Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Cara Ternak Ulat Hongkong

1 min read

cara ternak ulat hongkong

Menurut Nonaternak, bisnis ulat hongkong ini hampir tidak ada matinya. Mungkin banyak yang memandang sebelah mata cara ternak ulat hongkong karena bingung apa manfaatnya. Padahal prospek dari ulat ini bisa dibilang sangat cerah, karena merupakan pilihan utama untuk menjadi pakan burung. Jadi tidak heran jika semakin banyak yang ingin ikut mengetahui bagaimana cara budidaya ulat hongkong.

Bila memang anda tertarik untuk mempelajari bagaimana cara beternak ulat hongkong yang baik, maka anda berada di tempat yang tepat. Karena disini akan dibahas cara budidaya ulat hongkong seperti media ternak ulat hongkong, pakan kepik ulat hongkong, sampai daftar harga akan dibahas lengkap. Karenanya jangan sampai melewatkan pembahasan cara ternak ulat hongkong yang menarik satu ini.

Cara Ternak Ulat Hongkong

Seperti yang telah dibahas bahwa disini akan dibahas cara ternak ulat hongkong secara lengkap, maka disini juga akan dibahas media ternak ulat hongkong yang tepat. Selain itu akan dibahas juga bagaimana cara merawat ulat yang memiliki target konsumen yang luas agar hasil ternaknya bisa baik. Tanpa berlama-lama lagi langsung saja simak pembahasan uraian cara budidaya ulat hongkong di bawah ini.

1. Bibit Ulat Hongkong

Cara budidaya ulat hongkong yang pertama tentu harus dengan memilih bibit yang bagus atau indukannya. Dalam hal ini bibit ulat hongkong haruslah berukuran tidak lebih dari 2 kg agar ulat yang dihasilkan ukurannya seragam, dan besar-besar. Selain itu yang bibit yang memiliki ukuran seperti itu juga dinilai sebagai berat yang tepat untuk bisa menghasilkan ulat yang baik dan berkualitas.

2. Media Ulat Hongkong

Setelah mengetahui bibit yang bagus, maka membuat media ternak ulat hongkong yang bagus dan sesuai juga sangat diperlukan. Pastikan untuk membuat media ternak atau kandang dengan suhu ruang sekitar 29° sampai 30°. Tapi bahan dasar membuat kandang ini sangat mudah untuk didapatkan seperti papan triplek kayu, atau kontainer plastik yang pastinya bisa ditemukan dengan mudah.

Selain itu ukurannya juga harus tepat, dengan idealnya panjang 60cm x lebar 40cm x tinggi 10cm dan disetiap tepinya harus dilapisi lakban. Pastikan juga untuk memberi kandang pemisahan seperti kandang khusus untuk pemberian pakan kepik ulat hongkong.

3. Pakan Ulat Hongkong

Memberikan pakan yang baik juga termasuk ke dalam cara beternak ulat hongkong agar cepat besar. Ulat hongkong sendiri memerlukan pakan yang mengandung gizi baik untuk tumbuhnya ulat hongkong. Pakan tersebut dapat berupa campuran bekatul, ampas tahu, selada, dan buah-buahan layaknya apel dan labu.

4. Cara Ternak Ulat Hongkong

Masuk ke pembahasan bagaimana cara menernak ulat hongkong dari mulai kandang, pemberian pakan kepik ulat hongkong, sampai kebersihan kandang. Pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi kandang, serta pemberian makan yang harus rutin. Selain itu pastikan juga untuk memisahkan kepompong dari ulat dewasa. Cara budidaya ulat hongkong yang benar akan menghasilkan ulat hongkong berkualitas.

5. Penyebab Kegagalan Cara Ternak Ulat Hongkong

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kegagalan saat sedang melakukan cara menernak ulat hongkong. Beberapa hal tersebut seperti kandang yang terlalu panas dan sempit sehingga menyebabkan ulat kecil, kepik, dan ulat dewasa mati. Selain itu bisa juga ulat dimakan cicak, atau semut sehingga kondisi kandangnya benar-benar harus dijaga dengan baik.

6. Daftar Harga Ulat Hongkong

Ada banyak harga ulat kepik yang beredar di pasaran seperti paketan yang berisi 300ekor bibit ulat dengan harga Rp100 ribu. Paket tersebut sangat cocok untuk yang baru mau memulai cara ternak ulat hongkong untuk pemula. Untuk ulat yang sudah jadi bisa dijual secara ecer per kilogramnya Rp65 ribu. Selain itu juga ada ulat hongkong kering Rp85 ribu per 200gramnya.

Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Artemia Supreme Plus

Alvin Dwi Reza
2 min read

Cara Budidaya Artemia

Alvin Dwi Reza
3 min read

Daphnia Magna

Alvin Dwi Reza
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *