Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Ternak Ayam Poland

3 min read

ayam Poland

Ayam Poland adalah jenis ayam hias yang memiliki keunikan pada bagian kepalanya karena berbentuk seperti mahkota bulu yang lebat. Memelihara unggas satu ini mulai menjadi trend tersendiri dikalangan pecinta ayam lokal maupun ayam ras. Hal ini karena keunikannya yang tidak ada pada unggas ayam jenis lain.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang ayam hias yang memiliki mahkota unik pada kepalanya. Pembahasan ternak ayam poland ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Langsung saja yuk simak artikel ini agar kamu paham!

jenis ayam poland

Ternak Ayam Poland

Dulu ayam Poland atau ayam mahkota ini hanya dipelihara oleh masyarakat yang memiliki setatus sosial lebih tinggi saja. Tapi belakangan ayam ini mulai banyak peminatnya dan tidak terbatas oleh kalangan tertentu. Orang Indonesia memelihara ayam Poland untuk ayam hias halaman rumah atau untuk keperluan kontes ayam.

1. Sejarah dan Asal Usul

Banyak sebutan untuk ayam poland ini, ada yang menyebutnya ayam polandia, ayam polish, ayam jambul, ayam mahkota. Sebutan ini tentunya membuat orang berasumsi bahwa ayam ini berasal dari Polandia, namun anggapan ini salah ya.

Dulu ayam ini ada yang mengatakan berasal dari Mongolia kerena dibawa oleh pedagang ke Eropa Timur. Tapi pada abad 16 secara resmi bahwa ayam polad adalah ayam unik yang berasal dari Belanda. Nah sudah tahu kan sekarang, ayam polad berasal dari Belanda bukan Polandia hehe.

Menurut sumber ayam Poland dibawa ke Polandia lalu bertambah populasinya ke desa-desa. Oleh bangsawan, ayam poland mulai didistribusikan ke Eropa Barat. Terjadilah breed standardisasi yang di lakukan oleh Belanda, Inggris dan Jerman. Pada tahun 1869 menghasilkan perubahan nama di Jerman dan pada kurun waktu itu Polandia telah dipartisi oleh perang dan hilang dari peta tapi ternak Ayam Poland tetap bertahan serta nama diubah kembali yang disebut Padewski.

Dari sejarah ayam poland yang aku temukan, kemungkinan jenis ayam ini merupakan ayam tertua yang ada hingga sekarang. Buktinya adalah peternak Eropa dan Inggris mulai mengembangkan ayam ini sejak tahun 1800-an. Kemudian muncul di acara kontes unggas pertama di London pada tahun 1845.

2. Jenis-jenis Atau Varian

Jenis ayam poland ada 3 yaitu ayam poland galur murni, ayam poland three colour dan ayam poland bertanduk. Untuk membedakan 3 jenis ini dapat kamu lihat dari banyak varian warna bulunya. Bagi kamu yang belum tahu varian unggas poland berikut penjelasannya.

– Ayam Poland Galur Murni

Jenis galur murni ini hanya memiliki 1 warna, misalnya abu-abu dan hitam dengan jambulnya berwarna putih. Sangat mudah membedakannya dari jenis lain karena warnanya tunggal. Hal ini karena memang warna bulu belum beragam seperti jenis lain.

– Ayam Poland Three Colour

Seperti namanya three colour tentu saja memiliki varian warna yang beragam. Perpaduan warna bulu antara hitam bercampur cokelat, putih atau abu-abu, kuning dll merupakan ciri khas jenis ini. Tidak sama dengan jenis lain, Poland jenis ini memiliki jambul yang bermacam-macam warna seperti hitam, kuning, coklat dan ditambah dengan peminatnya yang banyak.

– Ayam Poland Bertanduk

Namanya yang bertanduk diambil dari jengernya yang berbentuk seperti tanduk. Tentu tanduk ini membuat kesan unik untuk dipelihara. Bagaimana apkah kamu tertarik dengan yang jenis ini ?

Karena keunikan yang ada pada jenis ayam poland, para ahli mulai menyilangkan dengan ayam batik Kanada, ayam walik, atau ayam kapas. Kemudian munculah banyak varian baru yang harganya semakin mahal.

3. Ciri-ciri Ayam Poland

Nah bagi kamu yang tidak tahu ayam poland itu seperti apa, kali ini aku akan memberikan ciri-cirinya. Hal yang paling mudah kamu kenali dari unggas poland adalah bulu kepala yang tumbuh cukup lebat sehingga sampai menutupi matanya dan terlihat seperti mahkota. Bulu yang tumbuh ini membuat ayam terkesan unik dan seperti memakai caping dari bulu ayam.

– Secara fisik, ayam pland memiliki tubuh yang lebih kecil daripada ayam lokal

– Berat pejantan berumur 21 minggu sekitar 2,4 kg dan berat betina 1.650 gr dengan usia yang sama

– Memiliki jambul, bulunya halus berwarna abu-abu, kecokelatan, hitam dll

– Alat kelamin menonjol baik jantan atau betina

– Memiliki sifat intensif atau takut dengan dunia luar

4. Keunggulan Ayam Poland

Dari segi makanan ayam poland, hampir sama dengan unggas ayam pada umumnya. Namun yang namanya ayam hias tentu memerlukan perlakuan khusus agar keunikannya dapat terjaga.

Keunggulan unggas poland yang lain adalah harganya yang lumayan mahal. Ada sumber yang mengatakan bisa tembus 10 juta untuk satu ekor ayam. Tapi tergantung keunikannya, bulu dan umur ayam tersebut, intinya semakin bagus kualitas ayam maka akan mahal harganya.

Harga ini juga dibarengi dengan prospek bisnis yang katanya menjanjikan. Jadi untuk kamu yang belum bekerja atau mau menambah penghasilan bisa mencoba ternak ayam poland.

5. Cara Beternak Ayam Poland

Apakah kamu tertarik ternak ayam poland setelah membaca artikel ini ? jika tertarik aku juga akan memberikan tahapan beternak poland, berikut caranya.

Persiapan Kandang

Kandang poland dapat kamu buat dengan ukuran 60 cm X 90 cm X 60 cm. Kandang ini hanya muat untuk 3 ekor, jadi kalau mau memelihara dengan populasi banyak bisa kamu tambah ukurannya.

Tutup kandang dengan pembatas atau plastik agar ayam terlindungi saat terjadi hujan. Bersihkan kandang secara rutin supaya ayam tetap sehat. Buat kandang senyaman mungkin dan bersih agar poland dapat berkembang biak secara baik.

Pengembangbiakan Unggas Poland

Cara ternak ayam poland yang selanjutnya adalah tahap perkembangbiakan. Kawinkan ayam poland yang sudah berumur 8 bulan dan memiliki kualitas unggul. Siapkan tempat bertelur yang nyaman karena jumlah telurnya bisa 20 butir.

Pemeliharaan

Berikan makanan ayam poland berupa voer dan jagung giling. Atau berikan beras merah jika tidak ada konsentrat atau voer. Letakkan makanan tersebut pada wadah pakan yang ditaruh pada tempat agak tinggi.

Usahakan makanan tidak mengenai jambul karena dapat menyebabkan jamur dan kotor. Minuman dapat kamu berikan seperlunya saja karena jika berlebihan bisa mengakibatkan pilek.

6. Harga

Melakukan cara ternak ayam poland memang menggiurkan, apalagi jika ayam terjual dengan harga jutaan tentu akan menghadirkan kepuasan tersendiri. Berikut ini referensi harga unggas poland yang ada di toko online.

NamaHargaSumber
TELUR AYAM HIAS POLAND BULU WALIK/ORIGINALRp15.000https://shopee.co.id/TELUR-AYAM-HIAS-POLAND-BULU-WALIK-ORIGINAL-untuk-di-tetaskan-i.161812017.6835422344
Ayam Jambul Usia 1 BulanRp85.000-Rp178.000https://shopee.co.id/BISA-COD-Ayam-Poland-Ayam-Polan-Ayam-Jambul-Usia-1Bulan-Yan45-LIMITED-EDITION-Kode-1-Kode-i.325206759.6370097071
Ayam Poland Umur 2 BulanRP347.139https://shopee.co.id/Ayam-Poland-Umur-2-Bulan-~-Order-Yukkk-i.178189299.7461182233

 

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Ayam KUB

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Ayam Bekisar

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Ayam Cochin

Hendrasap Hendrasap
3 min read