah perang antara negara Inggris dan China yang dikenal dengan nama perang candu. Setelah itu ada dugaan muncul ayam ini dibawa oleh tentara dan mulailah dibudidayakan.

2. Jenis-jenis/Varian

Tubuhnya yang bulat berbulu lebat dengan ekor yang pendek merupakan ciri khas ayam hias cochin ini. Tak salah jika para penghobi ayam suka dengan jenis ayam ini. Jika kamu lihat dari tubuhnya, ada dua jenis ayam hias ini yaitu jenis ayam Bantam Cochin dan Giant Cochin.

– Bantam Cochin
Jenis ayam bantam cochin banyak dipelihara oleh masyarakat. Daya tarik ini muncul mungkin karena harganya yang lebih murah daripada giant Cochin. Selain alasan tersebut, ayam bantam cochin juga memiliki tubuh yang sedang jadi bagus untuk kamu gunakan sebagai hewan hias di rumahmu.

– Giant Cochin
namanya saja sudah menggambarkan ayam ini memiliki tubuh yang besar. Yak memang ayam hias jenis ini memiliki tubuh yang lumayan tinggi dan besar. Bahkan memiliki kemiripan dengan ayam brahma.

Varian warna unggas cochin memang lumayan banyak. Banyaknya varian warna tersebut karena peternak suka mengawinkan silang dengan ayam lain.

3. Ciri-ciri Fisik Ayam Cochin

Bagaimana sih ciri-ciri ataupun perbedaan ayam brahma dan bantam cochin ? Yuk supaya kamu ngga bingung-bingung lagi kita bahas cirinya tersebut. Jika kamu amati ayam cochin memang sangat beda dengan jenis ayam pada umumnya, berikut penjelasannya.

– Tubuh agak mirip seperti ayam kate dan ayam brahma

– Memiliki banyak varian warna mulai dari hitam, putih dan masih banyak lagi.

– Jika bertelur tidak sebanyak ayam jenis lain.

– Bagian kakinya tertutup bulu.

– Bobot badannya lumayan berat yaitu untuk pejantan bisa sampai 4,5-5 kg dan yang betina 3,5-4 kg saja.

– Memiliki sifat mengerami.

Sebagai tambahan saja, cochin sekilas memang memiliki persamaan dengan ayam brahma. Tapi agar kamu tidak bingung ada kok perbedaan ayam brahma dan bantam cochin.

Menurut sumber, kamu bisa membedakannya lewat jenggernya yang berbentuk kayak sisir sedangkan ayam brahma berbentuk seperti telon. Selain itu kamu bisa membedakan jenis bantam cochin dengan brahma lewat tubuhnya yang lebih kesil daripada brahma.

4. Keunggulan Ayam Cochin

Supaya kamu lebih tertarik lagi dengan ayam hias ini, aku akan memberikan sedikit kelebihan ayam ini. Baik dalam segi harga maupun keunikannya.

Sebuah kabar mengatakan ayam hias Bantan ini mulai digemari mayarakat. Ya tentu saja karena keunikan badan dan bulunya. Bulunya yang cantik akan tumbuh sampai menutupi bagian belakang si ayam bahan sampai kakinya juga tumbuh bulu, jadi membuat unggas ini terkesan berbentuk bulat.

Penggemarnya mulai bertambah banyak. Terbukti dengan terjualnya ayam selam sebulan 80 ekor. Para konsumen juga berasal dari banyak daerah, seperti Makassar, Jakarta, Bali, Pekanbaru, Lampung dll.

Harganya yang lumayan mahal, tapi wajar sih karena memang ayam hias. Harga unggas cochin dewasa bisa dibandrol mulai Rp5.000.000-Rp7.000.000 per ekor. Anakannya pun juga mahal karena harganya bisa mencapai Rp300.000-Rp1.000.000 tergantung warna juga, bayangkan berapa banyak omzet sebulan yang bisa dicapai menggiurkan bukan ?

Kelebihan lain yang ada pada cochin adalah bisa kamu pelihara dalam lingkup perkotaan. Luas lahan diperkotaan yang sempit bisa kamu jadikan lahan ternak ayam hias ini.

5. Cara Beternak Ayam Cochin

Jika kamu tertarik memelihara ayam hias ini, kamu bisa memeliharanya dirumah. Tentu saja dengan perawatan yang baik dan benar lho jangan asal-asalan.

Memelihara ayam hias cochin tak jauh beda dengan memelihara ayam hias jenis lain. yang akan aku ulas pada subjudul ini hanya pakan dan kandangnya saja.

Pakan ayam hias ini juga harus kamu perhatikan supaya ayam tetap terjaga nutrisinya dan tetap sehat tentunya. Jika usia cochin milikmu masih 0-1 bulan maka berikan pakan berupa voer. Tapi jika ayammu sudah dewasa atau berusia lebih dari 1 bulan, tambahkan pakannya dengan bekatul, jagung atau beras merah.

Berikan pakan tersebut setiap hari saat pagi dan sore hari. Kamu bisa mendapatkan pakan tersebut dari toko pakan ternaksekitar rumahmu.

Dapat dipelihara di perkotaan. Ya tentu saja tidak memakan ruangan yang terlalu banyak. Cukup buat kandang ayam hias ini dengan ukuran 2 kali 1 meter. Kandang ini hanya untuk sepasang saja lho,

Buat kandang ayam hias cochin ini senyaman mungkin. Kamu juga bisa menghias kandangnya dengan rerumputan atau ranting agar terlihat lebih menarik. Kandang yang bagus juga harus kamu perhatikan kebersihannya.

6. Harga

Melihat harganya yang lumayan mahal itu membuat aku ingin memberikan referensi harga ayam cochin dari toko online. Berikut harganya.

NamaHargaSumber
Ayam Cochin coklat umur 1 mingguRp325.000https://shopee.co.id/Ayam-Cochin-coklat-umur-1-minggu-Berkualitas-i.115663190.1776052510
Unggas Hias Bantam Cochin Umur 4 Bulan LebihRp608.000https://shopee.co.id/Anakan-Ayam-Hias-Bantam-Cochin-Upgrade-Usia-4-Bulan–i.332088848.3472323457
 Giant CochinRp1.000.000https://shopee.co.id/Ayam-Giant-Cochin-i.130275138.7716244886

Nah itu tadi beberapa hal tentang Bantam Cochin. Semoga bisa menjadi gambaran sebelum memelihara.

Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Ternak Ayam Poland

Hendrasap
3 min read

Ayam KUB

Hendrasap
2 min read

Ayam Bekisar

Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *