Cara Ternak Puyuh Pedaging

3 min read

cara ternak puyuh pedaging

Ternak Puyuh Pedaging memiliki konsep yang jauh berbeda dengan Ternak Puyuh Petelur. Jika disandingkan dengan ternak ayam pedaging pun, cara ternak puyuh pedaging juga masih memiliki perbedaan konsep yang cukup mendasar. Kali ini Nonaternak akan membahas hal-hal dasar yang sangat penting sebagai panduan cara ternak puyuh pedaging.

Di era yang semakin modern ini sudah banyak bisnis yang berkembang di Indonesia, salah satunya yaitu ternak puyuh pedaging yang sangat mudah dan laba yang dihasilkan juga tak kalah dengan bisnis yang lain. Sekarang ini para investor sudah mulai mengembangkan bisnis tersebut dengan berbagai cara dan metode yang berbeda-beda. Di artikel kali ini akan di kupas tuntas mengenai cara ternak puyuh pedaging dengan detail dan mudah untuk anda terapkan dalam melakukan ternak tersebut. Penasaran ya? Yuk simak artikel berikut.jual daging puyuh pedaging

Cara Ternak Puyuh Pedaging

Puyuh termasuk golongan dari keluarga burung, akan tetapi puyuh ini tidak bisa terbang seperti burung lainnya, oleh karena itu banyak pebisnis yang memanfaatkan puyuh ini sebagai salah satu bahan utama dalam usahanya. Perlu anda ketahui daging puyuh memiliki tekstur yang sangat lezat dan gurih. Berikut ulasan mengenai budidaya puyuh pedanging.

1. Bibit Puyuh Pedaging

Puyuh pedaging biasanya adalah puyuh jantan sebagai sisa dari penetasan puyuh petelur. Breeder puyuh biasanya sudah melakukan sexing sejak hari pertama menetas, sehingga yang jantan bisa langsung digunakan sebagai bibit puyuh pedaging.

Agar anda mendapatkan bibit puyuh pedaging yang unggul ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih bibit puyuh tersebut. Belilah bibit puyuh pedaging dari peternak yang sudah berpengalaman, hal tersebut memungkinkan anda untuk mendapatkan kualitas yang terbaik, mengingat penjual tersebut sudah memiliki track record yang baik dalam menghasilkan bibit.

Jangan pernah membeli bibit burung puyuh di pasar burung karena kualitasnya belum terjamin, akan lebih baik jika anda mengambil dari sumber yang berkualitas agar dihasilkan telur yang berkualitas pula.

Bibit puyuh pedaging biasanya dipelihara sejak DOQ atau anak puyuh umur satu hari. Jangan pernah memilih bibit yang terlalu tua  karena hal tersebut akan berpengaruh pertumbuhan puyuh. Jadi, umur bibit burung puyuh juga berpengaruh besar terhadap cara ternak puyuh pedaging agar mendapat hasil yang tentunya maksimal.

Ciri fisik bibit puyuh yang unggul yaitu:

  1. Aktif bergerak dan lincah.
  2. Bentuk tubuh yang sempurna.
  3. Warna bulunya cerah dan tidak kusam.

2. Kandang Puyuh Pedaging

Pilih kandang litter atau baterai? Kalau untuk kandang puyuh pedaging, lebih umum digunakan kandang litter. Namun bisa juga digabungkan, yaitu kandang litter yang dibuat bertingkat untuk efisiensi tempat.

Salah satu cara ternak puyuh pedaging selain pemilihan bibit yang unggul yaitu pembuatan kandang. Kandang merupakan sarana utama dalam beternak. Desain kandang yang salah akan mempengaruhi pertumbuhan serta hasil produksi yang kurang maksimal. Model yang biasa digunakan juga beragam, mulai yang sederhana hingga modern. Salah satu cara pembuatan kandang yaitu dengan Litter.

Bagaimana itu model kandang Litter? Kandang jenis ini cara pembuatannya lebih mudah dengan biaya yang tergolong murah. Anda cukup menyiapkan lokasi atau tempat kemudian dipasang dinding keliling.

Buat sekat-sekat dengan ukuran panjang 60 cm, lebar 90 dan tinggi 100 cm. Gunakan kayu, bambu atau kawat sebagai penyekat. Perhatikan juga jarak antar kayu atau bambu agar puyuh ini tidak dapat keluar.

Untuk lantainya gunakan sekam padi yang terlebih dahulu sudah disebari kapur setebal 3-5 cm. baru taruh sekam padi di atasnya.

Selain model kandang Litter, anda juga dapat menggunakan model kandang baterai. Kelebihan kandang ini ialah tidak membutuhkan tempat yang luas, bisa dibuat tingkat-tingkat serta dapat berpindah-pindah. Bahan yang diperlukan ialah kawat ram, triplek atau karpet, paku, alat palu atau gergaji.untuk bagian dindingnya bisa menggunakan kayu reng, bilahan bambu atau kawat ram. Jika kandang sudah jadi bisa disusun bertingkat maksimal 4 tingkat, dapat menampung sekitar 30-40 ekor burung puyuh setiap tingkat.

3. Pakan Puyuh Pedaging

Membuat pakan puyuh bisa anda lakukan dengan dua cara yaitu cara dengan menggunakan pakan pabrikan atau pakan buatan sendiri. Jika anda ingin menghemat biaya pakan maka disarankan untuk belajar membuat pakan sendiri dirumah.

Cara membuat pakan sendiri atau pakan puyuh alternatif yakni campurkan konsentrat tinggi protein dengan bahan pakan menjadi sumber energi bagi puyuh yaitu pollard, dedak dan jagung. konsentrat protein adalah gabungan dari pakan sumber protein yang telah diformulasikan sedemikan rupa. Konsentrat protein mempunyai kandungan protein antara 35-45%. Cara mencampurnya dengan perbandingan 1:4, yaitu 1 kg konsentrat protein dicampur dengan 4 kg jagung, pollard atau dedak.

4. Cara Ternak Puyuh Pedaging

Budidaya puyuh pedaging tergolong gampang-gampang susah. Ada beberapa cara yang harus diperhatikan dalam proses pemeliharaan. Tempatkan burung puyuh ditempat yang tenang dan jauh dari kebisingan, pasar maupun bengkel. Sediakan kebutuhan air untuk minum dan membersihkan kandang.

Sesuaikan juga dengan ukuran kandang yang cocok atau sesuai dengan burung puyuh. Selalu jaga kondisi kandang dan burung puyuh agar tetap sehat. Untuk perawatan ini anda harus jeli membedakan jantan dan betina serta selalu beri asupan makanan yang memadai dengan porsi yang sesuai.

5. Penyebab Kegagalan Cara Ternak Puyuh Pedaging

Ada banyak hal yang mempengaruhi kegagalan dalam membudidayakan burung puyuh ini.  Anda harus mengetahui faktor kegagalan apa saja dalam budidaya burung puyuh ini sehingga kamu dapat meminimalisirnya. Penyebab kegagalan tersebut antara lain:

  • Masalah dengan tetangga

Masalah pertama yang paling sering terjadi ialah masalah dengan tetangga. Perlu dipertimbangkan matang-matang sebelum memutuskan untuk membuat kandang puyuh.

  • Manajemen keuangan kurang baik

Manajemen usaha budidaya burung puyuh bergantung pada kondisi keuangan, hal tersebut dapat menunjang asupan gizi dan sebagainya untuk kondisi puyuh yang lebih baik lagi

  • Tidak melakukan perawatan rutin

Beternak harus rajin-rajin melakukan perawatan baik pada kandang maupun makhluk hidupnya. Tujuannya agar keduanya tetap dalam kondisi sehat.

6. Daftar Harga Bibit Puyuh Pedaging dan Harga Jual

KategoriHarga
Harga Bibit Puyuh PedagingRp 2.500-3.000 (per ekor)
Harga Jual Puyuh PedagingRp. 15.000 (per ekor)

Harga tersebut bisa berubah-ubah sesuai waktu dan kondisi lingkungan. Demikian artikel tentang ulasan cara ternak burung puyuh ini. Semoga bermanfaat!

Diana Eka Mei Novitasari

Vaksin ND

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Vitachick

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Neobro

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *