Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Ciri Ciri Kucing Mau Melahirkan

2 min read

ciri ciri kucing mau melahirkan

Kucing adalah hewan peliharaan yang banyak digemari pecinta binatang karena  menggemaskan dan mudah perawatannya. Dalam memelihara kucing terutama kucing betina, maka kucing tersebut pasti akan melahirkan setelah kawin. Oleh karena itu, sang pemilik harus mengetahui ciri ciri kucing mau melahirkan agar segera memberi penanganan khusus untuk membantu proses kelahiran kucing tersebut.

Kali ini nonaternak akan membahas artikel mengenai ciri ciri kucing beranak yang wajib untuk kamu ketahui. Ciri ciri kucing mau melahirkan tersebut penting untuk kamu ketahui agar kucing peliharaan kamu lahir dengan selamat.

ciri ciri suara kucing mau melahirkan

Ciri Ciri Kucing Mau Melahirkan

Kucing adalah hewan yang berkembangbiak dengan vivipar atau melahirkan. Dalam setahun kucing dapat menghasilkan keturunan hingga 2 sampai 3 anak kucing tergantung dari banyaknya kucing tersebut kawin. Masa kelahiran kucing antara 6 sampai 9 bulan. Jika kucing akan melahirkan, biasanya menunjukkan tanda tanda tertentu yang membedakan dengan kucing pada umumnya. Berikut ini akan dibahas mengenai ciri ciri kucing mau melahirkan.

1. Kucing Sibuk Mencari Tempat yang Aman Untuk Melahirkan

Jika kucing kamu yang sedang hamil sibuk mondar mandir ke sekeliling rumah, maka kemungkinan besar kucing tersebut akan melahirkan. Tujuan dari hal tersebut adalah untuk mencari tempat aman, nyaman, dan hangat yang berguna sebagai tempat untuk melahirkan.

tempat yang sering jadi sasaran kucing saat melahirkan di sekitar rumah yakni seperti gudang, atap rumah, dapur, taman, bahkan lemari pakaian. Tanda-tanda kucing mau melahirkan tersebut sering kali membuat bingung pemilik karena belum tahu kalau kucing miliknya akan melahirkan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri ciri kucing mau melahirkan.

2. Kucing Sering Mengeong Setiap Hari

Ciri ciri kucing mau beranak selanjutnya yakni kucing sering mengeong. Kucing yang segera melahirkan dalam waktu yang sangat dekat biasanya mengeong setiap waktu. Ngeongan tersebut memberi isyarat bahwa kucing akan melahirkan dan membutuhkan tempat yang tersembunyi dan nyaman untuk melahirkan.

Suara kucing mau melahirkan sering mengeong dengan ngeongan yang cukup keras. Kerap kali ngeongan tersebut membuat khawatir sang pemilik. Oleh karena itu, ciri ciri kucing mau melahirkan sangat penting diketahui pemilik agar tidak salah dalam memberikan penanganan.

3. Air Ketuban Dalam Perut Kucing Pecah

Kucing yang mau melahirkan dalam waktu dekat, biasanya mengeluarkan cairan bening dalam tubuhnya. Nah, cairan tersebut merupakan air ketuban kucing yang pecah sebagai respon bahwa kucing akan melahirkan dalam beberapa saat lagi.

Jika kucing kamu menunjukan tanda tanda tersebut, ada baiknya jika kamu segera menyiapkan tempat untuk melahirkan dan memindahkan kucing tersebut ke tempat yang sudah kamu siapkan. Perlu kamu ketahui saat proses kelahiran, sebaiknya kamu agak menjauh sedikit dari kucing yang akan melahirkan  tersebut karena kucing tidak mau ada gangguan saat proses kelahirannya.

4. Nafsu Makan Kucing Berkurang

Ciri ciri kucing mau melahirkan selanjutnya adalah nafsu makannya menurun. Jika kucing yang sedang hamil besar nafsu makannya menurun, kamu tidak usah risau. Hal tersebut karena sebagai salah satu respon akibat kenaikan berat badan kucing pada waktu kehamilan sehingga menyebabkan kucing lemas dan malas.

Oleh karena itu, nafsu makan kucing yang akan melahirkan akan menurun. Walaupun nafsu makannya berkurang, sebaiknya kamu tetap memberi makan dengan porsi yang cukup. Hal yang harus diperhatikan dalam memberi makan kucing yang akan melahirkan yakni usahakan beri makan yang mengandung gizi dan nutrisi cukup.

Kandungan nutrisi yang wajib ada pada makanan tersebut adalah protein, mineral dan vitamin. Hal tersebut berguna agar anak yang dilahirkannya sehat dan tidak cacat atau tidak mengalami kelainan.

5. Kucing Sering Tidur

Waktu tidur kucing yang semakin bertambah merupakan salah satu tanda-tanda kucing mau melahirkan. Kucing yang akan melahirkan menghabiskan hari harinya untuk tidur, bahkan dalam sehari waktu tidurnya bisa mencapai dua puluh jam.

Mungkin saja hal tersebut berguna untuk menyiapkan fisiknya dan menambah energi agar nanti dalam proses kelahirannya dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, siapkan kandang kucing senyaman mungkin dan jangan lupa untuk selalu membersihkannya.

Kandang yang nyaman juga mempengaruhi kelahiran kucing. Usahakan, pilih kandang yang memiliki sirkulasi udara yang lancar agar asupan oksigen kucing tersebut terpenuhi.

6. Kucing Sering Menjilati Tubuhnya

Ciri ciri kucing mau beranak yaitu sering menjilati anggota badannya, terutama kaki dan perutnya. Hal tersebut berguna sebagai bentuk rangsangan untuk meningkatkan produksi hormon yang berguna untuk melancarkan proses kelahirannya.

Hormon tersebut berperan penting dalam proses kelahiran kucing. Tanpa adanya hormon tersebut bisa saja proses kelahirannya akan terganggu yang dapat menyebabkan anak kucing mati.

Nah, itu tadi artikel mengenai ciri ciri kucing mau melahirkan. Semoga dapat menambah pengetahuan kamu semua mengenai kriteria  kucing yang akan melahirkan dalam waktu dekat.

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *