Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Merawat Kucing Hutan

2 min read

cara merawat kucing hutan

Siapa sih yang tidak suka dengan kucing yang identik menggemaskan serta lucu ini? Pasti tidak sedikit yang menyukainya, nah salah satu jenis kucing saat ini yang banyak digemari untuk dipelihara ialah kucing hutan. Cara merawat kucing hutan ini juga tergolong mudah.

Nonaternak akan membantu memberikan referensi yang mungkin kamu butuhkan sebagai pecinta kucing. Cara merawat kucing hutan akan diulas secara singkat tapi lengkap ya. Yuk, disimak!

cara memelihara kucing hutan kecil anakan bayi

Cara Merawat Kucing Hutan

Kata siapa kucing hutan tidak bisa kamu jinakkan? Perlu kamu ketahui bahwa terdapat cara menjinakan kucing hutan yang bisa kamu contoh dan praktekkan ya. Intinya cara merawat kucing hutan ini akan sukses jika kamu telaten serta bisa memberikan perawatan yang baik. Jangan lupa beri pakan yang bagus serta asupan vitamin agar si kucing tumbuh sehat. Tempat Perawatan atau kandangnya pun juga wajib kamu perhatikan agar selalu bersih ya. Berikut ulasannya :

1. Anakan Kucing

Hal pertama yang harus kamu perhatikan betul ialah masalah pemilihan bibit. Usahakan memilih bibit dari indukan yang bagus dan tentunya berkualitas. Pemilihan bibit ini sangat tidak boleh kamu naggap sepele ya. Kesalahan dalam memilih bibit bisa berakibat sangat fatal buat kedepannya.

Seekor hewan yang menderita penyakit dan ternyata kamu pilih, meskipun penyakit yang dimiliki bukanlah penyakit sejenis zoonosis namun hewan yang sakit daya tahan tubuhnya akan semakin melemah. Lebih dikhawatirkan lagi jika ternyata bibit hewan kesayangan kamu yakni kucing hutan ini telah memiliki penyakit zoonosis.

Beginilah cara memilih bibit hewan peliharaan yang bagus dan tentunya unggul :

  • Mata yang jernih serta bersih
  • Silahkan cek mulutnya. Jika ternyata tidak ada karang gigi
  • Memiliki bulu yang halus serta mengkilap
  • Nafsu makan yang baik
  • Tidak adanya sesuatu yang keluar dari lubang-lubang alami berupa cairan keruh
  • Kakinya termasuk kuat
  • Tidak ditemuinya luka yang terdapat pada seluruh tubuhnya

2. Kandang Kucing

Cara memelihara kucing hutan umur 1 bulan dengan yang sudah dewasa tentu perlakuannya berbeda. Begitu juga dengan tempat budidaya atau pemeliharaannya dengan perbedaan ukuran dan sebagainya. Salah satu hal yang paling mempengaruhi kenyamanan si kucing yakni masalah kandang atau tempat hidupnya.

Sebagaimana yang telah kamu ketahui sebelumnya bahwa kucing hutan ini tinggal pada tempat yang begitu luas dan tentunya bebas. Sehingga supaya kucing hutan ini nyaman maka siapkan kandang yang luas. Sebab jika terlalu sempit dan tidak nyaman dapat mengakibatkan stres bahkan sampai mati.

3. Pakan Kucing Hutan

Kucing hutan bisa tumbuh kembang dengan baik dan sehat apabila kebutuhan pakan, gizi serta vitamin bisa terpenuhi dengan baik. Tidak sedikit orang yang melakukan perdebatan mengenai jenis pakan kucing ini. Ada sebagian orang yang menyarankan untuk memberi pakan daging mentah saja, ada pula yang menyarankan daging rebus.

Nah supaya kamu tidak bingung, maka kamu bisa memberikan pakan untuk mengkombinasikan antara daging rebus dengan daging mentah. Misal sekarang kamu bisa memberinya pakan ikan lele atau daging ayam rebus. Maka untuk besoknya bisa sedikit kamu tambahi daging mentah ya.

Daging rebus bertujuan untuk meredam sifat buasnya sedangkan yang matang bertujuan untuk keseimbangan tubuhnya. Jangan pernah mencoba untuk memberikan pakan kucing kemasan ya. Catfood ternyata banyak pengawetnya. Nah jika merawat anak kucing hutan, cocoknya beri susu khusus kucing menggunakan dot

4. Cara Merawat Kucing Hutan

Cara merawat bayi kucing hutan tanpa induk tentunya gampang-gampang susah ya. Berhubungan ini jenis kucing hutan yang tergolong masih buas maka perawatannya atau pemeliharaannya difokuskan untuk kamu bisa merubah sifat buas tersebut menjadi jinak, kemudian ajak berinteraksi agar si kucing mampu mengenal lingkungan barunya.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika merawat kucing hutan :

  • Berikan pakan yang bagus

Adanya vitamin, kandungan gizi, serta asupan nutrisi yang bagus dan berkualitas maka akan mempengaruhi daya tahan tubuh kucing menjadi lebih kuat.

  • Jinakkan kucing hutan

Kamu bisa menjinakkan dengan cara sering mengajak berinteraksi, mengelus bulunya serta memberikan kasih sayang kepada kucing hutan ini.

  • Jauhkan dari hewan lainnya

Naluri kucing hutan ialah liar dan bebas. Naluri liar akan naik jia mereka terusik kenyamanannya.

  • Mandikan Kucing Hutan

Memandikan kucing dengan rutin paling tidak membuat tampilan kucing lebih fresh dan segar. Selain itu juga menjauhkan dari penyakit dan kutu-kutu yang mengganggu kesehatannya.

5. Penyebab Kegagalan Cara Merawat Kucing Hutan

  • Perawatan yang kurang baik
  • Pemberian pakan yang sembaragan sehingga asupan gizi kurang
  • Kucing hutan yang dominan liar dijadikan satu kandang dengan hewan jenis yang lainnya
  • Tidak pernah diberikan vaksin sehingga daya tahan tubuh tidak kuat
  • Kucing memiliki bibit penyakit FLUTD atau penyakit saluran kencing bagian bawah

6. Harga Bibit dan Harga Jual Kucing Hutan

KategoriHargaSumber
Kucing hutanRp. 350.000https://shopee.co.id/Kucing-hutan-i.73780130.1233128042
Kucing hutan jitot anakanRp. 700.000https://shopee.co.id/Kucing-hutan-jitot-anakan-pesanan-bg-Tio-%28pahe%29-i.57216213.6815385568

 

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *