Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Kucing Ragdoll

2 min read

Kucing Ragdoll

Jika kamu mencari kucing peliharaan lucu  yang penuh kasih sayang pilih saja Ragdoll. Kucing ini terlihat begitu menggemaskan ketika kamu belai. Oleh karena itulah banyak yang menyebutnya Ragdoll yang memiliki arti berarti boneka yang lembut. Sorotan matanya yang berwarna biru besar dengan dengkuran yang keras membuat hewan ini begitu lucu.

Jika kamu sedang bingung mencari informasi seputar hewan ini maka Nonaternak akan mengulasnya. Kucing Ragdoll yang satu ini sangat rugi jika tidak kamu masukkan dalam list hewan yang akan kamu rawat.

kucing ragdoll

Kucing Ragdoll

Hewan ragdoll yang jantan memiliki ukuran mencapai 9 kg, sedangkan yang betina berkisar 4,5 hingga 7 kg. Tinggi hawan ini yakni berkisar 28 hingga 33 cm pada bahu. Mempunyai lapisan bulu yang begitu lembut dengan tubuh panjangnya tergolong medium. Warna dan polanya bisa sangat bermacam-macam. Pada umumnya memiliki corak bola mata biru. Panjang umur hewan ini yakni sekitar 13 sampai 15 tahun. Inilah ulasan lebih lengkapnya!

1. Ciri Ciri Kucing Ragdoll Asli

Berikutnya para pecinta hewan yang satu ini wajib mengetahui mengenai ciri-ciri kucing ragdolls asli ini. Ciri-ciri dari ragdolls ini bisa kamu lihat secara kasat mata ya sehingga mudah untuk menganalisisnya. Secara umum ragdolls memiliki ciri khusus pada bulu kucing yang ada pada muka. Bulu ini memiliki warna yang cenderung lebih gelap dari bulu lainnya.

  • Hewan ini memiliki ukuran tubuh besar serta mempunyai dada lebar. Tidak hanya itu juga memiliki panggul besar yang menjadi ciri khasnya
  • Hewan ini memiliki ukuran berat sekitar 12-20 pon. Bisa setara dengan 4kg hingga 9 kg

Pada bagian bulunya, hewan ini memiliki bulu yang cukup sedang sehingga tidak panjang. Bulunya juga tidak pendek. teksturnya juga halus seolah-olah seperti bulu pada kelinci.

  • Memiliki warna bulu yang bermacam-macam
  • Memiliki beberapa corak warna bulu yakni: Mited, vanda, bicolor serta jenis warna lainnya ya
  • Sedangkan pada bagian mata mempunyai warna oval biru

2. Jenis Jenis Kucing Ragdoll

Ragdoll memiliki beberapa jenis varian yang bernama Ragamuffin. Jenis Ragamuffin ini sudah menjadi jenis yang terpindah dari Ragdoll. Ketika proses pengembangan Ragdoll, terdapat perbedaan pendapat sehingga salah satu pengembang kucing ini akhirnya keluar dari salah satu grup pengembang Ragdoll sehingga mendirikan grupnya sendiri.

Jenis Ragamuffin ternyata sudah bercampur dengan jenis longhair yang lain. Sehingga mereka mempunyai corak warna yang berbeda dengan Ragdoll asli. Namun secara sifat dan penampilannya jika kamu lihat secara umum, jenis Ragamuffin ini ternyata mirip dengan jenis Ragdoll. Ragdoll bersifat lemas sedangkan jenis Ragamuffin lebih agresif.

3. Perbedaan Kucing Ragdoll dan Himalaya

Berikut perbedaan kucing ragdoll dan Himalaya:

  • Ragdoll

Hewan yang satu ini berasal dari salah satu dari ras kucing terbesar yang pada dunia. Ragdoll berhasil dikembangkan oleh seseorang bernama Ann Baker yang berasal dari Negara Amerika Serikat. Hewan ini memiliki ciri-ciri berbadan besar, dada lebar, serta panggul juga besar.

Memiliki berat badan jantan sekitar 12-20 pon (5.4-9 kg) sedangkan ragdoll betina 10-15 pon (5.4-6.8 kg). Bulu yang ada pada hewan ini memiliki ukuran panjang sedang. Tekstur bulu pada tubuh yang sama seperti bulu kelinci. Hewan ini memiliki 4 pola warna. yakni bicolor (dua warna), mitted, serta vandan point (solid, lynx).

  • Himalaya

Beberapa orang juga menyebutnya sebagai Persia Himalaya. Hewan ini merupakan salah satu dari  ras kucing yang merupakan hasil dari persilangan dari ras Persia dengan ras Siam.

Persilangan kedua jenis ini mempunyai tujuan untuk menciptakan ras kucing baru bertipe badan yang sejenis dengan Persia. Akan tetapu mempunyai pola atau corak warna yang sama seperti pada ras Siam. Jenis Himalaya identik dengan corak warna matanya yang terkesan biru serta ada pada pola warna bulunya yang tergolong point.

4. Cara Merawat Ragdoll

Hewan ini termasuk salah satu hewan yang mandiri, meskipun mandiri bukan berarti kamu sebagai pemilik kucing tidak memberikan perhatian lebih dalam merawat ya. Kamu wajib untuk memperhatikan kondisi kucing milik kamu. Cara merawatnya kucing ragdoll ini tergolong cukup gampang ya. Kamu tinggal memandikan hewan lucu yang satu ini minimal 1 minggu sekali namun secara rutin.

Perlu kamu perhatikan dalam proses memandikan jenis ragdoll ini gunakan jenis shampoo khusus anti kutu yang ada ya. Kenapa? Mengingat kamu butuh menghindarkan hewan paliharaan kamu ini dari kutu yang bisa menyebabkan kuman bahkan bakteri pada bulu. selain itu juga demi kesehatan si hewan.

Nah, jika kamu selesai memandikannya jangan lupa untuk menyisir lembut bulu secara perlahan. Tujuannya agar bulu tetap halus serta rapi dan juga untuk menghindarkan agar bulu tidak rontok.

5. Makanan Kesukaan

Untuk masalah pakan, kamu bisa memberinya pakan basah dan juga kering yang terjual pada tiap Pethsop terdekat. Jika sudah selesai makan jangan lupa untuk kamu bersihkan tempat pakannya ya. Jangan lupa kamu membersihkan kandang mengingat tempat tinggal yang bersih bisa membuat hewan kamu nyaman dan agar terhindar dari penyakit.

6. Harga Kucing Ragdoll

Harga kucing ragdoll ini mungkin berbeda-beda tergantung lokasi atau wilayah kamu sekarang. Akan tetapi daftar harga ini akan Nonaternak sesuaikan dengan harga pasar sehingga sesuai pada harga umumnya. Semoga daftar harga yang tersajikan ini bisa menjadi sumber referensi.

KategoriHargaSumber
kucing Ragdoll kitten Ragdoll Jantan 2,5 BulanRp. 2.500.000

 

https://www.tokopedia.com/15226/kucing-ragdoll-kitten-ragdoll-jantan-2-5-bulan?whid=0
kucing / kitten ragdoll bicolourRp. 3.500.000https://www.tokopedia.com/clarissacatering/kucing-kitten-ragdoll-bicolour?whid=0
kitten ragdoll kucing jantanRp. 2.750.000https://www.tokopedia.com/ordinary-pets/kitten-ragdoll-kucing-jantan?whid=0

 

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *