Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Merawat Kucing Himalaya

2 min read

cara merawat kucing himalaya

Kucing Himalaya sering disebut pula kucing persia Himalaya, hal tersebut karena kucing himalaya merupakan hasil perkawinan antara kucing siam dan kucing persia. Hewan jenis tersebut, kini mulai diburu pecinta binatang terutama kucing untuk dipelihara atau yang lain. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh cara merawat kucing Himalaya  mudah dan sangat mengasyikkan.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang cara merawat kucing Himalaya. Mulai dari cara memilih kucing yang baik, pakan, kandang hingga hal hal yang harus kamu hindari. Karena harga kucing Himalaya ini tergolong mahal, jadi jangan sampai tidak mempelajari cara merawat kucing Himalaya sebelum memilikinya.

cara merawat kucing himalaya

Cara Merawat Kucing Himalaya

Kucing Himalaya termasuk dalam golongan vertebrata karena memiliki tulang belakang di dalam tubuhnya. Jenis kucing tersebut memiliki bentuk yang imut dan menggemaskan sehingga banyak orang yang memeliharanya. Bulu yang ada dalam kucing Himalaya memiliki corak yang berbeda satu sama lain.Dalam segi cara merawat kucing Himalaya pun juga sangat simpel dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Berikut adalah beberapa aspek penting yang harus diperhatikan saat melakukan budidaya kucing Himalaya.

1. Pemilihan Bibit Kucing Himalaya

Saat melakukan ternak kucing Himalaya, pemilihan bibit harus dicermati betul agar menghasilkan calon induk yang baik entah dari segi kualitas maupun kuantitas. Ciri ciri bibit unggul kucing Himalaya yaitu bibit memiliki bulu yang tumbuh subur dan tidak rontok, nafsu makan dan minum tinggi. Bibit yang baik memiliki organ tubuh yang lengkap atau tidak cacat.

Dalam pemilihan bibit, makanan kucing Himalaya harus dilakukan secara bertahap terutama untuk bibit yang masih berusia muda agar pertumbuhan dan perkembangannya maksimal. Kriteria yang lain yakni pilih bibit yang memiliki sifat aktif dan agresif. Bibit jenis kucing Himalaya dapat kamu peroleh melalui indukan sendiri yang sedang hamil atau dengan membelinya di toko hewan.

2. Tempat Budidaya Kucing Himalaya

Saat melakukan cara merawat kucing Himalaya usahakan kandang yang digunakan memiliki ruang yang agak besar agar kucing dapat leluasa bergerak dalam kandang. Kriteria kandang kucing Himalaya yang baik yakni kandang memiliki sirkulasi udara yang cukup, jangan menaruh kandang dalam tempat yang lembab agar tidak tumbuh jamur. Selain itu pula, bahan materi penyusun kandang harus diperhatikan agar si kucing betah di dalam kandang.

Ukuran ideal kandang satu ekor kucing Himalaya yaitu 1 meter x 1,5 meter x 0,5 meter. Pada dasarnya, bahan penyusun kandang kucing Himalaya sangat bervariasi, bisa dari plastik, alumunium, besi, maupun kayu. Di artikel ini akan dipaparkan mengenai tahapan pembuatan kandang kucing Himalaya dari bahan dasar besi, sebagai berikut:

  1. Buat rancangan desain kandang sesuai selera.
  2. Kemudian siapkan bahan yang terdiri dari lempengan besi, besi yang berbentuk seperti pagar, cat, mainan kucing, engsel, dan perlak. Sedangkan untuk alatnya dapat menggunakan las, gergaji besi, dan kuas cat.
  3. Buat kerangka atas dan bawah menggunakan besi lempengan. Selanjutnya las besi yang berbentuk lidi di bagian tepi lempengan besi tersebut seperti membuat pagar.
  4. Jika sudah, lalu buat pintu dengan menggunakan engsel dan besi berbentuk lidi.
  5. Selanjutnya lapisi kandang dengan cat agar terlihat bagus dan mencegah terjadinya korosi.
  6. Langkah terakhir yakni pasang perlak atau plastik pada lantai kandang guna mencegah basah nya kandang saat kunci tersebut kencing serta pasang mainan kucing seperti bola, dan lain-lain pada bagian dalam kandang. Kandang kucing sudah selesai!

3. Pakan Kucing Himalaya

Jika kamu ingin mengetahui cara perawatan kucing himalaya agar gemuk salah satu kuncinya adalah pada pakan yang diberikan. Kamu dapat memberi pakan kucing dengan waktu tiga kali sehari (malam, siang, pagi) dengan dosis 5 gram untuk satu ekor kucing dewasa.

Kucing Himalaya memiliki nafsu makan yang agak banyak sehingga harus sedia stok pakan. Dalam budidaya kucing tersebut, makan kucing Himalaya harus disesuaikan dengan nafsu makannya. Adapun pakan dan minum yang dapat diberikan yakni ikan asin, pakan kucing yang beli di pasaran, daging, susu, air putih, dan lain lain.

4. Cara Merawat Kucing Himalaya

Dalam melakukan cara merawat kucing Himalaya harus memperhatikan beberapa hal agar budidaya yang kamu lakukan sukses. Hal tersebut adalah mengunakan bibit yang bagus agar dihasilkan kucing yang berkualitas, kemudian kandang kucing usahakan bisa membuat kucing nyaman dan tidak terkekang.

Ada beberapa tips cara perawatan kucing himalaya agar gemuk yaitu beri makanan dengan kandungan gizi dan nutrisi yang cukup agar perkembangannya lebih pesat. Lalu beri perawatan intensif agar kucing dapat tumbuh dengan pesat.

5. Penyebab Kegagalan Cara Merawat Kucing Himalaya

Jika kamu tidak ingin mengalami kegagalan maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar budidaya kucing Himalaya tetap berlanjut. Hal tersebut yakni usahakan kandang kucing di tempat yang kering sehingga pertumbuhan jamur dan virus dapat terhambat karena kondisi udara yang normal.

Lalu makanan kucing Himalaya sebisa mungkin memiliki kandungan gizi yang cukup untuk memenuhi asupan nutrisi nya. Perawatan kucing Himalaya yang kurang maksimal, juga dapat menyebabkan proses budidaya dapat terhambat.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Kucing Himalaya

Kelompok hargaHarga kucing himalaya (Rp)Sumber
Kucing Himalaya dewasa820.000https://www.tokopedia.com/amanah-yogya/
Anakan kucing Himalaya berumur 4 bulan jenis kelamin jantan850.000https://www.olx.co.id/item/la-himalaya-pure-jantan-4-bulan-iid-785614250
Anakan kucing Himalaya berumur 3 bulan jenis kelamin betina1.500.000https://www.olx.co.id/item/himalaya-asli-3bulan-bettina-iid-785640867

Harga tersebut dipengaruhi oleh umur kucing, jenis kelamin, perbedaan penjual dan toko saat membeli, serta kondisi bulu pada kucing Himalaya.

Itu tadi adalah artikel mengenai cara merawat kucing Himalaya, semoga dapat membantu!

 

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *