Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Merawat Kucing Kampung

3 min read

cara merawat kucing kampung

Sekarang ini banyak berdiri penangkaran kucing jalanan atau disebut kucing kampung sehingga kucing tersebut mulai dicari oleh para penyelamat dan pembudidaya kucing untuk dipelihara atau ditangkarkan kemudian ditaruh di balai adopsi kucing. Bagi kamu yang termasuk golongan tersebut, maka harus mengetahui mengenai trik cara merawat kucing kampung agar dapat lebih terarah dan mudah untuk membudidayakan nya.

Kucing kampung banyak ditemui di desa maupun perkotaan, seperti di pasar, dan tentu saja juga ada di kampung. Nonaternak kali ini akan membahas tentang cara merawat kucing kampung. Kalau kamu mau kucing kampungmu bulunya lebat, ikuti langkah langkah ini ya.cara merawat kucing kampung

Cara Merawat Kucing Kampung

Kucing kampung pada dasarnya memiliki sifat yang lumayan berbeda dengan kucing peliharaan lainnya. Hal tersebut disebabkan karena sifat kucing kampung lebih liar, agresif, dan takut untuk didekati (untuk sebagian besar kucing kampung) sehingga harus paham betul untuk menangani hal tersebut. Cara merawat kucing kampung tidak sulit jika mengetahui tips dan trik nya. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang tidak boleh diabaikan saat melakukan budidaya kucing kampung.

1. Pemilihan Bibit Kucing Kampung

Faktor penting melakukan budidaya kucing kampung adalah bibit yang digunakan. Jika bibit yang digunakan bagus, maka otomatis generasi selanjutnya juga berkualitas. Cara memelihara kucing kampung tanpa induk terutama untuk bibit yang masih usia sangat muda maka sebaiknya diberikan perawatan khusus, seperti pemberian pakan yang cukup.

Bibit yang baik memiliki beberapa ciri ciri, yaitu kucing memiliki bulu yang lebat dan tidak rontok, memiliki kondisi telinga dan tubuh yang bersih, nafsu makan dan minum normal. Lalu usahakan pilih bibit yang bergerak aktif karena memiliki cadangan energi dan ketahanan yang lebih kuat dari pada kucing yang jarang beraktivitas.

Bibit kucing kampung mayoritas memiliki sifat yang agresif atau sedikit liar sehingga harus memahami cara menjinakkan kucing kampung agar nurut jadi bagus. Salah satu caranya yakni dengan merawatnya dengan penuh kasih sayang, usahakan jangan membuat gerakan tiba tiba di area pengawasan si kucing karena dapat menyebabkan kucing tersebut merasa waswas dan kaget.

2. Kandang Kucing Kampung

Saat melakukan cara merawat kucing kampung, pemilihan kandang yang digunakan tidak boleh dipandang sebelah mata karena kandang merupakan tempat bagi si kucing untuk tidur maupun beraktivitas sehingga unsur kenyamanan harus diperhatikan.

Standar minimal kandang kucing yang layak yaitu kandang memiliki sistem sirkulasi udara yang lancar, kandang dapat melindungi kucing dari bahaya seperti dari predator dan lain lain, serta kandang dapat menunjang produktivitas si kucing.

Ukuran kandang 1 meter x 0,5 meter x 0,75 meter dapat dihuni oleh 1 kucing kampung, ukuran tersebut tergantung dari jenis dan usia kucing. Bahan dasar untuk membuat kandang kucing pun bisa dari plastik, logam, besi, dan kayu, hal tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan si kucing.

Prosedur membuat kandang kucing dari bahan utama kayu yaitu:

  1. Buat rancangan bentuk kandang yang akan digunakan disertai dengan ukuran nya.
  2. Kemudian siapkan bahan yang terdiri dari kayu, paku, cat kayu, engsel, mainan kucing. Sedangkan alatnya bisa menggunakan palu, obeng, gergaji, dan kuas.
  3. Buat kerangka kandang bagian dasar, atas, dan pinggir, dengan menggunakan bahan dan alat tadi.
  4. Jika sudah, buat pintu kandang dengan bahan kayu dan engsel.
  5. Selanjutnya lapisi kandang dengan cat warna yang diinginkan.
  6. Langkah terakhir pasang mainan kucing di kandang agar kucing betah di dalam kandang.

3. Pakan Kucing Kampung

Pemberian pakan bergizi merupakan salah satu metode cara perawatan kucing kampung agar bulunya lebat. Hal tersebut dikarenakan kandungan gizi dalam pakan yang bernutrisi dapat membatu merangsang pertumbuhan dan perkembangan kucing sehingga bulunya dapat tumbuh dengan lebat.

Untuk porsi pakan dapat diberikan 3 atau 4 kali sehari dengan dosis 40 gram per satu kali makan untuk satu kucing kampung usia dewasa. Dalam cara merawat kucing kampung, pakan yang diberikan dapat berupa daging, ikan asin, tulang belulang, makanan kucing instan (tersedia di pasaran), air putih, susu, dan lain lain.

4. Cara Merawat Kucing Kampung

Jika kamu ingin mengetahui cara menjinakkan kucing kampung agar nurut jadi bagus, salah satu kuncinya adalah dari segi perawatan nya. Dengan perawatan yang bagus maka secara otomatis kucing akan merasa senang, sehingga lama kelamaan si kucing akan nurut kepada kamu.

Perawatan yang dapat diberikan untuk kucing kampung yakni mulai dari pemilihan bibit kucing kampung yang baik, pembuatan dan pemilihan kandang kucing kampung yang layak, serta pemberian pakan bergizi dan bernutrisi sebagai pendukung perkembangan kucing kampung.

Adapun cara perawatan kucing kampung agar bulunya lebat yakni perhatikan kebersihan bulu si kucing, lalu beri makanan yang memiliki kandungan gizi yang cukup, jika bulu si kucing kotor maka segeralah untuk membersihkan nya agar tidak ada kutu maupun jamur.Seandainya kucing sakit, maka bawalah dia ke dokter hewan agar mendapat penanganan terkini dan diberi solusi penyembuhan, entah melalui media obat atau pun yang lain.

5. Penyebab Kegagalan Cara Merawat Kucing Kampung

Ada beberapa faktor penyebab gagal nya budidaya kucing kampung yakni kurangnya pasokan makanan yang diberikan untuk si kucing sehingga pertumbuhan dan perkembangbiakan nya terganggu, kebersihan kandang tidak memenuhi syarat yang dapat mengundang vektor penyakit sehingga kesehatan kucing terganggu.

Metode cara memelihara kucing kampung tanpa induk yang salah juga dapat menyebabkan kegagalan dalam merawat kucing kampung. Hal tersebut diakibatkan karena kucing merasa tidak betah sehingga berusaha untuk menghindar dari pemilik, salah satunya caranya adalah dengan berusaha kabur dari tempat tersebut.

6. Harga Bibit dan Harga Jual kucing kampung

Kelompok hargaHarga kucing kampung (Rp)Sumber
Kucing kampung warna hitam berumur tiga bulan100.000https://www.olx.co.id/
Kucing kampung dengan tiga warna berusia empat bulan150.000
Hasil persilangan kucing kampung dengan Persia berumur dua bulan200.000
Kucing kampung dewasa warna emas1.000.000
Kucing kampung belang dengan umur satu tahun150.000

Harga tersebut dapat berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga kucing kampung yakni jenis kelamin kucing, usia kucing, penjual kucing kampung, dan banyaknya kucing yang beredar di pasaran.

Demikian artikel mengenai cara merawat kucing kampung, semoga bermanfaat!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *