Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Ayam AKA

3 min read

ayam AKA

Apa sih ayam AKA itu ? Bagi kamu yang belum mengerti tentang AKA adala singkatan dari ayam kampung asli. Ya jika kamu tinggal di perkampungan pasti sangat mudah sekali untuk menemukan ayam jenis ini.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang ayam kampung yang sudah menjadi primadona masyarakat sejak dulu. Pembahasan Ayam AKA ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Ngga usah barlama-lama, Yuk simak artikel ini supaya kamu lebih paham!

doc ayam aka

Ayam AKA

Dulu sampai sekarang peminat ayam kampung memang tidak jauh berbeda. Hal ini karena rasa dagingnya yang enak, gurih, kenyal dan berisi. Selain itu telurnya juga dapat kamu manfaatkan sebagai jamu.

1. Sejarah dan Asal Usul

Awal mula adanya ayam kampung asli berada di Indonesia memang belum banyak sumber yang mengatakan tahun berapa ayam ini ada. Namun lebih tepatnya, sejarah mengatakan bahwa ayam ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Kutai.

Untuk generasi ayam kampung yang pertama dimulai dari keturunan ayam hutan atau masyarakat jawa banyak yang menyebutnya ayam alas. Dan mulai bertambah populasinya ketika kerajaan kutai banyak meminta upeti dari masyarakat berupa ayam kampung ini.

Masyarakat dengan alasan permintaan kerajaan tersebut mulai banyak diternakkan dan populasinya terus bertambah seiring bertambahnya waktu juga. Selain alasan tersebut ayam kampung juga sudah sesuai selera masyarakat. Kebiasaan memelihara ayam aka ini menghasilkan sebah dampak positif yaitu lestari sampai saat ini.

2. Jenis-jenis / Varian

Ada banyak jenis atau varietas ayam kampung asli ini dan hampir wilayah di Indonesia memiliki ciri khas ayam kampung masing-masing. Berikut penjelasan beberapa jenis ayam kampung.

– Ayam Kedu

Jika kamu tinggal di kabupaten magelang dan temanggung pasti tidak asing dengan jenis ayam kedu ini. Jenis ayam kampung kedu masih terbagi menjadi beberapa varian yang dapat kamu bedakan melalui warnanya. Ada ayam kedu hitam, ayam kedu cemani yang penampilannya hitam mulus, ayam kedu putih, dan ayam kedu merah.

– Ayam Nunukan

Ayam nunukan atau masyarakat menyebutnya ayam tawao adalah jenis ayam kampung yang berkembang di Tarakan, KALTIM. Jenis ayam ini memiliki bulu warna merah atau merah kekuningan dengan paruh dan kakinya berwarna kuning atau putih kekuningan.

– Ayam Pelung

Daerah penyebaran dan perkembangan ayam pelung adalah Kabupaten Cianjur dan Sukabumi, jadi tak heran jika kamu banyak menemukan jenia ayam ini disana. Untuk membedakannya, kamu bisa melihatnya pada tubuhnya yang besar dan tegap. Pejantannya memiliki jengger wilah besar, tegak, bergerigi dan berwarna merah.

Ayam Sumatra dan Ayam Belenggek

Seperti namanya, jelas ayam ini sama-sama berasal dari Provinsi Sumatra Barat, tapi berbeda kabupaten. Kamu dapat memedakannya lewat penampilannya yang gagah dan tegap, tapi tubuhnya kecil dengan berat pejantannya bisa mencapai 2 kg dan betina 1,5 kg. berbeda dengan ayam belenggek yang memiliki ciri khas suara berkokok yang merdu dan panjang.

3. Ciri-ciri Fisik Ayam AKA

Apakah kamu masih bingung mengenali Ayam AKA ? Ngga terlalu sulit kok tapi ayam ini beda lho dengan ayam joper atau jawa super. Memang ada beberapa perbedaan yang harus kamu ketahui tentang kedua ayam ini, mulai dari warna dan dagingnya.

  • Badan

Perbedaan ayam joper dan aka yang menonjol terletak pada badannya. Jika kamu melihatnya secara langsung pasti akan cepat menemukan perbedaannya. Ayam joper biasanya memiliki badan yang lebih besar daripada ayam kampung asli.

  • Kaki

Untuk kakinya agak sama antara kedua ayam ini. Kaki ayam kampung biasanya berwarna kuning atau hitam dengan struktur tulang yang kuat dan keras. Biasanya pejantan akan tumbuh jalu pada kakinya untuk perlindungan diri.

  • Bulu

Bulu memang menjadi daya tarik tersendiri untuk ayam kampung asli. Bulunya yang merah dengan perpaduan hitam menjadikan kesan gagah bagi ayam pejantan. Tapi biasanya perbedaan ayam joper dan aka ini terletak pada bulunya, ayam joper akan lebih banyak berwarna putih dengan perpaduan coklat keemasan pada bulunya.

  • Daging

Untuk dagingnya memang lebih banyak ayam joper. Ya itu menjadi salah satu alasan mengapa ayam joper banyak peminatnya. Agar kamu tidak ribet dalam membedakan dagingnya, beli saja ayam kampung yang masih hidup lalu kamu potong sendiri.

4. Keunggulan Ayam AKA

Menurutku banyak keunggulan tentang ayam buras atau bukan ras ini. Ya maklum saja aku tinggal di pedusunan yang notabennya setiap rumah memelihara ayam kampung ini. Menurut pendapatku, ayam kampung asli memiliki daya tahan tubuh yang bagus (tidak gampang sakit ataupun mati).

Selain itu mudah cara memeliharanya, biasanya sih masyarakat pedusunan memeliharanya dengan tehnik umbaran. Hanya pada waktu tertentu diberikan makan selebihnya mereka mencari makanan sendiri, ngga ribet kan ?

5. Cara Beternak Ayam AKA

Cara beternak ayan kampung asli dengan metode umbar memang terlihat mudah dan ngga terlalu banyak mengeluarkan modal. Tapi hal ini pasti akan berdampak pada hasil panen yang sedikit. Biasanya memelihara ayam kampung dengan metode umbar malah banyak yang dimangsa garangan, untuk itu buat saja kandang ayam supaya ayammu aman.

Buat Kandang Ayam

Kandang ayam terbuat dari bambu kering yang kuat. Usahakan memiliki luas yang memadai untuk pertumbuhan DOC ayam sampai panen. Pastikan kandang yang kamu buat terkena sinar matahari dan sediakan tempat bertelur ayam juga.

– Pilih Bibit Unggul  

Bibit ayam kampung sudah banyak beredar di pasaran. Pastikan bibit tersebut memiliki kriteria yang bagus. DOC ayam kampung asli juga tersedia di toko-toko online jika kamu kesulitan mendapatkannya.

– Memberikan Pakan

Di pedesaan ayam kampung diberi pakan berupa jagung, dedak, beras ataupun nasi. Kalau kamu peternak yang bisa mencukupi kebutuhan ayam dengan baik maka perhatikan pemberian pakannya, jangan seperti di pedesaan hehe. Yang jelas kandungan protein kasar sebanyak 12% dan energi sebesar 2500 kkal/kg harus kamu perhatikan

Selain itu sesuaikan dengan umur ayammu. Jika masih DOC berikan pakan yang lembut sehingga mudah dicerna.

– Pencegahan Penyakit

Walaupun ayam AKA memiliki daya tahan yang bagus, taka da salahnya memberikan vaksin untuk ayam. Kebersihan kandang juga harus kamu perhatikan supaya ayam tetap sehat dan nyaman sampai masa panen.

6. Harga

Aku juga akan memberikan referensi harga DOC aka bagi kamu yang berniat memeliharanya. Selain itu aku akan memberikan harga ayam kampung asli ini di pasar online.

NamaHargaSumber
Harga DOC akaRp10.500https://shopee.co.id/DOC-AYAM-KAMPUNG-ASLI-ANAKAN-AKA-MURAH-i.282217143.5557441431
DOC ayam kampung asliRp6.500https://shopee.co.id/DOC-anak-ayam-AKA-(jawa-asli)-i.145542254.7967464119
AYAM KAMPUNG ASLIRp70.000https://shopee.co.id/AYAM-KAMPUNG-ASLI-DI-JAMIN-FRESH-i.38623162.4341656817

Nah itu tadi beberapa hal tentang ayam AKA. Silakan dipertimbangkan untuk memeliharanya. Semoga bermanfaat.

Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Ternak Ayam Poland

Hendrasap
3 min read

Ayam KUB

Hendrasap
2 min read

Ayam Bekisar

Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *