Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

3 min read

Perbedaan kucing persia dan Anggora

Tahukah kamu bahwa Anggora dan persia adalah dua jenis kucing yang ketika kamu lihat seolah-olah sama namun sejatinya berbeda ya. Memang tidak sedikit orang yang mengira keduanya adalah jenis kucing yang sama. Hal ini karena kamu pasti belum tahu apa perbedaan kucing anggora dengan persia.

Nonaternak akan mengulas informasi seputar kedua kucing ini. Perbedaan kucing persia dan anggora ini jika kamu perhatikan memang berbeda ya. Sejatinya perbedaan itu apa saja sih?

perbedaan kucing persia dan kucing anggora

Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

Kucing jenis Persia dan anggora ini merupakan jenis kucing yang banyak orang memeliharanya. Masing-masing memiliki bulu yang panjang serta termasuk kucing ras yang begitu populer ya. Sehingga tak jarang, banyak orang yang salah atau keliru membedakan kedua jenis kucing ini ya. Kedua kucing ini memiliki asal-usul, bentuk tubuh, dan karakter yang berbeda pula. Berikut perbedaan kucing Persia dan anggora:

1. Asal Usul

Perlu kamu ketahui bahwa asal usul masing-masing kucing ini berbeda ya. Perbedaan kucing persia dan anggora ini selain bisa dengan mudah kamu perhatikan dan ketahui. Berikut perbedaan kucing persia dan anggora jika kamu lihat dari asal-usulnya:

  • Kucing Persia

Kucing jenis persia merupakan ras kucing domestik yang memiliki berbulu panjang dengan karakter wajah bulat serta moncon. Sejak akhir abad ke 19, kucing jenis Persia ini dikembangkan pada daerah Britania Raya serta Amerika Serikat setelah Perang Dunia ke II.

Kucing Persia, terbagi dalam dua jenis, yakni Chinchilla warna dominan perak cerah serta agak gelap.

  • Kucing Anggora

Pada kancah  internasional, kucing anggora terkenal sebagai Turkish angora, atau biasa orang menamakan anggora dari Turki. Jenis kucing anggora ini memang berasal dari Turki tengah ya, tepatnya ada pada wilayah Ankara.

Orang Turki menyebutnya sebagai kucing anggora Ankara kedishi yang artinya kucing Ankara.

2. Perbedaan Kucing Persia dan Anggora Saat Masih Bayi atau Anak

Jika kamu teliti dengan seksama ternyata ketika dalam kondisi bayi pun kucing anggora dan Persia ini memiliki perbedaan. Pada bayi kucing anggora meskipun masih dalam kondisi baru lahir memiliki bentuk tubuh yang ramping dan memanjang.

Sedangkan, pada bayi kucing jenis persia memiliki tubuh yang memang sedikit pendek serta nampak bulat.

3. Bentuk Wajah

Bentuk wajah Persia dengan anggora juga berbeda. Pada umunya Persia mempunyai bentuk wajah yang bulat serta datar sehingga tidak adanya lekukan pada pipi atau hidung kucing persia.

Tak jarang kucing persia ini memiliki hidung yang terlihat pesek atau agak pesek ya. Jika kamu lihat pada corak bola matanya, kucing jenis persia juga cenderung memiliki lebih banyak variasi warna bola mata.

Sedangkan bentuk wajah untuk kucing jenis anggora, terlihat seolah-olah seperti segitiga. Terdapat lekukan pada wajah, mengingat memiliki hidung yang mancung. Corak bola matanya juga kadang  terlihat tajam serta terlihat sangar. Telinga kucing jenis anggora ini juga terlihat sedikit runcing serta terkadang terdapat bulu pada bagian ujung.

4. Bentuk Tubuh

Perbedaan bentuk tubuh pada kucing anggora dengan persia sangat nampak untuk kamu lihat ya. Kucing jenis anggora memiliki bentuk badan atau tubuh yang terlihat lebih ramping serta lebih panjang. Nah sedangkan pada kucing jenis persia bentuk tubuhnya cenderung yang pendek serta terlihat bulat mengingat kucing ini gemuk. Pada kaki persia juga ukurannya lebih pendek dan terlihat lebih besar.

5. Bulu

Perlu kamu ketahui bahwa kucing jenis anggora memiliki penampakan bulu yang panjang hingga tebal. Namun, kadang hanya pada bagian surai serta ekornya saja ya. Sedangkan bulu pada kucing jenis persia memiliki bulu lebat yang merata pada seluruh badan atau tubuhnya.

Mengingat jenis anggora dan persia merupakan ras kucing yang ternyata cukup berbeda ya. Jika kamu perhatikan lagi, kedua jenis kucing ini ternyata memiliki perbedaan yang nampak jelas pada bulunya.

6. Muka

Perbedaan muka pada kucing anggora dan persia selanjutnya yakni pada muka keduanya. Kucing Persia memiliki bentuk muka bulat. Hidungnya yang pesek dan kecil. Pada dahi, dagu dan hidung Persia terlihat datar jika kamu perhatikan dari sebelah samping. Corak matanya juga cenderung bervariasi daripada kucing angora. Sementara kucing jenis angora, memiliki muka seperti kucing lokal atau kucing kampung, yakni  memiliki bentuk sedikit segitiga dan hidung yang terlihat mancung.

7. Ekor

Cara membedakankedua jenis kucing ini juga bisa kamu lihat pada bagian ekornya ya. Bulu pada ekor kucing Persia terlihat begitu lebat sehingga seluruh ekor terpenuhi bulu, namun pada bagian ekor Persia ini masih tidak selebat pada kucing anggora. Sedangkan bulu ekor kucing jenis anggora sangatlah tebal sehingga terlihat seolah-olah seperti kemoceng bahkan nampak seperti ekor musang.

8.      Sifat atau Karakter

Perbedaan kedua jenis kucing ini selanjutnya terletak pada sifat. Kucing anggora dan anggora memiliki sifat atau karakter yang berbeda. Anggora lebih aktif, lebih suka bermain dengan berlari-lari. Jenis anggora juga cenderung lebih muda untuk kamu latih misal seperti bermain atau kebiasaan lain. Sedangkan pada kucing jenis Persia memiliki sifat yang malas. Peria lebih suka berdiam diri pada satu tempat, hobi tidur, serta bermanja-manja bersama pemiliknya.

9. Perbedaan Kucing Persia dan Anggora dari Cara Merawat

  • Anggora

Ternyata perawatan angora relatif sederhana jika kamu bandingkan dengan persia. Cukup kamu sikat bulu kucing jenis anggora ini sekali dalam seminggu. Tujuannya untuk menghilangkan berbagai kotoran, kemudian mandikan setiap hari.

Secara lengkap tentang cara merawat sudah aku bahas di cara merawat kucing Anggora.

Ajak bermain selama sekitar 15 hingga 30 menit dalam setiap hari. Bermain dengan mainan kucing adalah cara yang menyenangkan bagi anggora.

  • Persia

Memiliki bulu panjang dan lebat, sehingga kucing Persia membutuhkan perawatan rutin. Tanpa perawatan rutin, bulu pada tubuhnya bisa cepat kusut bahkan menyakitkan.

Secara lengkap tentang cara pemeliharaan sudah aku bahas di cara merawat kucing Persia.

Silakan kamu sikat bulu kucing Persia sekali sehari lalu kamu mandikan setiap bulan guna membantu menjaga kilau dan lembut pada bulu. Mata Persia ini juga harus kamu bersihkan setiap hari. Tujuannya mencegah noda dari air mata yang keluar berlebihan.

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *