Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Bulu Kucing Rontok

3 min read

bulu kucing rontok

Tidak hanya manusia yang mengalami rambut rotok, bulu kucing rontok pun bisa terjadi. Umumnya kucing mengalami kerontokan bulu karena sedang memasuki fase pergantian bulu dan ketika sedang hamil. Namun bisa dikategorikan tidak wajar kalau kerontokan bulu kucing sangat banyak jumlahnya atau mengalami gejala Alopecia.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang kerontokan bulu pada tubuh kucing. Pembahasan bulu kucing rontok ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Agar kamu lebih paham yuk simak sekarang juga!

penyebab cara makanan obat manusia shampo kucing untuk bulu rontok

Bulu Kucing Rontok

Bagi pecinta kucing pasti memiliki rasa cemas dan penasaran saat mendapati peliharaannya mengalami kerontokan bulu. Tenang, sebaiknya cari tahu dulu apa penyebabnya baru melakukan tindakan yang benar untuk mengatasi kerontokan ini.

1. Penyebab Bulu Kucing Rontok

Ada banyak hal yang bisa menimbulkan penyebab bulu kucing rontok. Jika kucingmu mengalami Alopecia penyebabnya adalah alergi kutu, alergi makanan, infeksi jamur, kelainan hormon dan gigitan kucing yang menyebabkan nanah. Untuk kondisi yang wajar mungkin kucingmu mengalami permasalahan seperti dibawah ini.

– Infeksi Jamur dan Stress

Jamur yang menginfeksi kulit si meong bisa membuat bulu kucing rontok. Selain itu kitten yang sedang mengalami kecemasan atau stress juga akan menyebabkan bulu rontok. Keadaan stress ini bisa disebut “alopecia psikogenik”.

– Efek Obat

Salah satu jenis obat yang menyebabkan bulu si meong rontok adalah prednison transdermal. Sebenarnya prednison merupakan obat untuk menyembuhkan penyakit autoimun, sakit persendian dan otot, penyakit kulit serta meredakan radang alergi. Agar hal ini tidak terjadi pada kucingmu sebaiknya pahami dulu sebelum menggunakan obat.

Kanker

Penyebab bulu rontok juga bisa karena adanya neoplasia. Neoplasia merupakan pertumbuhan sel baru yang upnormal kemudian lama kelamaan akan berubah menjadi kanker. Nah pada pembelahan yang upnormal inilah kadang si meong mengalami bulu rontok.

2. Makanan Yang Menyebabkan Bulu Kucing Rontok

Makanan yang membuat bulu kucing rontok sebenarnya ada banyak. Namun aku hanya akan memberikan beberapa contoh umum yang sering tidak disadari para pemilik kucing dalam kasus sehari-hari.

– Memberikan nasi dalam jumlah banyak

Memang nasi boleh kamu berikan untuk pakan kucing. Namun ada kendala jika memberi makan kitten dengan nasi secara terus-menerus bulu menjadi tidak sehat dan mudah rontok.

Kucing membutuhkan protein yang lebih banyak daripada karbohidrat. Protein ini nantinya akan berubah menjadi asam amino untuk menguatkan akar dan mengkilapkan bulu. Jika kucingmu memakan nasi terlalu banyak asupan proteinnya akan berkurang sehingga bulu menjadi mudah rontok.

– Garam

Makanan dengan kandungan garam konsentrasi tinggi cenderung akan membuat bulu si meong mudah rontok. Contoh pakan yang mengandung garam konsentrasi tinggi adalah ikan asin, telur asin dan daging kaleng. Untuk itu, sebelum memberikannya kepada kucing sebaiknya periksa dulu apakah mengandung kadar garam yang tinggi atau tidak.

– Telur mentah

Telur mentah memang bagus untuk kucing yaitu untuk pertumbuhan ototnya. Meskipun seperti itu jangan sembarangan memberikannya makan telur mentah karena bisa merontokkan bulunya. Hal ini karena telur mentah mengandung protein avidin. Protein avidin ini akan menghambat penyerapan vit B7 sehingga bulu dan kulit kucingmu menjadi tidak sehat dan mudah rontok.

– Pakan anjing

Dalam pakan anjing tidak mengandung vitamin A dan taurin yang cukup untuk kucing sehingga jika kamu berikan secara terus-menerus bisa berakibat malnutrisi. Keadaan kitten yang kekurangan gizi akan mengalami gangguan kesehatan seperti tubuh menjadi kurus, lesu dan bulu banyak yang rontok.

– Cokelat

Cokelat merupakan makanan yang membuat bulu kucing rontok, mengapa demikian ? Kandungan kafein dan theobromine yang ada pada cokelat bisa menyebabkan keracunan pada kucing. Kemudian kucing yang keracunan akan mengeram kesakitan dan lama-lama bulunya bisa berjatuhan atau rontok.

3. Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Mungkin kamu masih bingung dengan cara mengatasi bulu agar tidak rontok. Nah pada subjudul ketiga ini aku akan memberikan tips mengatasi kerontokan bulu pada kucing.

– Memandikan Kucing

Memandikan si meong merupakan cara agar bulu tidak rontok. Kucing yang rutin mandi minimal 1 bulan sekali dengan shampo pilihan akan terhindar dari kotoran-kotoran penyebab kutu ataupun jamur. Jika kucing sudah bersih dan sehat otomatis kerontokan bulu kucing tidak akan terjadi.

– Ubah pola makan

Mengubah pola makan merupakan cara mengatasi bulu kucing agar tidak rontok. Seperti yang kalian ketahui pola makan yang seimbang akan membuat kucing lebih sehat lagi. Berikan pakan kucing yang mengandung omega 3 dan 6 seimbang untuk menjaga bulunya supaya tidak rontok.

– Pakan kucing Hairball Control Adult

Mengatasi kerontokan bisa lewat makanan kucing untuk bulu rontok. Ada banyak pakan kucing yang bisa kamu gunakan untuk merawat bulunya, salah satunya adalah Hill’s Science Adult Hairball Control. Pakan kucing ini termasuk basah dan dikemas dalam kaleng.

Salah satu variannya terbuat dari daging ayam asli dan mengandung serat yang tinggi, omega 3, omega 6, vitamin E dll yang akan membantu merawat kulit serta bulunya. Baunya yang khas akan membuat nafsu makan kucing bertambah.

– Royal Canin Hair and Skin Care

Makanan kucing untuk bulu rontok yang lain adalah royal canin hair and skin care. Pakan ini juga tak kalah hebatnya dengan Hill’s Science Adult Hairball Control karena mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan si meong terutama omega 3 dan 6. Pokoknya rekomemded banget untuk kamu coba mengatasi kerontokan bulu kucing.

– Memberi Minum

Terakhir cara agar bulu kitten tidak rontok adalah dengan memberinya minum secara teratur dan tercukupi. Bulu dan kulit kucing yang kurang minum bisa kering sehingga menyebabkan kerontokan. Oleh karena itu berikan air minum yang cukup.

4. Shampo Untuk Kucing Agar Tidak Rontok

Memandikan kitten yang bulunya rontok perlu menggunakan shampo khusus untuk membunuh kutu Pinjal, Caplak, dan Tungau penyebab kerontokan. Selain itu harus bisa menjaga kesehatan kulit dan bulu.

Nah kegunaan shampo kucing untuk bulu rontok ini ada pada merk New Cat Shampoo Meow 250Ml. Cara penggunaannya sama dengan produk lain.

Gunakan shampo untuk bulu rontok secara teratur. Perlu kamu ingat, hindari kontak langsung dengan mata, hidung dan mulut kucing.

5. Obat Kucing Bulu Rontok

Bulu kucing rontok juga dapat kamu atasi dengan memberikan obat BULMAX. Bulmax memiliki manfaat untuk mencegah kerontokan, mempercepat pertumbuhan bulu, melembutkan bulu dll.

Dalam satu botol obat manusia untuk bulu kucing rontok di apotik terdapat 30 kapsul yang mengandung Biotin, Niasine, berbagai macam vitamin, zink dll. Cara pemakaiannya juga gampang yaitu tinggal buka kapsul lalu taburkan ke pakan kucing.

Sementara itu perhatikan juga dosis obat manusia untuk bulu kucing rontok di apotik. Untuk kitten ½ kapsul per hari dan kucing dewasa sebanyak 1 kapsul/hari.

6. Harga

Setelah membaca artikelku di atas apakah kamu tertarik untuk membelinya. Berikut link dan harga untuk produk pengobatan dan shampo bulu kitten rontok.

NamaHargaSumber
OBAT BULU KUCING BULMAX

 

Rp99.000https://www.tokopedia.com/cantikinstore/bm06-obat-bulu-kucing-rontok-ampuh-penumbuh-bulu-kucing-cepat-bulmax?src=topads
New Cat Shampoo Meow 250MlRp39.000https://www.tokopedia.com/dinkyyshop/new-cat-shampoo-meow-250ml-shampo-kucing-murah-anti-rontok-kutu?whid=0
Royal Canin Hair and Skin CareRp244.600https://www.tokopedia.com/sukapets/royal-canin-hair-and-skin-care-kucing-dewasa-2kg-ready-stock?src=topads
Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Kucing Betina Birahi

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Susu SGM Untuk Kucing

Hendrasap Hendrasap
3 min read