Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Cara Budidaya Udang

2 min read

cara budidaya udang

Ada dua jenis bibit udang yang sangat sering diunggulkan baik dalam cara budidaya udang maupun hasil yang diperoleh nantinya. Dua jenis bibit udang tersebut adalah udang vaname dan windu. Karenanya pembahasan kali ini Nonaternak akan membahas cara memelihara udang vaname, dan cara budidaya udang windu.

Kedua cara ternak udang berlainan jenis ini tidak terlalu jauh berbeda, serta dipilih karena memang yang paling menguntungkan dan paling mudah. Untuk pembahasan lebih lanjutnya bisa lihat di bawah ini.Cara Budidaya Udang

Cara Budidaya Udang

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya bahwa dalam tutorial cara budidaya udang ini akan fokus pada dua jenis yakni vaname dan windu. Jadi dalam hal cara ternak udang kali ini dimulai dari kandang, pakan, cara memelihara udang fokus terbesarnya adalah dua jenis tersebut. Untuk pembahasan lebih lanjut bisa disimak langsung di bawah ini.

1. Pemilihan Bibit Udang Air Tawar, Udang Windu, Udang Galah dan Udang Vaname

Pemilihan benih yang baik merupakan langkah pertama untuk cara ternak udang. Dalam hal cara ternak udang windu dan vaname bibit haruslah bersifat superior yang bisa dilihat setelah benih berusia 7-15 hari atau sudah menjadi plankton. Setelah bibit udang nya berhasil tumbuh dengan baik menjadi benih barulah ditebar ke kolam yang disediakan.

2. Media dan Kolam Udang yang Baik

Untuk udang vaname sendiri metode pemeliharaannya biasa dilakukan di kolam terpal, seperti budidaya udang vaname di kolam terpal bundar. Kolam terpal bundar ini bisa dibedakan menjadi dua cara yaitu cara budidaya udang vaname di kolam terpal kecil dan besar. Jenis kolam terpal ini dianggap paling mudah, murah, dan menguntungkan.

Bagi udang windu, akan lebih baik jika kolamnya dibuat model tambak dengan besar penampungan benih sekitar 100liter per kolamnya. Untuk kedua kandang ini baik budidaya udang windu, maupun budidaya udang vaname di kolam terpal bundar ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti tekanan air, suhu udara diantara suhu ruang, ph yang tidak boleh terlalu asam, serta kebersihan.

3. Pakan Udang agar Cepat Besar

Setelah mengetahui jenis kandang budidaya udang vaname di kolam terpal bundar sekarang saatnya mengetahui jenis pakan. Untuk makanan udang vaname ini pertama tidak boleh terlalalu berlebihan karena justru bisa menjadi racun. Jenis makanannya sendiri bisa menggunakan campuran tepung ikan, dedek halus, serta vitamin tambahan lalu dicampur rata.

Untuk cara ternak udang windu hampir sama hanya penghalusannya lebih ditingkatkan dan penimbangan bahan bakunya lebih banyak persentasenya. Udang windu ini karena kandangnya berbeda dengan cara budidaya udang vaname di kolam terpal kecil, dan lebih banyak menggunakan tambak dengan dasar yang rata. Sehingga bisa menggunakan anco, atau jala.

4. Cara Budidaya Udang yang Benar

Tidak peduli apakah itu udang windu tambak atau budidaya udang vaname di kolam terpal bundar yang jelas perawatan dan pemeliharaan udang harus dilakukan dengan detail. Pertama adalah kuatnya tekanan arus, dimana kadar oksigen harus tinggi dari tekanan ini. Lalu tidak boleh telat memberikan makanan.

Cara budidaya udang vaname di kolam terpal kecil ataupun cara budidaya udang windu di kolam rata juga memerlukan vaksinasi. Lakukan pengecekan dan pisahkan bangkai udang yang tidak berkembang paling sedikit satu minggu sekali. Cek juga apakah ph dan suhu dalam kolam masih tepat untuk udang bertumbuh.

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Udang

Baik itu udang vaname, windu ataupun jenis udang lainnya pemberian pakan yang salah menjadi 60% penyebab kegagalan ternak udang. Hal ini dikarenakan pemberian pakan yang berlebihan dan tidak habis dimakan akan menjadi endapan. Endapan inilah yang bisa menjadi racun, dan menghilangkan kadar oksigen.

Selain makanan, hama juga menjadi penyebab utama dari kegagalan ternak udang. Hama-hama tersebut bisa menyebabkan penyakit internal, penyakit parasit, dan bahkan kematian. Karenanya vaksin secara rutin selama seminggu sekali sangat diperlukan.

6. Daftar Harga Udang

Untuk udang vaname di pasaran dimulai dari harga Rp130 ribu sampai Rp180 ribu sesuai dengan ukuran. Lain halnya dengan udang windu dari Rp65 ribu sampai Rp150 ribu. Semua itu disesuaikan dengan kondisi pasar dan ukuran udang.

Rey Rian Dwi
Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Daphnia Magna

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Artemia Supreme Plus

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *