Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Ayam Arab

3 min read

ayam Arab

Siapa yang belum mengerti ayam arab ? Unggas satu ini merupakan hewan ternak yang mudah untuk dibudidayakan dan mulai menjadi daya tarik pembisnis karena produktivitas telurnya yang menjanjikan.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang ayam petelur yang memiliki produktivitas lumayan tinggi. Pembahasan Ayam arab ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Tunggu apa lagi, Yuk simak artikel ini!

cara budidaya ayam arab petelur umbaranAyam Arab

Cara memelihara ayam arab memang belum banyak yang memanfaatkan ayam ini untuk diambil dagingnya. Hal ini karena warna kulitnya yang kehitaman serta tekstur daging yang lebih tipis jika dibandingkan dengan ayam kampung. Eits tunggu dulu, walaupun dagingnya tipis namun proteinnya lebuh tinggi dari pada ayam ras dan kandungan lemaknya cukup rendah.

1. Sejarah dan Asal Usul

Sejarah maupun asal usul unggas ini memang belum ada informasi yang tepat. Namun beredar dua cerita yang menyatakan ayam ini ada keturunan Indonesia dan ada juga yang menyatakan dibawa oleh jama’ah haji.

Informasi yang pertama menceritakan bahwa ayam ini dibawa oleh peternak asal Malang dari Belgia ke Indonesia. Untuk tahunnya juga belum jelas katanya sih sekitar tahun 1989. Kemudian ayam ini dibeli oleh peternak lokal dan mulailah pembudidayaannya di Temanggung.

Menuriut suatu sumber, ayam arab adalah keturunan dari ayam brakel kriel-silver yang berasal dari Belgia. Cukup meyakinkan sih bahwa ayam ini memang dari Belgia. Namun selepas hal itu ada juga yang mengatakan unggas ini telurnya dibawa oleh masyarakat Indonesia yang pulang dari ibadah haji.

2. Jenis-jenis atau Varian

Menurut salah satu sumber unggas arab ini ada di negara kita terdiri dari 2 jenis yang dapat kamu bedakan pada warnanya yaitu silver dan merah (Golden Red). Meskipun ada dua jenis tapi yang terkenal di masyarakat adalah ayam yang berwarna silver. Dugaan pun muncul mengenai unggas arab silver ini yang menyatakan hasil persilangan antara unggas Arab asli (Silver Braekels) dengan unggas betina lokal petelur.

Unggas arab silver ini merupakan ternak lokal yang memiliki produktivitas tinggi, makannya jadi daya tarik para peternak. Awalnya sih dikembangkan di Batu, Malang, Jawa timur. Sedikit karakteristik ayam ini yang akan aku jelaskan adalah memiliki warna bulu seragam dengan warna dasar hitam dihiasi warna putih di daerah kepala sampai sayap, dan berwarna putih pada paruh dan juga kakinya.

Keberadaan unggas arab merah memiliki 2 versi. Untuk versi pertama merupakan hasil persilangan ayam jantan arab dengan ayam betina ras petelur. Versi yang kedua mengatakan bahwa unggas arab merah ini adalah hasil persilangan ternak jantan arab dengan ternak betina merawang.

Unggas arab golden red atau merah juga memiliki karakteristik tersendiri. Yang utama sih tumbuh bulu yang berwarna merah lurik kehitaman dan keemasan, bulu leher berwarna kuning kemerahan. Kaki dan paruhnya berwarna hitam.

3. Ciri-ciri Fisik Ayam Arab

Apakah kamu tertarik dengan ayam arab ini ? jika kamu tertarik aku akan memberikan penjelasan tentang ciri-ciri telurnya dan ciri-ciri umum ayam ini. Ya supaya kamu lebih paham sih, jadi ngga salah pilih atau bingung saja jika ingin memeliharanya.

Telur unggas arab berbentuk bulat dengan warna kerabang atau kulit telur berwarna putih hinngga coklat. Kuning telurnya besar hingga mencapai berat 53,2% dari total berat telur.

Kalau ciri-ciri umumnya sih seperti yang beberapa aku sapaikan diatas. Tapi untuk lebih lengkapnya aku akan menambahkan cirinya tersebut.

Kepala pejantan tumbuh jengger tipis bergerigi berwarna merah muda. Tinggi tubuh ayam dewasa bisa mencapai 35 cm dengan bobot 1,5-2 kg.

