Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Cara Ternak Bebek Peking

2 min read

cara ternak bebek peking

Salah satu ternak yang paling banyak peminatnya di Indonesia adalah bebek peking. Hal ini dikarenakan banyak orang yang menganggap bahwa cara ternak bebek peking atau cara budidaya bebek peking mudah untuk dilakukan. Selain itu cara memelihara bebek peking juga dianggap ramah untuk pemula, menurut Nonaternak.

Di Indonesia sendiri budidaya itik peking sangat banyak target konsumen dan peminatnya. Karena untuk yang hendak mencari usaha sampingan apa yang cocok, tidak ada salahnya memilih usaha yang satu ini. Untuk yang penasaran pembahasan lengkap terkait cara beternak bebek peking bisa lihat langsung di bawah ini. Ikuti setiap detail cara ternak bebek Peking ini ya.Cara Ternak Bebek Peking

Cara Ternak Bebek Peking

Dalam pembahasan kali ini akan dibahas secara padat bagaimana cara ternak bebek peking yang dimulai dari cara memelihara bebek peking nya. Selain itu hal apa saja yang berkaitan dengan budidaya itik peking juga akan dibahas di bawah ini. Jadi mari langsung simak pembahasan terkait bagaimana cara beternak peking yang baik dan mudah untuk dilakukan.

1. Memilih Bibit Bebek Peking

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam budidaya itik peking atau bebek peking adalah memilih bibit yang baik. Ini dilakukan agar cara merawat bebek peking kesananya menjadi lebih mudah. Untuk bibitnya sendiri, bisa didapatkan langsung dari hasil tetasan induk yang berkualitas bisa juga dengan DOD (Day old duck). Ciri DOD yang baik bisa dilihat dari kondisi fisik yang sempurna, mata sehat, dan bulunya berwarna kuning mengkilat.

2. Contoh Kandang Bebek Peking

Pada dasarnya cara beternak bebek peking yang baik adalah memahami bahwa bebek peking sangat menyukai tempat yang kering. Jadinya pastikan kandang yang dibuat benar-benar kering dan dibuat dengan luas agar bebek bisa leluasa bergerak. Selain itu buatlah kandang kering postal atau tanpa kolam agar energi bebek lebih banyak keluar dan terbentuk ke dagingnya.

3. Pakan Bebek Peking Berkualitas Harga Murah

Memberi makan yang baik juga menjadi bagian dari cara budidaya bebek peking agar bebek cepat besar dan tentunya memiliki daging yang banyak. Pakan yang diberikan harus dipastikan mengandung voer (bahan konsentrat) khusus untuk pedaging atau peking. Campuran tepung ikan 2% juga diperlukan dengan beberapa bahan lainnya. Bahan tersebut nasi aking, bekatul, ampas tahu, dan tepung bekicot.

Ransum yang disusun biasanya masih defisiensi vitamin dan mineral esensial, sehingga perlu ditambah vitamin bebek.

4. Cara Ternak Bebek Peking

Cara merawat bebek peking sangat sederhana seperti memastikan pakan diberi secara rutin, kandang dicek kebersihannya setiap hari. Selain itu masukkan juga pemberian vaksinasi secara rutin dalam cara beternak bebek peking agar terhindar dari penyakit. Pastikan juga udara di sekitar selalu kering namun tidak panas, dan terhindar dari predator yang bisa memangsa para bebek.

5. Menjadi Penyebab Kegagalan Cara Ternak Bebek Peking

Banyak hal yang bisa menyebabkan kegagalan dalam cara ternak bebek peking, beberapa hal tersebut seperti penyakit, bakteri, predator, dan sebagainya. Untuk penyakit sendiri bisa disebabkan karena kondisi kandang yang kotor karena jarang dibersihkan. Cara budidaya bebek peking yang kurang baik bisa menyebabkan penyakit menjangkiti bebek dan menyebabkan bebek gagal tumbuh bahkan menyebabkan kematian.

6. Daftar Harga Bibit Bebek Peking dan Jual Bebek Peking

Setelah mengetahui cara merawat bebek peking dimulai dari pemilihan bibit, hal yang menjadi penyebab gagal, kandang, dan pakan yang baik. Sekarang saatnya mengetahui berapa harga bebek peking yang ada di pasaran. Untuk bibitnya sendiri yang bersifat DOD bisa dimulai dari Rp7 ribu perekornya sampai Rp20 ribu per-ekornya untuk bebek yang bersifat unggulan.

Mengetahui harga jual ini bisa membantu peternak agar saat melakukan cara ternak bebek peking bisa untung dan tidak merugi. Untuk harga jualnya sendiri per ekornya mencapai Rp40 ribu sampai Rp50 ribu. Harga tersebut masih bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi pasar.

Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Ternak Ayam Poland

Hendrasap
3 min read

Ayam KUB

Hendrasap
2 min read

Ayam Bekisar

Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *