Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Cara Merawat Hamster

2 min read

cara merawat hamster

Memiliki hewan peliharaan memang sangatlah menyenangkan, selain sebagai penghilang stress juga bisa dijadikan bisnis. Salah satu hewan yang banyak dipelihara adalah hamster. Hewan kecil ini memang banyak peminatnya. Selain sekedar cara merawat hamster, menurut Nonaternak, cara budidayanya juga termasuk mudah.

 

Hamster memiliki banyak penggemar sehingga membuka peluang usaha untuk membudidayakannya. Cara budidaya hamster ini hampir sama dengan budidaya hewan lainnya. Selain menyiapkan peralatan, pakan, juga untuk tahu cara beternak hamster juga bisa Anda simak dalam artikel ini. Jadi bukan hanya tahu cara merawat hamster tetapi bisa budidaya.cara merawat hamster

Cara Merawat Hamster

Jika Anda memang berminat membudidayakan hewan ini, Saya akan ulas beberapa informasi terkait cara memelihara hamster, cara budidaya hamster, cara ternak hamster campbell, sampai cara membuat kandang hamster untuk ternak. Berikut ulasannya :

1. Cara Memilih Bibit Hamster yang Baik

Hal yang pertama kali dilakukan sebagai bagian dari cara merawat hamster ini adalah pemilihan bibitnya. Anda sebagai peternak hamster ini haruslah jeli dalam memilih bibit yang akan dijadikan indukan. Pemilihan bibit yang baik juga akan berpengaruh pada cara memelihara hamster nantinya.

Adapun jenis bibit hamster yang paling banyak dibudidayakan adalah jenis hamster campbell. Hamster jenis ini relatif murah. Selain itu, cara ternak hamster campbell ini tergolong mudah, dengan perawatannya yang relatif simpel. Apapun jenis hamster yang Anda pilih untuk dibudidayakan, pastikan cara merawat hamster itu baik dan benar.

2. Kriteria Kandang Yang Baik Untuk Hamster

Setelah memilih bibit yang akan dijadikan indukan hamster, selanjutnya adalah mempersiapkan kandanganya. Kriteria kandang yang baik untuk hamster ini sendiri tergantung dari jumlah hamster yang kita miliki. Cara membuat kandang hamster untuk ternak ini sangat mudah sebenarnya.

Jika semisalnya Anda memiliki 10 ekor hamster, usahakan untuk menyediakan kandang yang agak lebih besar. Selain itu, dalam satu kandang pastikan pejantan dan betinanya 1/6 jumlahnya, di mana pejantan lebih sedikit dibandingkan betina. Hal ini dimaksudkan agar cara beternak hamster kita nantinya dapat berjalan sukses.

3. Pakan Hamster yang Baik agar Sehat dan Berkembang Biak

Untuk menunjang budidaya hamster, jangan lupa untuk memberikan pakan yang tinggi protein. Nutrisi tinggi protein ini bisa didapat dari telur. Khasiat yang didapatkan dari pemberian pakan tinggi protein adalah semakin tinggi hasrat kawin hamster.

Hamster dengan jenis campbell selain murah, pun cara ternak hamster campbell yang mudah akan menguntungkan.
Selain itu pakan yang bisa diberikan untuk hamster adalah makanan dengan kandungan ragi, seperti roti ataupun snack. Ragi bermanfaat bagi hamster untuk mengurangi stress selama proses budidaya. Jadi dalam membudidayakan hamster ini tidak hanya cara membuat kandang hamster untuk ternak yang perlu dipelajari, tetapi juga pemberian pakannya.

4. Cara Merawat Hamster dengan Baik

Cara memelihara hamster juga sebenarnya gampang-gampang susah. Anda harus mau direpotkan oleh beberapa hal dalam mengurusi hamster-hamster Anda nantinya. Selain memperhatikan kebersihan kandang, memberikan pakan yang bergizi Anda juga harus memperhatikannya kesehatannya.

Lakukan vaksinisasi untuk menghindari terkena virus, terlebih lagi jika sudah ada yang terjangkit. Jika hal tersebut terjadi, segera pisahkan agar yang lainnya tidak ikut terjangkit virus. Selain itu pastikan suhu ruangan juga berada dalam angka normal. Hindari terkena dengan matahari secara langsung.

5. Penyebab Kegagalan Cara Merawat Hamster

Tidak semua orang mampu sukses dalam beternak. Meskipun cara beternak hamster mudah, namun jika banyak hal yang diabaikan seperti kebersihan kandang, kesehatannya akan membuat ternak Anda gagal. Selain itu faktor lain yang menjadi penyebab kegagalan merawat ini adalah faktor lingkungan.

Faktor lingkungan juga menjadi penyebab utama kegagalan seseorang dalam merawat hamster. Cara merawat hamster memang mudah, namun jika tidak disertai pengetahuan sama saja bohong. Lingkungan dengan banyak predator akan mengancam keberlangsungan hidup hamster dan juga bisnis Anda.

6. Harga Hamster Berbagai Jenis

Setelah mengetahui bagaimana cara budidaya hamster yang baik dan benar, saatnya Anda mengetahui kisaran harga hamster yang ada di pasaran, berikut daftar harganya :

  • Hamster campbell Rp27.000,-
  • Syiran Hair Aka Anggora Rp25.000,-
  • Roborovski White Face Rp55.000,-
  • Whinter white Golden Rp55.000,-
Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Bulu Kucing Rontok

Hendrasap
3 min read

Kucing Betina Birahi

Hendrasap
3 min read