Sedangkan unggas arab betina hanya mencapai tinggi 25 cm dan berat sekitar 1-1,5 kg. Pejantan yang sudah dewasa akan memiliki suara berkokok yang nyaring. Betina juga memiliki sifat tidak mengeram jadi para peternak kebanyakan hanya melakukan cara budidaya ayam arab petelur.

4. Keunggulan Ayam Arab

Jika kamu bandingkan dengan ayam buras dan ayam ras petelur, kamu akan menemukan kesamaan diantara keduanya. Sifat unggul yang ada pada ayam ini adalah tahan penyakit, konsumsi pakan yang rendah, mampu mengkonsumsi pakan rumahan sehingga cara memelihara ayam arab ini akan lebih mudah. Di tambah lagi tidak punya sifat mengeram jadi ayam ini bisa bertelur sepanjang tahun.

Ada banyak keunggulan dari ayam lokal ini. Berat telurnya bisa mencapai 35-42,5 gram dengan produksi telur yang cukup tinggi yaitu sebesar 230-250 butir perekor dalam 1 tahun. Sangat berbeda dengan ayam kampung yang hanya bertelur sebanyak 140-150 butir.

5. Cara Beternak Ayam Arab

Keunggulan ayam ini memang mengoda bagi para peternak. Tapi jika kamu ingin melakukan cara budidaya ayam arab petelur tentunya harus disertai pemeliharaan dan perawatan yang baik.

– Masa Produktif

Jika kamu memulai usaha beternak unggas arab petelur, yang harus diperhatikan saat awal mwmwlihara adalah masa produktifnya. Periode pertama akan berlangsung pada saat 5-8 bulan masa bertelur. Kemudian akan beristirahat selama 15 hari dan akan bertelur lagi.

– Pakan Ayam Arab

Ayam petelur membutuhkan pakan yang memiliki nutrisi tinggi. Berikan pakan yang mengandung protein sebanyak 16-18% dan berikan sebanyak 80-90 gram per ekor dalam 1 hari. Untuk mengatahui apakah sudah terpenuhi nutrisinya, kamu bisa mengeceknya degan mengecek ketebalan dan kekuatan cangkang telur.

– Kandang Ayam Petelur

Perhatikan arah yang baik jika ingin membuat kandang ayam, kandang yang bagus menghadap ke timur atau barat. Hal ini untuk memudahkan sinar matahari masuk ke kandang supaya tidak lembab.

Ada banyak tipe kandang yang lumayan cocok untuk kamu gunakan. Tipe kandang itu adalah kandang boks, kandang postal liter, Kandang terbuka, dan kandang batreai. Menurutku kandang terbuka lebih cocok untuk ayam jenis arab ini karena dapat dijadikan ternak ayam arab umbaran.

Tipe kandang terbuka atau ren biasanya dilengkapi dengan tempat umbaran. Jadi tipe kandang ini sangat tepat jika kamu memiliki lahan yang cukup untuk ternak ayam arab umbaran. Ayam pun akan senang karena tempatnya luas untuk bermain, makan dan minum.

Kandang ren juga dilengkapi kandang yang tertutup. Tapi tipe kandang ini hanya digunakan untuk pembuahan. Sedangkan kandang untuk bertelur banyak yang menggunakan kandang baterai.

– Pengendalian Penyakit

Seperti halnya ayam petelur yang lain, unggas ini juga bisa terkena penyakit. Maka lakukan vaksin ND ataupun vaksinasi jika terkena penyakit atau untuk pencegahan. Jaga kebersihan kandang supaya ayammu tidak terserang penyakit.

6. Harga

Dalam sub judul ini aku akan memerikan gambaran tentang harga DOC, telur sampai harga ayam arab ini. Berikut referensi harganya.

NamaHargaSumber
DOC Ayam ArabRp7.000https://shopee.co.id/DOC-ayam-Arab-i.88398310.6751919840
Telur Ayam Arab 1pack (10 butir)Rp34.000https://shopee.co.id/Telur-Ayam-Arab-1pack-(10-butir)-i.290288302.6646500661
Ayam Kampung ArabRp221.000https://shopee.co.id/Ready-Ayam-Kampung-Arab.-Jago-Hidup-Promo-i.356523578.3674666996
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Ternak Ayam Poland

Hendrasap
3 min read

Ayam KUB

Hendrasap
2 min read

Ayam Bekisar

Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *