Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Vitachick

5 min read

Vitachick

Kamu adalah peternak ayam yang bingung mencari vitamin terbaik buat ayam? atau peternak yang ingin hasil panen nya melimpah? Ini dia solusinya yakni Vitachick. Vita Chicks ialah serbuk yang memiliki kandungan multivitamin yang dengan kombinasi Growth Promoter Antibotic yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan anak ayam, burung, atau bahkan bebek. Vitamin ini sudah resmi karena memiliki no registrasi DEPTAN RI No. D 0608730 GTS. 2.

Kali ini kamu dalam pembahasan yang pas karena Nonaternak akan membantu kamu mengulas multivitamin ini dengan lengkap. Vitachick sangat direkomendasikan untuk ternak agar tumbuh dengan sempurna, selain itu ternak bisa memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan kebal akan penyakit. Mengingat, ternak bisa saja lambat dalam pertumbuhan karena faktor internal ketika masih dalam telur dan faktor eksternal yang keluar dari manajemen.

vitachick

Vitachick

Beternak ayam dan lovebird memang harus secara sabar dan telaten supaya tumbuh dengan baik dan tentunya menghasilkan ayam yang berkualitas. Beberapa asupan nutrisi atau vitamin memang penting dalam pemberian pakan, tujuannya agar pertumbuhan ayam sesuai dengan harapan. Jangan sampai hewan peliharaan kamu terkena salah satu penyakit seperti lambatnya pertumbuhan pada anak ayam. Oleh karena perlu asupan Vitachick agar ayam tetap tumbuh berkualitas. Inilah informasi yang perlu kamu ketahui tentang Vita chick!

1. Kandungan Vitachick

Multivitamin ini memiliki banyak sekali kandungan positif yang mampu membuat ayam seperti ayam broiler tumbuh dengan maksimal. Perlu kamu ketahui sebelumnya bahwa Vita chick ini berhasil di produksi oleh PT Medion dan sudah memiliki nomor produk resmi sehingga kandungan multivitamin yang ada sangat berdampak bagus untuk pertumbuhan ayam

Ada banyak kandungan yang dimiliki oleh multivitamin yang satu ini. Masing-masing kandungan memiliki efek yang membuat ayam semakin kebal dan bisa tumbuh dengan cepat. Berikut kandungan Vitachick setiap kilogram mengandung;

-Bacitracin MD. 35.000 mg

-Vitamin A. 5.000.000 IU

– Calcium

– Vitamin D3. 500.000 IU

-Vitamin E .2.500 IU

-D-pantothenate. 5.000 mg

-Vitamin K3. 1.000 mg

-Vitamin B12.1 mg

-Nicotinic acid. 15.000 mg

-Vitamin C. 20.000 mg

Vita Chick memiliki kandungan vitamin anak ayam serta ayam dewasa, berupa serbuk yang dapat larut dengan air. Vitamin ini berwarna coklat muda yang mengandung banyak multivitamin yang di kombinasikan dengan Probiotik pemacu pertumbuhan tujuan nya agar pertumbuhan anak ayam menjadi bagus.

2. Fungsi dan Manfaat

Dengan Vitachick  kamu bisa menjauhkan ayam ternak milik kamu dari virus-virus dengan cara pemberian multivitamin yang dapat membantu pertumbuhan dan kekebalan ayam. Harus kamu ketahui bahwa ada beragam fungsi atau manfaat dari multivitamin ayam yang satu ini.

Tentunya membuat kualitas ternak ayam kamu lebih bermutu. Ayam tidak akan mudah terkena penyakit karena kebal jika kamu rutin memberikan serbuk tambahan ini ke pakan atau minum ternak ya.

Tau kah kamu kenapa perlu sekali memberikan Vita chick kepada ayam?

–  Lengkap

Vita Chick memiliki kandungan vitamin yang sangat lengkap serta bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Tidak hanya itu Vitachick juga dapat memaksimalkan pertumbuhan ayam ternak milik kamu ya.

– Efisien

Penggunaan yang cukup efisien serta mudah hanya dengan siapkan air minum beri sedikit larutan Vita Chick. Bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan ayam lebih berkualitas dan bagus.

– Stabil

Kandungan yang ada pada multivitamin ini dan antibiotik nya dapat menjadi pemacu pertumbuhan (growth promoter antibiotic) yang sangat stabil. Selain itu vitamin ini juga digunakan dengan beberapa waktu sehingga bisa tahan untuk penyimpanan lama.

– Aman

Kamu tidak perlu ragu dan khawatir ya ketika menggunakan Vita chick ini karena mengandung multivitamin dan growth promoter antibiotic yang aman untuk anak ayam.

– Mudah larut air

Serbuk yang dimiliki Vita Chick tergolong serbuk yang mudah larut dalam air, sehingga mudah pemberiannya melalui air minum.

Selain itu, multivitamin pada ternak atau ayam yakni Vita chick memiliki beragam kegunaan, fungsi atau manfaat yang perlu kamu ketahui. Berikut fungsi dan manfaat Vita chick:

  • Vitamin ini mampu mengurangi angka kematian pada anak ayam
  • Mencegah terjadinya kekurangan vitamin pada ternak
  • Mempercepat pertumbuhan pada ayam
  • Mengatasi stres pada ayam yang berkepanjangan

3. Dosis Penggunaan Vitachick untuk Ayam dan Burung

Dalam memberikan suatu vitamin kepada hewan peliharaan jangan sekali-kali sembarangan atau ngasal ya. Meskipun vitamin ini bagus untuk ayam namun jika diberikan terlalu over atau berlebihan juga akan berdampak buruk ya. Begitu juga jika diberikan untuk bebek, harus hati hati karena belum ada tulisan dosisnya untuk bebek.

Berikan saja sesuai takaran ya. Agar pemberian serbuk Vita chick dapat sesuai dengan takaran yang dianjurkan dan sesuai dengan usia ayam, maka kamu perlu tau berapa takaran nya.

Peternak diharapkan dapat memberikan serbuk tersebut sesuai dengan takaran yang dianjurkan ya. Biasanya anjuran tersebut sudah tertera dalam kemasan serbuk tersebut.

Sehingga kamu harus teliti atau baca kemasan terlebih dahulu supaya meminimalisir kesalahan dosis atau takaran. Berikut ini beberapa takaran aturan pakai yang bisa digunakan untuk ayam broiler atau ayam petelur fase awal. Takaran ini memungkinkan juga untuk ayam aduan seperti ayam bangkok, tetapi untuk fase awal.

Kalau ayam aduan sebaiknya kamu baca ini dulu, neobro untuk ayam aduan.

  • Anak ayam umur 0-2 minggu : 5 gram tiap 7 liter air minum per hari nya
  • Anak ayam umur 3-4 minggu : 5 gram tiap 12 liter air minum per hari nya
  • Anakan ayam umur 5 minggu hingga dewasa  : 5 gram tiap 7 liter air minum per hari nya (khusus jika mengalami gangguan).

Apakah bisa vitachick untuk burung? Ya, bisa saja vitachick untuk burung, tetapi dari perusahaan tidak mencantumkan dosis penggunaan vitamin ini. Coba saja berikan setengah dari dosis untuk ayam.

Namun tentu saja tidak bisa menggunakan pantokan umur. Misalnya untuk mendapatkan manfaat vitachick untuk burung murai batu, bisa diberikan dengan takaran anak ayam yang masih kecil. Karena vitamin bisa saja memberi manfaat untuk burung murai batu atau lovebird, tetapi kalau kelebihan juga tidak baik.

Bagaimana dengan jangkrik atau ikan? Aku belum menemukan referensi tentang ini.

4. Cara Pemberian Vitachick

Perlu kamu ketahui bahwa salah satu penyebab terganggu nya pertumbuhan pada anak ayam yakni adanya penyakit ISS (Infection Stunting Syndrom). Penyebab penyakit ini memang belum diketahui secara pasti penyebabnya kenapa bisa sampai menyerang ayam.

Akan tetapi ada beberapa virus yang diduga menjadi pemicu penyebab penyakit ini. Antara lain reovirus, anterovirus, partikel yang mirip toga virus, calicivirus, rota virus non-spesifik, dan corona virus, parvo virus. Nah adanya berbagai macam virus inilah yang menjadi pemicu penyebab lambatnya pertumbuhan anak ayam.

Untuk menghindarkan ayam agar tidak terkena virus-virus ini dan bisa tumbuh maksimal maka beri saja Vitachick. Kamu tidak perlu bingung bagaimana cara memberikan serbuk multivitamin ini kepada ayam ya, mengingat caranya cukup mudah ya. Tidak perlu media peralatan lain yang sulit dicari ya. Pada dasarnya vitamin bisa diberikan setiap hari saat ayam dalam kondisi normal. Bertujuan untuk mencegah timbulnya gejala kekurangan vitamin akibat rusaknya vitamin ketika pengolahan serta penyimpanan pakan yang kurang tepat.

Meski begitu, ada beberapa hal atau kondisi lain yang mengharuskan kamu memberikan asupan suplemen vitamin pada ayam. Kamu tinggal membuka kemasan vitamin ini lalu bisa mencampurkannya pada air minum ayam atau bahkan pakan ayam.

Tentu pemberiannya sesuai takaran serta dosis untuk murai batu yang sudah menjadi ketentuannya. Jangan asal mencampurkan serbuk ini ke dalam air minum atau pakan.  Karena malah akan membuat masalah baru jika tidak teliti.

5. Efek Samping

Sejatinya vitamin ialah nutrisi penambah gizi yang bisa mendukung daya kinerja fungsi organ tubuh pada ayam agar sistem organ ayam dapat bekerja dengan maksimal. Sehingga vitamin itu sendiri bukanlah suatu obat yang memiliki efek samping.

Jika kamu memberikan asupan vitamin jenis Vita chick ini kepada ayam atau ternak, maka hewan peliharaan kamu akan tumbuh dengan maksimal dan tentunya tanpa efek samping.

Mau membandingkan dengan vitamin yang lain? Kamu bisa membaca berbagai jenisnya di vitamin ayam.

Vitamin ini aman untuk dikonsumsi ayam karena sudah memilih nomor registrasi sehingga sudah resmi dan tidak ada kandungan atau komposisi yang berbahaya. Namun jika kamu memberikan vitamin ini terlalu banyak atau dengan dosis yang sangat tinggi maka ayam tentu saja akan diare.

Pemberian takaran Vita chick ini jika kamu berikan sesuai dosis yang pas dan sesuai dengan umur maka sangat bisa dipastikan tidak ada efek samping pada ternak.

Intinya multivitamin ini sangatlah bagus untuk perkembangan si ayam. Jika kamu mau menjadi peternak yang mampu menghasilkan ayam yang berkualitas maka jangan sampai lupa untuk memberikan asupan nutrisi vitamin ini ketika memberi pakan ya.

6. Harga Vitamin Vitachick

Jika kamu ingin membeli vitamin ayam yang satu ini maka alangkah baiknya jika sebelumnya kamu sudah membaca referensi mengenai harga sehingga kamu dapat mempersiapkan uang yang pas ketika membelinya.

Referensi harga yang disajikan berikut menyesuaikan harga umum atau harga pasar dan tentunya nominal harga yang ditawarkan akan berbeda-beda tergantung dengan besar kecilnya kemasan.

Vita chick itu sendiri memiliki sajian berat atau ukuran yang beragam ya yakni berkisar pada kemasan dengan berat 5 gram, 100 gram dan 250 gram.

KategoriHargaSumber
Vita chick 1 dus isi 40 sachet ukuran 5 gramRp. 48.400https://shopee.co.id/Vitamin-Ayam
Vita chick 5 gramRp. 1500https://shopee.co.id/Vitamin-Ayam
Vitachick 100 gramRp. 19.500https://shopee.co.id/Vitamin-Ayam
Vita chick 250 gramRp. 37.000https://shopee.co.id/Vitamin-Ayam

Demikian yang bisa Nonaternak ulas mengenai informasi penting Vita chick semoga bermanfaat dan dapat membantu. Ingat, berikan asupan vitamin ini sesuai dosis atau takaran jangan berlebih. Selamat mencoba!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Neobro

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Entok

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Ayam Bekisar

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *