Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Kucing Betina Birahi

3 min read

kucing betina birahi

Kucing betina birahi bisa terjadi berulang-ulang kali bahkan ada yang lebih dari 2 kali dalam setahun. Biasanya kucing akan bertingkah aneh yang kadang membuat sang pemilik tertawa. Namun berbeda ketika siklus birahi tiba, kucing akan cenderung berisik, gelisah dan ingin keluar dari rumah.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang kucing betina yang sedang birahi. Pembahasan kucing betina birahi ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Supaya lebih paham lagi yuk segera simak artikel ini!

tanda tanda ciri ciri cara menghilangkan dan mengatasi makanan kucing betina birahi

Kucing Betina Birahi

Ada banyak hal yang seharusnya menjadi perhatian bagi para pecinta kucing, yaitu saat kucing mengalami birahi. Kucing yang mengalami birahi dapat terlihat dari tingkahnya yang aneh. Nah setelah hal itu muncul sebaiknya ada penanganan agar kondisi si kucing segara membaik, salah satunya adalah mengawinkan kucing tersebut.

1. Tanda-tanda Kucing Betina Birahi

Ada banyak tanda tanda kucing birahi, namun sebagian orang pasti belum menyadari bahwa tanda tersebut berasal dari kucingnya yang sedang birahi. Sebenarnya kucing yang sedang birahi itu menunjukkan tanda kalau dia sudah siap kawin. Berikut ini beberapa ciri yang harus kamu perhatikan saat kucing birahi.

– Cepat Marah

Ciri ciri kucing birahi yang pertama adalah cepat marah ataupun tidak suka diajak bermain seoerti biasa. Begitupun dengan sesama kucing, dia akan sangat galak bahkan bisa mencakar kucing lain yang berusaha mendekatinya.

– Gelisah

Kucing dengan tanda tanda kucing birahi gelisah banyak terjadi pada kucing yang kebanyakan tinggal di dalam rumah. Mereka akan mondar-mandir untuk mencari jalan keluar supaya cepat menemukan pasangannya yang ada di luar. Berbeda dengan kucing yang biasa hidup di luar, mereka akan segera menemukan pasangganya hingga tidak pulang kerumah.

– Sering Mengeong

Ciri ciri kucing birahi yang berikutnya adalah mengeluarkan suara mengeong yang aneh. Suara ini memiliki volume yang lebih besar daripada biasanya, bahkan terkadang suara tersebut membuat bising dan mengganggu seisi rumah. Kucing yang mengeong seperti ini menandakan sedang birahi dan memiliki maksud memanggil kucing jantan mendekatinya.

– Posisi kawin

Posisi kawin yang menandakan kucing betina birahi adalah kepala ke bawah, kaki depan ditekuk, bagian belakang dan ekornya diangkat. Kemudian kaki belakang akan menapak secara ritmis seolah-olah sedang berjalan di tempat. Posisi ini menunjukkan kucing sedang birahi dan siap untuk kawin dengan pejantan.

– Kehilangan selera makan

Kucing betina yang sedang birahi dan sedang gelisah nafsu makannya akan menurun. Ini terjadi karena pada pikirannya hanya memenuhi hasrat yang secepatnya ingin terpenuhi. Tetapi jangan lupa untuk terus memantaunya makan supaya tidak jatuh sakit.

2. Cara Mengatasi Kucing Betina Birahi Tanpa Dikawinkan

Selain mengawinkan ada banyak cara untuk meredakan kucing birahi. Terlebih jika kamu belum memiliki pejantan yang unggul dan bagus untuk dikawinkan. Tentunya cara ini akan bermanfaat bagi kamu untuk mengurangi birahi pada kucing.

– Ruang Isolasi

Cara mengatasi kucing betina birahi yang pertama adalah memasukkannya ke ruang isolasi. Sebelum memasukkan kucing ke ruang isolasi sebaiknya pastikan tidak ada akses untuk keluar masuk kucing. Dengan kucing betina terisolasi, masa birahi akan terlewati tanpa mengawinkan si meong tersebut.

– Memandikan Kucing

Bolehkah kucing birahi dimandikan ? Pasti pertanyaan seperti ini kadang terlintas dalam benakmu. Jawabannya tentu boleh, kucing yang dimandikan dengan air dingin merupakan cara menghilangkan birahi pada kucing betina untuk sementara waktu.

– Tempat Yang Hangat

Ketika kucing mengalami birahi, mereka akan sensitif dengan bolehkah kucing birahi dimandikan dengan air dingin. Saat birahi tubuh kucing akan terasa panas sehingga memandikan bisa menurunkan suhu tubuhnya dan birahi pun teratasi tanpa kawin.

Kemudian berikan tempat yang hangat. Tempat isolasi yang hangat akan membuat kucing nyaman hingga melewati masa birahi.

– Aroma Terapi

Ruangan yang memiliki aroma catnip dan feliway akan membuat cara mengatasi kucing betina birahi lebih tenang saat mengalaminya. Mungkin tidak semua kucing akan meresponnya, tetapi coba saja siapa tahu kucingmu menjadi lebih tenang saat birahi.

– Sterilisasi

Sterilisasi kucing merupakan cara permanen menghilangkan birahi kucing tanpa kawin. Pasalnya sterilisasi akan mengambil ovarium pada kucing betina. Setelah melakukan sterilisasi kucing akan mandul sehingga tidak mengalami birahi pada umumnya.

3. Obat Penghilang Birahi Kucing

Daripada melakukan cara menghilangkan birahi kucing betina dengan sterilisasi gunakan saja obat penghilang birahi. Malahan kasihan jika kucingmu harus mandul supaya tidak birahi lagi.

Obat untuk menurunkan birahi kucing ini bernama ANTILIB. Terbuat dari  PROGESTERONE 6 ml/mg untuk menekan gairah seksual dan menekan agresivitas pada kucing dan anjing. Dosis untuk kucing betina adalah 1ml/2kg berat badan. Berikan 1 kali saja dan boleh kamu ulangi penggunaannya setiap 2 bulan sekali.

4. Pakan Kucing Birahi

Bagi kamu yang menginginkan makanan agar kucing betina cepat birahi berikan saja makanan yang mengandung protein dan vitamin E. Protrin dan vitamin E dipercaya mampu meningkatkan hormon progesteron. Nah hormone ini nantinya yang akan memacu kucing betinamu segera birahi.

Sebenarnya makanan agar kucing betina cepat birahi yang bisa memacu hormone progesterone tersebut berasal dari tumbuh-tumbuhan. Namun kucing pasti menolak jika diberi makan dari tumbuh-tumbuhan. Untuk itu kamu bisa menemukan protrin dan vitamin E pemacu hormone progesterone pada makanan laut seperti mackerel, udang, salmon dan tuna.

5. Vitamin Agar Kucing Cepat Birahi

Melakukan cara menghilangkan birahi kucing betina memang perlu bagi sebagian orang. Namun hanya sebagian orang saja ya, masih banyak orang yang menantikan kucing peliharaannya cepat birahi dan mempunyai anak. Untuk itu cobalah memberikan vitamin Best Hormo Drop.

Best Hormo Drop untuk kucing betina birahi akan membantu meningkatkan birahi supaya kucing cepat kawin. Best Hormo terbuat dari Kaempferia Galanga-L, Curcuma Zedoaria dan Zingiber Zerumbet.

Dosis dan cara pakai Best Hormo Drop berikan sebanyak 3-4 tetes dalam 1xsehari selama seminggu. Campurkan pada makanan agar lebih mudah memberikannya. Jika setelah 1 minggu kucing belum bereaksi coba ganti pasangannya.

6. Siklus Birahi

Setidaknya ada 4 siklus jika kucing betina birahi yaitu proestrus, estrus, interestrus dan anestrus. Selama siklus proestrus terjadi, kucing betina akan menarik lawan jenis untuk mengawininya namun tidak ada tanda-tanda yang terlihat.

Kemudian akan memasuki siklus estrus atau birahi. Birahi pada kucing akan terjadi sekitar 1 minggu. Pada siklus inilah si betina akan mulai merasa gelisah dan menunjukkan tanda-tanda birahi seperti di awal. Agar hamil kucing perlu kawin 4-6 kali selama masa birahi ini.

Namun apabila kucing betina tidak hamil akan dilanjut siklus interestrus. Hormone perangsangnya akan turun dan tidak ada tanda apa-apa. Lalu setelah 2-3 minggu, kucing akan mulai birahi kembali. Ketiga siklus ini akan terus terjadi sampai kucing hamil.

Siklus yang terakir adalah anestrus, siklus ini menunjukkan periode dorman reproduksi kucing betina dinama hormon reproduksinya tidak aktif dan tidak ada aktivitas estrus. Siklus estrus pada kucing akan mulai kembali saat suhu lingkungan terasa panas seperti musim panas.

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Bulu Kucing Rontok

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Susu SGM Untuk Kucing

Hendrasap Hendrasap
3 min read