Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Kucing Siam

3 min read

Kucing Siam

Siapa sih yang tidak kenal dengan kucing yang satu ini. Namanya kucing siam, yang memiliki ciri khas warna bola mata biru. Kucing ini terlihat begitu menarik sehingga banyak yang merawatnya. Harganya pun juga tergolong sesuai dengan kantong.

Jika kamu ingin mencari informasi seputar kucing ini, maka Nonaternak akan mengulasnya. Kucing siam sejatinya perawatannya tidak jauh beda dengan jenis kucing lain.

kucing siam

Kucing Siam

Ingin merawat kucing siam ini? Jangan bimbang dan tidak perlu khawatir karena kucing ini bukanlah kucing yang tergolong buas dan suka mencakar. Perawatannya yang tidak ribet serta pakan yang mudah kamu cari, menjadi kucing ini rekomended untuk kamu coba pelihara. Berikut informasi seputar kucing jenis siam ini yang perlu kamu ketahui lebih lengkap!

1.  Asal Usul

Perlu kamu ketahui bahwa asal usul kucing siam yakni sebagai salah satu ras kucing pertama yang sudah mendapat pengakuan jelas sebagai kucing yang berjenis oriental. Jika kamu lihat dari namanya, sudah sesuai dengan salah satu nama suatu wilayah yakni Siam yang sekarang menjadi Thailand. Jenis ras siam ini begitu sangat mudah kamu temukan pada negara Thailand ya.

Berikut ini Nonaternak sajikan tabel karakteristik ciri-ciri dari kucing jenis siam yang perlu kamu pahami:

InformasiCiri
TubuhRamping
KakiPanjang
EkorPanjang
BuluPendek
Pola Warna Bulu1.       Titik merah

2.       Titik cokelat gelap

3.       Titik cokelat tua

4.       Titik biru

5.       Titik abu – abu

6.       Titik ungu

Warna MataBiru
Berat BadanJantan : Sekitar 4 – 7 kg

Betina : Sekitar 5 kg

Tinggi BadanJantan : Tingginya dapat mencapai 60 cm

Betina : Tingginya hanya dapat mencapai 53 cm

2. Jenis Jenis Kucing Siam

Jika kamu akan memelihara kucing ini maka kamu wajib tahu beberapa jenis kucing siam ini. Kucing ini memiliki pola serta warna bulu yang ternyata sama dengan matanya yang berwarna biru. Berikut beberapa jenis-jenisnya:

  • Siam tradisional

Jenis siam tradisional atau biasa orang menyebut siam kepala apel adalah nama yang telah menjadi usulan oleh The Traditional Cat Association, Inc, mengingat memiliki bentuk kepala seperti buah apel. binatang ini memiliki ciri fisik yakni bertubuh bulat, tulang berat, serta kepala yang yang bulat. Siam tradisional ialah jenis siam berukuran begitu besar.

  • Siam klasik

Beberapa rang biasanya menyebut siam kuno adalah jenis siam yang memiliki penampilan yang sejenis dengan jenis siam tradisional. Namun siam klasik mempunyai ukuran tubuh yang lebih mini. Siam klasik mempunyai ekor serta kaki yang tergolong panjang. Penampilannya memang lebih memanjang daripada dengan siam tradisional.

  • Siam modern

Orang biasa menyebut siam kepala baji merupakan satu-satunya jenis kucing siam yang telah mendapat perlakuan secara genetik. Jenis ini ialah hasil persilangan antara siam tradisional dan siam klasik. Siam ini mempunyai ciri khas yang mudah untuk kamu kenali dengan bentuk kepala seperti baji. hewan berjenis siam modern ini  mempunyai telinga yang runcing dan besar, hidung panjang, serta memiliki tubuh begitu ramping.

3. Perbedaan Kucing Siam dan Himalaya

Ternyata terdapat perbedaan kucing siam dan himalaya yang perlu kamu ketahui. Hewan yang satu ini merupakan hewan yang mendapat pengakuan jelas sebagai kucing yang berjenis oriental. Jenis kucing siam ini adalah hewan yang berasal dari keturunan jalur murni, seperti jenis kucing ras pada lainnya. Awal kemunculan hewan jenis ini pada negara Eropa yakni ketika ras ini sebagai bahan hadiah untuk duta besar pada negara Inggris yang ada pada negara Thailand. Siam memiliki corak khas bola matanya yang berwarna biru.

Sedangkan kucing himalaya bentuk tubuhnya mendapat sebutan yakni cobby. Kucing himalaya tubuhnya terlihat panjang serta agak bundar. Kucing Himalaya ini mempunyai kaki yang relatif pendek. Dengan adanya bentuk fisik ini, kucing Himalaya terkenal sebagai kucing yang tidak mampu melompat setinggi seperti jenis kucing pada umumnya yang memiliki kaki yang panjang.

4. Cara Merawat Kucing Siam

Jika kamu ingin tau bagaimana cara merawat kucing siam ini yakni tidak jauh berbeda dengan cara perawatan hewan lainnya, yakni:

  1. Silakan kamu gosok gigi kucing jenis ini seminggu sekali ya. Tujuannya untuk mencegah pembengkakan gusi pada si kucing.
  2. Jangan lupa sisir bulu kucing guna memisahkan bulu yang sudah rontok.
  3. Berikan shampo khusus untuk bulu agar bulu kucing terlihat bersih. Tidak hanya itu, agar warna unik dari bulu kucing tetap nampak.
  4. Beri obat kutu tujuannya agar bulu kucing bersih dan terhindar dari berbagai kutu

5. Makanan Kesukaan

Ternyata makanan kesukaan kucing siam ini sangat mudah untuk kamu cari ya. Seperti hewan pada jenis umumnya, makanan terbaik untuk hewan jenis siam ini terdiri atas campuran makanan kering, basah, serta makanan segar. Kamu bisa menyediakan pakan ini dengan tangan kamu sendiri. Sehingga tidak perlu ribet.

Makanan segar yang menjadi kesukaan kucing ini yakni, irisan ham serta daging kalkun yang terlebih dahulu kamu masak. Hewan ini ternyata sangat menyukainya bahkan menjadi menu favorit! Makanan lain yang juga menjadi favorit kucing ini yakni ayam, hake, kalkun, salmon, dan cod. Makanan ini tidak boleh kamu sajikan dalam kondisi yang mentah ya. Sehingga kamu harus merebus atau memanggangnya pakan ini terlebih dahulu. Pastikan untuk membuang tulang yang ada pada ikan.

6. Harga Kucing Siam

Berikut harga siam yang bisa kamu beli atau dapatkan pada toko hewan atau bahkan bisa membelinya secara online.

KategoriHargaSumber
Kucing siamese Himalaya mata biru ekor pendek betina tiga bulanRp. 800. 000https://www.tokopedia.com/kiostop/kucing-siam-siamese-himalaya-mata-biru-ekor-pendek-betina-tiga-bulan?whid=0
Kucing siamese kittenRp. 350.000https://www.tokopedia.com/messtica/kucing-siamese-kitten?whid=0
Jual kucing siamese x britisRp. 3000.000https://www.tokopedia.com/jhessy/jual-kucing-siamese-x-britis?whid=0

Demikian yang bisa Nonaternak paparkan mengenai hewan ini serta harga kucing yang bisa kamu jadikan patokan sesuai harga pasar. Semoga ulasan ini memberikan pengetahuan.

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *