Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Daphnia Magna

3 min read

daphnia magna

Sekarang ini pakan ikan hias telah banyak merebak dipasaran ya. Salah satu pakan ikan hias yang sedang populer ialah Daphnia Magna. Ini merupakan kutu air yang bagus untuk kamu jadikan pakan, salah satunya adalah daphnia magna untuk burayak cupang. Kandungan protein serta gizi yang tinggi bisa membantu hasil panen kamu lebih memuaskan.

Kali ini Nonaternak akan memberikan informasi penting seputar kutu air jenis ini ya. Sehingga kamu dapat mengetahui lebih detail dan lengkap mengenai Daphnia magna. Kamu juga bisa mengembangkannya sendiri lho, akan tetapi sekarang ini juga sudah banyak toko perikanan yang menyediakan Daphnia ini.

daphnia magna

Daphnia Magna

Dapgnia magna adalah kutu air yang khas yang berasal dari genus Daphnia. Tubuh kutu air ini ternyata terlindungi oleh karapas tembus cahaya yang terbuat dari kitin, serta polisakarida yang transparan. Kutu air ini memiliki bukaan ventral serta lima pasang yakni tungkai toraks, berfungsi untuk membantu proses penyaringannya. Usus Daphnia berbentuk kait serta memiliki dua ceca pencernaan dan juga kepalanya terdapat dua antena dengan mata majemuk besa. Berikut ulasan lengkapnya!

1. Apa Itu Daphnia Magna

Perlu kamu ketahui bahwa Daphnia magna ialah merupakan kutu air berukuran besar yang bisa kamu gunakan sebagai pakan benih ikan seperti jenis ikan hias. Ukuran tubuh Daphnia yakni panjang dewasa 1,5mm hingga 5,0 mm.

Hidup pada lingkungan air tawar yakni mulai dari rawa asam hingga sungai yang terbuat dari limpasan salju. Serta tersebar luas pada Belahan Bumi Utara dan Afrika Selatan. Daphnia magna berasal dari Negara Amerika utara, yang akhir-akhir banyak orang yang mencoba membudidayakan terutama penghobi cupang hias.

Banyak yang menyebut Daphnia ini sebagai kutu air raksasa. Protein yang terdapat dalam kutu air ini bisa mencapai 66% dan lemak sebesar 6%.  Oleh karena itu sangat cocok bagi benih ikan yang masih dalam proses pertumbuhan.

Cara budidaya Daphnia magna ini sangat mudah untuk kamu kembangkan daripada jenis kutu air yang lain. Jenis kutu ini termasuk dalam keluarga crustacean ya dengan ordo caldocera, dan termasuk dalam jenis udang renik yang menjadi makanan ikan populer pada akuakultur dan akuaria.

2. Fungsi Daphnia Magna

Daphnia Magna bisa kamu gunakan sebagai pakan terbaik untuk ikan kecil seperti guppy maupun cupang hias ya. Kutu air jenis ini memiliki banyak kandungan protein dan vitamin yang cukup tinggi dan bagus. Jika kamu seorang pembudidaya ikan cupang hias maka memberikan Daphnia sebagai pakannya ialah suatu keharusan.

mengingat banyak sekali keunggulan kutu air yang satu ini jika kamu bandingkan dengan jenis pakan alami lainnya. Kandungan nutrisi yang tinggi sangat bagus untuk pakan ikan kecil ya.

3. Kelebihan Dan Kekurangan

Dapnia Magna memiliki kelebihan dan kekurangan ya sebagai pakan kecil untuk ikan cupang milik kamu. Hal seperti ini wajib kamu ketahui agar kamu bisa mendapatkan referensi yang banyak seputar kutu air jenis ini. Berikut kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan

  • Perkembangbiakan Daphnia sangat cepat yakni hanya 5-7 hari kamu bisa panen setiap hari
  • Memiliki kandungan nutrisi serta gizi yang cukup tinggi
  • Tedapat kandungan protein lebih dari 40% sehingga sangat bagus untuk pakan, bahkan bisa mencapai 70% pada kondisi tertentu
  • Mengandung asam amino essensial yang bagus
  • Mempercepat pertumbuhan ikan hias serta mencerahkan warna ikan hias
  • Dapat kamu budidayakan kembali, sehingga kamu hanya perlu membeli bibit atau starter 1 kali saja ya

Kekurangan

  • Perlu kamu ketahui bahwa Daphnia ternyata tidak tahan terkena matahari secara langsung. Sehingga butuh wadah penutup atau tanaman air sebagai media berlindung. Perlu penempatan yang cocok serta butuh pelindung tanaman air.
  • Terkadang Daphnia  suka menghilang dengan sendirinya tanpa ada bangkai sama sekali. Hanya tersisa cangkang namun hal ini jarang terjadi. Sehingga hanya beberapa orang saja yang mengalami.

4. Cara Budidaya Daphnia Magna

Cara budidaya Daphnia ini memang perlu kamu ketahui agar ketika melakukan budidaya kutu air jenis ini bisa lancar dan sukses.

Secara lengkap, aku sudah membahasnya di cara budidaya daphnia Magna.

Berikut beberapa hal yang wajib kamu ketahui ketika melakukan budidaya:

  • Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit merupakan hal yang terpenting yang bisa mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan Daphnia ketika dewasa. Pastikan bibit berasal dari indukan sehat, serta aktif terhadap lingkungan.

Memiliki tubuh normal yang tidak ada cacat. Nah, kamu bisa mendapatkan bibit Daphnia magna ini pada Balai benih Ikan Air Tanah ya.

  • Pilih Tempat Budidaya yang Pas

Kutu air ini tidak bisa terpapar matahari secara langsung. Sehingga kamu wajib memberikan pelindung yakni tanaman hias. Kamu dapat menggunakan berbagai media seperti wadah fiber maupun kolam terpal ya.

  • Pemberian Pakan

Silakan berikan pakan seperti ampas kelapa yang sudah kamu giling kecil ya. Pastikan makanan untuk daphnia magna ini rutin agar kutu air tidak mati kelaparan.

5. Cara Menggunakan Daphnia Magna

Kutu air ini merupakan salah satu makanan favorit anak atau burayak ikan cupang. Serangga air ini ternyata ekuivalen dengan Happy Meal. Bukan hanya karena anak ikan menyukainya saja melainkan juga kandungannya yang bagus. Water flea ini memiliki kandungan lemak yang cukup sedikit.

Sehingga, ketika mengonsumsinya sama sekali tidak memperkuat, apalagi mempercepat proses pertumbuhan burayak. Cara menggunakannya tinggal menyebarkan Daphnia magna ini pada kolam atau akuarium ikan cupang sebagai pakan.

6. Harga Bibit

Harga bibit kutu air atau Daphnia magna ini Nonaternak sajikan sesuai harga umum atau harga pasar ya. Semoga harga ini bisa kamu jadikan referensi ketika memerlukannya!

KategoriHargaSumber
Daphnia 1200 EkorRp. 49.000

 

https://www.tokopedia.com/microlifestock/pakan-cupang-daphnia-magna-1200-ekor-kutu-air-raksasa?whid=0
Daphnia 150-250 EkorRp. 9500https://www.tokopedia.com/tokopan/daphnia-magna-150-250-ekor-kutu-air-raksasa-dm-pakan-ikan-cupang?whid=0
Daphnia /kutu air jumbo, 120 gramRp. 15.000https://www.tokopedia.com/guppymalang/daphnia-magna-kutu-air-jumbo?whid=0

 

Demikian ulasan Nonaternak mengenai Daphnia magna yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga bermanfaat!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *