Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Cara Beternak Jangkrik

2 min read

cara beternak jangkrik

Dalam artikel dibawah ini Nonaternak akan membahas cara beternak jangkrik dengan memberi pakan ternak jangkrik agar cepat besar. Jangkrik atau bisa disebut dengan cengkerik merupakan serangga yang masih satu kerabat dengan belalang.

Memang cara budidaya jangkrik sangat beraneka ragam dan harus banyak memperhatikan pakan ternak jangkrik agar cepat besar. Semakin cepat besar tentu saja semakin cepat untuk melakukan tahap panen dan mendapatkan uang dari hasil cara beternak jangkrik. Perhatikan baik-baik budidaya jangkrik bagi pemula yang ingin memulai untuk berbisnis jangkrik.cara beternak jangkrik

Cara Beternak Jangkrik

Semakin tingginya permintaan jangkrik sebagai pakan burung. Tentu saja sangat berpeluang besar untuk berbinis dan beternak serangga satu ini. Oleh karena itu, akan dikupas habis cara beternak jangkrik supaya tidak gagal ketika merintis dari bawah ternak jangkrik.

1. Pemilihan Bibit Jangkrik Unggulan

Dalam hal budidaya jangkrik bagi pemula penting adanya untuk mengetahui cara pemilihan telur jangkrik unggulan. Telur jangkrik yang baik bisa dilihat berdasarkan warna dan bentuknya. Berwarna putih bersih seperti atau bahkan kuning berbentuk seperti buliran beras pastikan telur gemuk dan berisi.

Saat berusia tua biasanya telur berwarna kecoklatan dan memiliki garis hitam seperti mata di ujung telur tersebut. Untuk menetaskan telur itu sendiri memerlukan waktu yang cukup singkat hanya 8 hari saja. Itulah tahap beternak jangkrik yang pertama.

2. Cara Membuat Kandang Jangkrik

Cara ternak jangkrik yang selanjutnya adalah membuat kandang karena setiap hewan tentu saja memerlukan tempat tinggal. Kayu penyangga atau pondasi kandang bisa dibuat berukuran tinggi 120 cm. Papan triplek sebaiknya mempunyai tinggi 100 cm, panjang 240 cm dan lebar sekitar 120.cm.

Bentuk kandang seperti box, setelah disambung usahakan memberi lem disetiap sudut sambungan antar tripek dan kayu supaya jangkrik tidak bisa kabur. Setelah jadi tambahkan lakban atau plester usahakan yang permukaan licin supaya ketika jangkrik naik akan terpeleset. Sediakan botol berisi oli pada bagian kaki kandang.

3. Makanan Jangkrik yang Bagus Agar Cepat Besar

Pakan ternak jangkrik termasuk sangat mudah untuk didapatkan dan tentu saja dengan harganya yang sangat terjangkau. Pertama, pakan utama yang dapat diberikan berupa por atau dedak untuk makan ayam. Berbagai campuran makanan dan vitamin dalam por sangat baik untuk kesehatan jangkrik itu sendiri.

Perlu diketahui juga cara budidaya jangkrik bahwa pada dasarnya jangkrik tidak terlalu banyak minum air. Hanya sedikit saja jangkrik meminum air, seperti dari pelepah pohon pisang yang mempunyai banyak cadangan air. Jangan terlalu banyak memberi sayur ataupun pelepah pisang agar si jangkrik tidak mati karena kondisi kandang yang lembab.

4. Cara Beternak Jangkrik untuk Pemula

Cara beternak jangkrik yang paling penting terletak pada bagaimana cara memelihara jangkrik tersebut. Hal pertama tentu saja terdapat pada pemberian makan dan minum dengan takaran yang pas. Kestabilan suhu udara, Yang terpenting rajin untuk membersihkan kandang jangkrik.

Cara memelihara jangkrik yang benar tentu harus diketahui agar tidak melakukan banyak kesalahan. Kesalahan dalam cara budidaya jangkrik dapat mengakibatkan kegagalan. Perlu lebih teliti untuk mengecek seluruh keadaan kandang ya kesalahan sepele dapat menjadi kematian jangkrik.

5. Penyebab Kegagalan Cara Beternak Jangkrik

Penyebab gagalnya ternak jangkrik, yaitu tidak menetasnya telur jangkrik karena perubahan suhu. Adanya predator yang memangsa jangkrik jadi jangan lupa untuk membuat tutup dari kandang jangkrik. Serta harga pakan yang lebih tinggi dari harga jual.

Untuk menghindari kegagalan dalam cara ternak jangkrik usahakan untuk selalu mengecek suhu dalam kandang. Jangan sampai budidaya jangkrik bagi pemula langsung mengalami kegagalan.

6. Harga Telur Jangkrik dan Harga Jual Jangkrik

Setelah mengetahui cara beternak jangkrik dengan baik dan benar tentu saja perlu juga mengetahui harga jual jangkrik. Agar bagi anda yang membaca sudah berkeinginan untuk melakukan usaha jangkrik menjadi semakin tertarik dan menggeluti dunia jangkrik.

Jenis JangkrikDalam KondisiHarga/Kg
Jangkrik AlamTelurRp 200.000
Jangkrik GenggongTelurRp 150.000
Semua Jenis20-40 HariRp 25.000 – Rp 80.000
Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Artemia Supreme Plus

Alvin Dwi Reza
2 min read

Cara Budidaya Artemia

Alvin Dwi Reza
3 min read

Daphnia Magna

Alvin Dwi Reza
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *