Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Kucing Bengal

3 min read

Kucing Bengal

Sekarang ini memelihara kucing dalam rumah sedang menjadi kebiasaan trend para pecinta kucing. Jika kamu bingung menentukan jenis apa yang eksotis untuk kamu pelihara maka pilih saja kucing Bengal. Kucing ini termasuk kucing hutan yang memiliki corak warna bulu yang bagus.

Jika kamu sedang bingung dan kurang mengenal kucing jenis ini, maka Nonaternak akan membantu memberikan informasi tersebut. Kucing Bengal menjadi primadona pecinta kucing sehingga kamu sebagai pecinta kucing jangan sampai ketinggalan untuk memiliki kucing ini.

kucing bengal

Kucing Bengal

Salah satu jenis kucing liar memang terkenal sebagai sebutan kucing hutan yang sedikit liar. Untuk itulah kamu butuh cara menjinakkan kucing ini ketika memeliharanya. Kenapa ya kucing ini bisa liar?

Hal ini karena kucing yang agresif serta buas. Hewan ini biasanya  memangsa hewan ternak seperti sapi bahkan kerbau. Namun jangan salah, sekarang sudah banyak yang memilih kucing jenis ini untuk dirawat. Berikut informasi seputar kucing hutan!

1. Asal Usul

Perlu kamu ketahui bahwa kucing  ini sangat banyak yang memeliharanya. Asal usul kucing Bengal itu sendiri. Bengal atau nama ilmiahya Blacan merupakan keturunan ketiga yang berasal dari hasil persilangan kucing american shorthair dengan kucing jenis asian leopard.

Bengal ini berasal dari negara California, yang ada pada Amerika Serikat. Hewan ini tergolong dalam kucing hutan, namun ras ini termasuk hewan yang banyak yang menggemarinya. Ketika kamu akan merawatnya, maka perlu perawatan khusus pada bulu. Lakukan dengan menggosok secara lembut dan pelan menggunakan sikat halus.

2. Ciri Ciri Kucing Bengal

Jika kamu akan memelihara hewan ini maka kamu wajib untuk mengetahui ciri-ciri kucing Bengal ya. Berikut ciri-ciri yang perlu kamu ketahui pada Bengal:

  • Memiliki postur tubuh atau badan yang panjang dan memiliki otot-otot yang kuat.
  • Bertulang besar serta tebal, bulu tebal, rapat serta halus
  • Kepala kucing yang cukup besar dan panjang
  • Kucing ini memiliki pola warna bulu yang coklat atau cinnamon. Terdapat bintik kehitaman yang biasa orang menyebut totol yang ada pada seluruh badannya

3. Jenis Kucing Bengal

Sejatinya jenis hewan ini sangatlah beragam, kamu bisa memilih sesuai selera jenis Bengal mana yang akan kamu rawat. Semua jenis Bengal ini memiliki daya tarik tersendiri dengan warna bulu yang eksotis.

Berikut beberapa macam Bengal:

  • Untuk jenis kucing yang sesuai dengan perbedaan warna atau pola dasar maka kucing ini memiliki 2 jenis yaitu Rosetted Spotted dan juga Marble.
  • Dan dari adanya 2 pola dasar tersebut masih terbagi menjadi banyak jenis dari kucing ini, yakni jenis Rosetted Spotted yang dapat terbagi lagi menjadi beberapa jenis misal:
  • Arrow rossetted
  • Pawprint Rosetted
  • Donuts Rosetted
  • Sedangkan pada kucing  jenis marble juga terbagi lagi ke dalam beberapa jenis yakni:
  • Horizontal Flowing Marble
  • Reduced Pattern Horizontal Flowing Marble
  • Chaos Pattern Marble
  • dan juga jenis pola marble lainnya.

4. Cara Merawat Kucing Bengal

Jika kamu akan memeliharanya maka kamu wajib untuk mengetahui bagaimana sih cara merawat kucing Bengal yang baik dan benar. Proses perawatan ini tidak terlalu merogoh kantong kamu terlalu dalam ya. Sehingga tenang saja, tidak perlu khawatir.

Ketika proses perawatan kamu wajib memberikan kasih sayang dan juga perhatian yang lebih bagus untuk si hewan. Tidak jauh berbeda dengan kucing lain, dalam proses perawatannya untuk masalah pakan silakan beri saja asupan yang bagus dan teratur ya. Tentunya dengan kualitas pakan yang bagus dan tinggi.

Berikut cara merawat atau memelihara Bengal yang wajib kamu simak, yakni:

  • Perhatikan kualitas pakan

Pastikan kucing kamu tidak mengalami obesitas atau kelebihan berat badan ya. Dalam setiap harinya kamu bisa mencoba meraba tulang rusuk serta wajib kamu perhatikan pada bagian lingkar pinggangnya ya. Jika kamu merasa sedikit kesulitan dalam meraba tulang rusuk pada kucing ini maka bisa kamu pastikan kondisi kucing gemuk.

  • Siapkan minuman pada kandang kucing

Tidak hanya masalah pakan kucing ya melainkan kucing juga butuh minum. Jangan hanya kamu fokus memberi pakan saja tetapi kamu lupa asupan nutrisi yang berkualitas bagi kucing. Caranya tuangkan minuman kucing pada mangkuk atau wadah seperti gelas plastik dan taruh pada sekitar kandang tersebut. Kucing ini memiliki ketertarikan atau minat yang tinggi akan masalah air minum ya.

  • Siapkan tempat buang air dan pup

Tempat untuk pembuangan air dan pup atau buang air besar si kucing sangat lah penting. Maka dari itu wajib untuk kamu beri atap serta penutup pada kandang ya.

5. Cara Menjinakkan

Jika kamu takut dengan binatang kucing hutan ini yang buas dalam kata lain masih belum jinak, maka jangan khawatir kamu bisa menjinakkannya. Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan agar kucing ini dapat jinak dan penurut. Berikut cara menjinakkannya:

  • Memberi sentuhan lembut pada kucing
  • Memberi kebutuhan kucing dengan baik agar kucing tidak sampai buas demi mendapatkan makanan
  • Menerapkan metode kitten trick

6. Harga Kucing Bengal

Harga kucing Bengal ini mungkin berbeda-beda ya tergantung lokasi kamu berada. Namun daftar harga ini Nonaternak sesuaikan dengan harga pasar pada umumnya. Semoga harga-harga yang tersajikan ini bisa kamu jadikan referensi.

KategoriHargaSumber
Kucing ras Bengal betina

 

Rp. 6.500.000

 

https://www.bukalapak.com/p/hobi-koleksi/pet-food-stuff/grooming/2vfxkrb-jual-kucing-ras-bengal-betina?from=list-product&keyword=betina%20kucing%20bengal&funnel=omnisearch&product_owner=normal_seller&pos=0&cf=1&ssa=0&sort_origin=relevansi&search_sort_default=true&promoted=0
The Honest Bengal Cat Guide for Humans: Bengal Cat and Kitten Care

 

Rp. 292.000https://www.tokopedia.com/bookxuply/the-honest-bengal-cat-guide-for-humans-bengal-cat-and-kitten-care?whid=0
Kucing ras Bengal betina

Anakan Kitten Pure Bengal Kucing Bengal Anak Kucing Usia 2 Bulan Lucu Makanan Kucing

Rp. 700. 000https://shopee.co.id/(NEGO)-Anakan-Kitten-Pure-Bengal-Kucing-Bengal-Anak-Kucing-Usia-2-Bulan-Lucu-Makanan-Kucing-i.131446048.4451128011

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *