Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Umpan Ikan Gabus

3 min read

umpan ikan gabus

Umpan ikan gabus atau toman merupakan ikan predator yang hidup di air tawar. Bentuk kepalanya yang mirip dengan ular dan sifatnya yang pemangsa membuat ikan ini dijuluki Common Snakehead. Toman biasanya memangsa ikan kecil, serangga dan berudu atau katak kecil.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang umpan mancing toman yang jitu dan ampuh. Pembahasan umpan ikan gabus ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Agar kamu lebih mengenal apa saja umpan yang cocok untuk toman, yuk segera simak!

cara memancing ikan gabus paling ampuh dengan umpan casting

Umpan Ikan Gabus

Para pemancing suka dengan ikan gabus karena dagingnya yang lezat, gurih, proteinnya tinggi serta sambaran dan tarikannya juga sangat jos. Hidupnya di rawa-rawa yang banyak tumbuhan air sehingga memacu adrenalin para pemancing toman.

1. Umpan Alami Paling Ampuh

Cara memancing ikan gabus paling ampuh memang ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Cuaca dan kondisi air yang memiliki suhu tinggi sangat tidak disukai toman. Pada siang hari toman sering berteduh dan mencari perlindungan pada lubang-lubang pinggir sungai.

Jadi jika kamu ingin memancing toman alangkah baiknya dilakukan pada malam hari, hal ini juga mengingat bahwa toman merupakan ikan predator yang aktif di malam hari. Cuaca gerimis juga bisa kamu manfaatkan untuk memancingnya karena pada cuaca seperti ini ikan gabus akan keluar dari persembunyiannya. Terakhir siapkan umpan yang jos dan peralatan memadai.

Menggunakan umpan alami akan membuatmu cepat mendapat sambaran. Hal ini karena makanan alami adalah mangsa utama ikan gabus di alam.

Umpan alami yang bisa kamu gunakan adalah anak kodok, ulat daun pisang, jangkrik, cacing, ikan kecil, belalang, cicak, orong-orong dll. Mendapatkan umpan serangga ini sangatlah mudah, kamu bisa mencarinya di kebun atau rumahmu. Untuk jangkrik dan cacing bisa kamu beli di toko pakan burung dengan harga yang cukup murah.

2. Keong Sawah

Keong sawah juga bisa kamu gunakan untuk umpan ikan gabus. Perlu kamu ingat bahwa toman adalah ikan predator jadi mereka menyukai bau-bau yang amis seperti darah. Nah keong sawah yang dikaitkan dengan kail pancing akan menebar bau amis yang menggoda toman sehingga akan membuatmu cepat mendapat sambaran.

Untuk umpan, sebaiknya kamu ambil isi cangkangnya saja agar toman mudah menelannya. Ukuran keong sawah yang sedang juga akan mempermudah kamu mengaitkannya pada kail pancing. Apalagi bentuknya yang bulat pasti akan memudahkan toman menyambarnya.

3. Umpan Bawang Putih

Melakukan cara memancing ikan gabus paling ampuh dapat kamu buat sendiri dengan bahan-bahan yang ada di warung, contohnya bawang putih dan sarden. Berikut bahan-bahan yang bisa kamu persiapkan.

Pembuatan :

Masukkan semua bahan kedalam wadah kemudian ulek sambil mencampurnya. Jangan terlalu encer, buat adonan mempunyai tekstur kenyal. Setelah tercampur merata buat bulatan-bulatan sedang sebesar kail pancing yang akan kamu gunakan.

4. Racikan Umpan Toman Bahan Daging Ayam

Meracik umpan ikan gabus sendiri sebenarnya lebih efektif karena kamu bisa menentukan sendiri bahan apa yang membuat ikan gabus tergoda. Daging ayam yang memiliki bau amis bisa kamu coba untuk mempengaruhi ikan menyambar kail pancing. Supaya lebih galak lagi tambahkan bahan-bahan seperti berikut ini.

  • Air/susu putih secukupnya
  • Daging ayam
  • Pelet
  • Telor ayam/bebek
  • Essen

Cara Meracik :

Pertama campurkan air/susu, telur dan pelet pada wadah. Kemudian lembutkan daging ayam dan masukkan kedalam wadah. Tambahkan 5 tetes essen supaya tambah kental.

Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Terakhir bentuk umpan sebesar mata kail yang akan kamu gunakan untuk memancing.

5. Racikan Umpan Ikan Gabus Bahan Telur

Bahan yang memiliki bau amis banyak digunakan oleh para pemancing agar ikan cepat menyambar kailnya. Salah satu bahan yang terkenal memiliki bau amis adalah telur. Nah berikut ini bahan dan cara pembuatan umpan untuk ikan gabus bahan telur.

Bahan :

  • Tepung udang
  • Tepung ikan
  • Daging ikan
  • Pelet jenis pf 100
  • Telur ayam kampung rebus
  • Bawang putih
  • Madu
  • Air secukupnya
  • Aquatic Essen

Cara Meracik :

Masukkan semua kedalam wadah lalu tambahkan air secukupnya. Aduk sampai menjadi adonan yang rata. Tambahkan 5 tetes Aquatic Essen agar lebih kenyal. Bentuk bulatan adonan sebesar mata kail.

6. Umpan Casting Toman

Selain umpan ikan gabus yang ada diatas, kamu juga bisa menggunakan umpan casting atau umpan tiruan untuk memancing toman. Tetapi dalam menggunakan umpan casting kamu perlu melakukan sedikit teknik memancing.

Teknik tersebut berupa melempar umpan kemudian menariknya hingga terlihat seolah-olah umpan tersebut nampak hidup. Ikan gabus akan terpancing mendekatinya kemudian menyambar umpan cesting tersebut.

Ada banyak bentuk umpan casting toman paling jitu yang bisa kamu gunakan, namun tidak semua akan menarik perhatian toman. Untuk itu berikut ini jenis umpan casting yang bisa kamu gunakan.

  • Jump Frog
  • Buzz Bait
  • Soft Froggy
  • Popper

Keempat umpan casting toman paling jitu ini akan lebih ampuh jika kamu gunakan pada air tawar yang jernih. Keberadaan toman akan lebih mudah terlihat sehingga cepet mendapat sambaran.

7. Umpan Casting Gabus Susah Makan

Jenis umpan casting gabus yang susah makan merupakan umpan buatan yang terbuat dari karet atau plastik. Umpan ini di desain mirip seperti makanan alami ikan gabus. Kemudian pada sisi tertentu ada kail pancingnya.

Terkadang ada juga ikan gabus yang tidak mau menyambar umpan casting kita meskipun sudah memakai teknik memancing tadi. Entah alasan apa toman tidak mau memakannya.

Jika sudah seperti itu, kamu bisa mengganti umpan tersebut dengan jenis umpan casting gabus yang susah makan lainnya. Misalnya saja umpan casting pencil, torpedo, Katak Karet dan Minnow.

Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Umpan Ikan Tawes

Hendrasap
3 min read

Umpan Ikan Mujair

Hendrasap
2 min read

Umpan Ikan Patin

Hendrasap
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *