Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Ayam Bekisar

2 min read

ayam bekisar

Siapa sih yang tidak ingin mencoba beternak ayam bekisar, ayam ini memiliki peluang yang bagus untuk dijadikan produk usaha ternak. Ayam bekisar ialah hasil perkawinan antara ayam hutan hijau jantan dengan ayam kampung betina. Ayam ini cukup mudah untuk dibudidayakan ya, tetapi tentu banyak hal perlu diperhatikan. Ukuran ayam ini cenderung lebih kecil dibandingkan dengan ukuran ayam kampung jantan.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang ayam yang cukup menarik untuk dibudidayakan ini. Karena ternyata cara membuat ayam bekisar ini bisa dilakukan sendiri, berikut ulasan lebih jelasnya.

cara ternak ayam bekisar

Ayam Bekisar

Ayam bekisar adalah salah satu hewan khas yang berasal dari Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep yang dijadikan sebagai hewan maskot dari provinsi Jawa Timur. Ayam ini termasuk kelas Aves, dengan Ordo Galilformes dan termasuk Genus Gallus. Bekisar juga spesies dari G.Varius x G.Gallus. Berikut gambaran umum, jenis-jenis ayam bekisar, cara beternak ayam bekisar dan lain sebagainya, bisa kamu disimak dibawah ini!

1. Gambaran Umum

Ayam bekisar adalah salah satu hewan yang paling diminati atau digemari banyak orang. Ayam ini mampu menjadi sumber protein, vitamin serta mineral yang cukup baik pada daging. Tidak hanya itu, ternyata bekisar mampu menjadi salah satu hewan peliharaan yang eksis di era sekarang ini.

Ayam ini dihasilkan dari persilangan antara ayam hutan hijau atau merah dengan ayam kampung lokal. Asal mulanya, bekisar ini hanya dapat kamu jumpai di Kangean yakni sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah timur pulau Madura. Nah kemudian hewan ini menyebar ke pulau Madura hingga saat ini mampu menjangkau seluruh daerah di Tanah Air.

2. Jenis-Jenis Ayam Bekisar

Perlu kamu ketahui bahwa bekisar ini memiliki tiga tipe yang berbeda jenis ya. Jika kamu ingin beternak bekisar ini maka wajib mengetahui apa saja jenis tersebut. Berikut 3 tipe bekisar yang dibedakan sesuai jenisnya, antara lain:

  • Gallus Aenus

Bekisar jenis ini memiliki ciri-ciri yakni berjengger bergerigi 8 dengan ukuran kecil.Memiliki pial yang berukuran sedang, serta warna bulu yang bagian atas ungu dengan pelisir kuning ke emasan.

  • Gallus Temminckii

Ciri bekisar jenis ini yakni jumlah jengger bergerigi enam, bulu merah yang megkilap serta pelisir merah kecoklatan. Ayam Gallus Temminckii juga memiliki pial yang berwarna jambu.

  • Gallus Violaceus

Memiliki ciri-ciri dengan jengger bergerigi bagus, memiliki pial yang berukuran sedang serta mempunyai bulu yang berwarna ungu dengan permukaan yang begitu halus.

3. Ciri-Ciri Fisik Ayam Bekisar

Ciri-ciri umum yang terdapat pada bekisar yang paling dominan atau menonjol ialah terletak pada bentuk bulu leher yang memiliki bentuk bulu leher yang ujungnya lonjong atau bulat sehingga bukan berbentuk lancip. Jika kamu bandingkan dengan ayam jago yang biasa maka akan terlihat begitu jelas ya.

Ada bentuk ayam lain yang sangat mirip dengan ayam ini. Yaitu hasil persilangan bekisar dengan kampung yang orang biasa sebut bekikuk. Postur serta bentuk tubuh yang sama, namun kadang bulu leher dan pial nya yang berbeda ya.

4. Keunggulan Bekisar

Bekisar memiliki keunikan atau keunggulan yang tentunya mampu menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Tak khayal banyak yang beternak atau membudidayakan ayam yang satu ini. Berikut keunggulan atau keunikan yang dimiliki oleh bekisar, yang perlu kamu ketahui antara lain:

  • Salah satu ayam yang memiliki suara berkokok paling nyaring sehingga terdengar hingga jauh
  • Keindahan warna pada bulu bekisar
  • Bekisar multiwarna Solo memiliki warna yang beragam dengan suara berkokok yang meninggi di akhir.
  • Suara berkokok yang berirama, lurus serta begitu panjang. Kokoknya terdiri dari dua bagian yakni kokok depan serta kokok belakang. Suara depan mempunyai nada rendah, besar tebal, panjang, serta jernih sedangkan kokok belakang mempunyai nada tinggi yang tebal, lurus, panjang serta bersih
  • Memiliki jengger yang berbentuk unik

5. Cara Beternak Ayam Bekisar

Cara membuat ayam bekisar atau cara beternak ayam bekisar harus benar-benar kamu pahami agar si ayam tidak stres dan bisa berkembang dengan maksimal. Ada beberapa hal atau cara yang perlu kamu lakukan dalam beternak bekisar, antara lain:

Sebelumnya aku sudah membahas lebih lengkap dan detail, kamu bisa membacanya di halaman cara ternak ayam bekisar.

  • Kamu wajib memperhatikan kebersihan kandang bekisar dengan baik. Selain itu perhatikan juga ruang gerak ayam tersebut ketika di kandang ya. Mengingat bahwa bekisar ini memiliki perasaan yang sensitif.
  • Maksimalkan pada kebersihan pakan si bekisar. Jika kamu menginginkan bulu yang indah pada bekisar, maka kamu juga wajib perhatikan kualitas pakan.
  • Selalu latih si ayam untuk berkokok agar suaranya mampu di adukan dengan jenis ayam yang lainnya. Sehingga kamu perlu pancing terus agar si ayam mau berkokok dengan suara yang begitu mantab di dengar.

6. Harga Ayam Bekisar

KategoriHargaSumber
Pikat Bekisar F2 Ayam Hutan Merah SumateraRp. 750.000https://www.tokopedia.com/belantarafarm/pikat-f2-ayam-hutan-merah-sumatera-x-ayam-hutan-merah-sulawesi?src=topads
bekisar jagoRp. 600.000https://www.tokopedia.com/ternakayamhutan/bekisar-jago?refined=true&whid=0
bekisar putih trajuRp. 700.000https://www.olx.co.id/item/bekisar-putih-traju-iid-797032249

 

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Vitachick

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Neobro

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Entok

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *