Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Mengusir Kucing

2 min read

cara mengusir kucing

Kucing adalah hewan yang banyak disukai orang, namun tak jarang kehadirannya dapat mengganggu kehidupan manusia sehingga sedapat mungkin untuk mengusir kucing tersebut dari rumah agar tidak kembali. Kucing yang sering mengganggu kehidupan manusia adalah kucing liar terutama kucing kampung.

Berikut ini, nonaternak akan paparkan tips dan trik mengenai cara mengusir kucing apabila mengganggu kehidupan manusia dengan baik dan benar. Ada beberapa cara mengusir kucing yang mengganggu tanpa menyakitinya. Ingat, sebisa mungkin kita mengusirnya tanpa melakukan kekerasan.

produk bau pengusir kucing

Cara Mengusir Kucing

Kucing adalah binatang yang cukup aktif dan lincah, namun ada beberapa kucing tertentu yang kehadirannya dapat mengganggu kehidupan manusia. Berdasarkan hasil analisis umun, jenis kucing kampung sering kali mengganggu manusia, bentuk gangguannya dapat berupa mencuri makanan terutama ikan asin di dapur, mengobrak-abrik tempat sampah dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, banyak orang yang mengusir kucing tersebut. Berikut adalah cara mengusir kucing tanpa melakukan kekerasan.

1. Meletakkan Aroma yang Membuat Kucing Pergi

Kucing adalah hewan yang memiliki indra penciuman yang cukup baik selain hewan anjing. Karena indra penciuman kucing yang cukup tajam, maka ada beberapa bau yang tidak kucing sukai. Bau tersebut adalah aroma yang berasal dari kulit jeruk, menthol, lavender maupun lemon.

Kamu bisa meletakkan aroma aroma tersebut ke tempat yang sering dilalui kucing agar kucing tersebut pergi. Selain itu, kamu juga bisa membuat larutan air dengan mencampurkannya dengan minyak yang dihasilkan dari beberapa tanaman pengusir kucing.

Tanaman tersebut seperti serai, minyak kayu putih, lemon, dan masih banyak lagi. Selanjutnya semprotkan larutan  tersebut ke sudut ruangan yang sering kucing pengganggu tersebut lalui. Untuk kamu yang tidak mau ribet, juga bisa dengan membeli produk bau pengusir kucing yang banyak tersedia pada tempat tempat tertentu seperti pasar.

2. Menanam Tanaman Pengusir Kucing

Cara mengusir kucing selanjutnya yakni dengan menanam beberapa tanaman pengusir kucing. Aroma tanaman tersebut ampuh untuk mengusir kucing mengingat baunya sangat tajam. Jenis tanaman tersebut seperti tanaman serai, jeruk, lavender, dan lain lain.

Bau dari tanaman pengusir kucing akan hilang setelah beberapa waktu, namun kucing akan tetap mencium baunya dalam beberapa waktu yang cukup lama setelah bau tersebut hilang. Hal tersebut karena, rangsangan indra penciuman kucing 40 kali jauh lebih peka daripada manusia.

3. Cara Mengusir Kucing dengan Suara Pengusir Kucing

Selain peka terhadap bau, ternyata kucing juga cukup sensitif dengan suara tertentu terutama suara yang memiliki frekuensi tinggi. Suara pengusir kucing dengan frekuensi tinggi atau keras dapat kamu buat dengan memasang bel di beberapa bagian rumah, lonceng angin di tempat yang sering kucing lalui, maupun sirine ultrasonik.

Cara tersebut cukup efektif untuk mengusir kucing agar tidak berak sembarangan di sekitar rumah. Suara suara tersebut dapat membuat kucing ketakutan dan kebingungan sehingga sesegera mungkin pergi dari tempat tersebut.

4. Cara Mengusir Kucing dengan Produk Pengusir Kucing

Ada banyak produk baru pengusir kucing yang bisa digunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan kapur barus. Selain itu juga masih banyak produk produk yang lainnya.

Berikut ini beberapa contoh yang ada di marketplace: Shopee, Bukalapak, Tokopedia.

5. Memblokir Area yang Sering Kucing Lalui

Memblokir tempat yang sering kucing gunakan sebagai akses masuk ke lingkungan rumah merupakan salah satu alternatif cara mengusir kucing yang sering diterapkan orang. Kamu dapat melakukannya dengan menutupi celah celah yang sering kucing lalui sebagai jalan masuk, memasang kawat berduri atau pagar, memasang tembok, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga dapat memblokir jalur masuk kucing pengganggu dengan cara memasang benda benda yang memiliki tekstur yang cukup tajam. Benda benda tersebut misalnya semak berduri, kawat yang ada pada kandang ayam, dan lain lain. Hal itu dapat mengganggu ketenangan kucing saat berjalan, sehingga kucing risih dan akhirnya segera pergi dari tempat tersebut.

Salah satu cara mengusir kucing agar tidak kencing sembarangan yakni dengan mengisi botol dengan air. Usahakan pilih botol yang tidak berwarna atau transparan, hal tersebut bertujuan untuk menciptakan kilau air yang berasal dari kilatan cahaya matahari yang tidak kucing sukai sehingga kucing pergi. Cara tersebut sudah populer di negara negara maju, seperti jepang dan italia.

6. Menempatkan Sisa Makanan dengan Tepat

Pada umumnya, kucing liar banyak mendiami tempat yang banyak memiliki makanan sisa seperti pada tempat sampah. Kucing sangat menggemari tempat tersebut karena ada makanannya untuk mencegah kelaparan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menempatkan makanan sisa dengan baik agar tidak kucing tidak mengambilnya.

Kamu bisa menyimpan makanan tersebut di lemari pendingin atau lemari khusus makanan yang ada pengamannya. Jika makanan tersebut sudah tidak dimakan maka dapat membuangnya ke tempat sampah yang ada tutupnya.

Nah, itu tadi artikel mengenai cara mengusir kucing. Semoga dapat menjadi solusi untuk mengusir kucing tanpa kekerasan. Ingat, kucing juga makhluk hidup, jadi sedapat mungkin kita tidak menyakitinya.

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *