Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Ciri Ciri Kucing Hamil

2 min read

ciri ciri kucing hamil

Kebanyakan orang tidak mengetahui mengenai ciri ciri kucing hamil. Ternyata hal tersebut sangat penting dilakukan guna memberikan penanganan khusus agar anak kucing lahir dengan kondisi yang sehat dan tidak cacat. Jika diperhatikan, ciri kucing yang hamil cukup mudah untuk diketahui.

Kucing yang hamil memiliki kebiasaan yang berbeda dengan kucing yang tidak hamil. Jika kamu masih bingung mengenai cara membedakan kucing gendut dan hamil, berikut Nonaternak akan membagikan informasi tentang tanda kucing hamil. Simak dengan seksama ya mengenai ciri ciri kucing hamil ini!

ciri ciri kucing hamil 1 munggu setelah berhubungan dalam kandungan

Ciri Ciri Kucing Hamil

Kucing adalah binatang favorit yang banyak dipelihara oleh pencinta binatang. Hewan tersebut cukup mudah berkembangbiak dan bereproduksi, jadi tidak salah jika banyak orang membudidayakan nya. Untuk kucing dalam masa kehamilan (lebih dari 1 bulan) biasanya berlangsung antara 59 sampai 64 hari atau kurang lebih sekitar 9 minggu. Dalam waktu rentang waktu tersebut, kucing menunjukkan ciri yang berbeda dengan kucing biasa.  Cara mengetahui usia kehamilan kucing bisa dilakukan dengan USG atau periksa ke dokter hewan.

1. Puting Kucing yang Hamil Memiliki Ciri Agak Besar dan Berwarna Merah Muda

Kondisi puting kucing yang melahirkan memiliki warna pink atau merah muda dengan ukuran yang agak besar dari sebelumnya. Ciri ciri kucing hamil tersebut biasanya akan terdeteksi pada usia kehamilan 16 sampai 19 hari atau lebih dari 2 minggu. Akan tetapi, hal tersebut tidak hanya menandakan bahwa kucing melahirkan, bisa saja terkena penyakit. Jadi, untuk lebih jelasnya Kamu bisa membawa kucing ke dokter hewan.

2. Perut Kucing Mulai Membesar

Kucing yang hamil dengan usia kehamilan lebih dari 1 bulan, biasanya sudah terlihat tanda bahwa perut kucing sudah mulai membesar dan mulai tegang karena berisi janin anaknya. Bagi beberapa orang yang belum tahu, mungkin menganggapnya bahwa kucing nya gendut. Oleh karena itu, Pentingnya mengetahui mengenai perbedaan kucing hamil dan gendut agar tidak salah lagi dalam memberikan penanganan nya.

Cara mengetahui jumlah anak kucing dalam kandungan bisa dilihat sesuai besar kecilnya perut kucing yang sedang hamil. Jika perut kucing yang hamil tersebut besar, kemungkinannya anak yang dalam perutnya lebih dari satu. Akan tetapi, untuk lebih jelasnya, kamu dapat membawanya ke dokter hewan untuk di USG dengan sinar X-ray agar terlihat kondisi dan jumlah anak kucing tersebut dalam kandungan.

Perlu diketahui, detak jantung janin kucing tersebut dapat terdeteksi  USG jika usia kandungannya sudah 20 hari atau lebih. Sedangkan untuk banyaknya janin dan posisi janin dalam kandungan kucing dapat di deteksi jika kandungannya sudah berusia lebih dari 1 bulan 15 hari.

3. Kucing Cenderung Malas Malasan

Layaknya seperti manusia yang sedang hamil, ternyata kucing yang hamil juga memiliki sifat pemalas. Biasanya kucing jarang melakukan aktivitas seperti bermain dan banyak bergerak, hal tersebut karena kucing cenderung berdiam diri dan memanjakan badan. Aktivitas yang sering dilakukan oleh kucing hamil yakni seperti tidur tiduran, mendatangi pemiliknya untuk minta dimanja, dan lain lain.

Kucing hamil memiliki waktu tidur yang lebih banyak dari pada kucing yang tidak hamil. Tujuan kucing tersebut banyak tidur salah satunya adalah untuk menjaga energinya agar tetap stabil selain dengan porsi makan yang banyak.

4. Nafsu Makan meningkat

Ciri ciri kucing hamil memiliki porsi makan yang lebih banyak. Presentase peningkatan nafsu makan kucing hamil sekitar 20% sampai 50% daripada kucing yang tidak hamil. Jadi, sediakan makanan kucing dengan jumlah yang lebih banyak.

Peningkatan nafsu makan tersebut terjadi karena kucing hamil membutuhkan energi dan protein yang lebih guna menunjang asupan nutrisi untuk janinnya. Oleh karena itu, kondisi fisik kucing hamil jauh lebih besar dari sebelumnya sehingga sangat penting untuk memahami perbedaan kucing hamil dan gendut.

5. Ciri Kucing Hamil Penting Mengalami Gejala Morning Sickness

Morning sickness adalah gejala yang sering terjadi pada kucing yang sedang hamil. Biasanya kucing akan menunjukan gejala mual dan muntah. Jika kucing kamu menunjukan gejala tersebut maka jangan khawatir, hal tersebut karena sebagai respon tubuh kucing karena ada janin di dalam perutnya. Untuk penanganannya kamu bisa menyediakan tempat tersendiri untuk kucing yang sedang hamil agar saat muntah tidak mengotori ruangan lainnya.

6. Bulu Kucing yang Hamil Mudah Rontok

Kucing yang hamil lebih rentan untuk mengalami kerontokan pada bulunya, sehingga bulu dalam tubuhnya menjadi menipis. Hal tersebut karena produksi hormon kulit kucing meningkat dari sebelumnya sehingga kulit kucing menjadi berminyak. Karena kondisi tersebut maka bulu si kucing lebih mudah rontok.

Kerontokan bulu kucing saat hamil adalah hal yang wajar. Untuk penanganan nya kamu dapat memilih kandang kucing yang memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga kandungan minyak di kulitnya dapat di kurangi. Gejala kerontokan pada bulu kucing merupakan salah satu ciri kucing hamil 1 minggu setelah berhubungan.

Nah, itu tadi artikel mengenai ciri ciri kucing hamil. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kamu semua!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *