Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Merawat kucing Maine Coon

3 min read

cara merawat kucing maine coon

Kucing maine coon ialah jenis kucing ras yang paling tertua dengan kategori harga yang tergolong mahal. Meskipun begitu para pecinta kucing sangat antusias dengan memilih jenis kucing ini sebagai hewan peliharaan. Cara merawat kucing maine coon ini tentunya sangat berbeda dengan perawatan kucing jenis lainnya.

Jika kamu sekarang sedang memelihara, atau berencana akan membeli jenis kucing ini maka Nonaternak akan memberikan referensi dalam hal perawatan nya. Cara merawat kucing maine coon ini butuh perhatian dan ketelatenan yang ekstra. Kucing jenis ini memiliki bulu yang panjang dan bukanlah jenis kucing yang berasal dari Negara tropis

cara memelihara kucing maine coon

Cara Merawat Kucing Maine Coon

Kucing maine coon atau biasa disebut kucing bulu panjang Amerika, merupakan ras tertua yang ada di Amerika Serikat. Ras ini sangat dipercayai nenek moyang sebagai ras anggora serta kucing hutan Norwegia. Cara memelihara kucing maine coon butuh memang butuh perhatian yang besar mengingat kucing jenis ini memiliki bulu yang panjang dan sensitif. Berikut ulasan mengenai bagaimana merawat kucing maine coon:

1. Pemilihan Bibit

Jika kamu ingin membudidayakan kucing ini maka sebelum kamu memulainya kamu harus paham betul ciri-ciri bibit atau indukan kucing yang bagus. Berikut ciri-ciri indukan yang berkualitas:

  • Cermati kondisi kucing. Jika kucing tidak ada cacat fisik, berdiri tegak, bulu bersih maka dijamin kucing tersebut bermutu
  • Kepala melingkar, bahu dan pinggul besarnya sama, ototnya keras dan berkembang baik
  • Mata terbuka lebar, bulat, berwarna cerah, dan penglihatan tajam
  • Telinga yang bersih, ujungnya bulat, dan pangkal telinga tidak terlalu membuka

2. Kandang Kucing

Salah satu hal terpenting dalam mempersiapkan tempat budidaya kucing maine coon ialah dengan membuatkan kandang yang nyaman. Pembuatan kandang haruslah kamu sesuaikan dengan jumlah dan berat badan kucing. Jika salah satu maine coon memiliki berat 4 Kg maka minimal ukuran kandang yakni Panjang 90 cm, Lebar 63 cm,  dan Tinggi 65 cm. Namun jika dihuni 2 kucing maka Panjang 120 cm, Lebar 94,9 cm, dan Tinggi 65 cm.

Bahan terbaik pembuatan tempat budidaya kucing ialah aluminum. Jangan lupa selalu membersihkan kandang setiap harinya. Hal ini bertujuan agar kucing tidak terinfeksi bakteri atau beragam mikroorganisme, termasuk jamur yang akan mengganggu kesehatan bulu. Cara membersihkan kandang kucing jenis ini ialah dengan cara menyemprotkan nya dengan air yang mengalir ya.

Jika sudah kamu semprot maka usahakan untuk dijemur agar tidak meningkatkan risiko kucing maine coon terkena jamur. Namun jika kamu memilih ruangan sebagai kandang kucing maine coon, maka kamu   bisa membersihkan bagian lantainya. Semprotkan cairan desinfektan. Pastikan juga kandang atau lantai tidak dalam kondisi lembab.

Tidak hanya kandang, kamu juga harus memperhatikan kebersihan bak pasir kotoran si kucing. Gunakan serok untuk mengambil kotoran atau bekas pipis. Kamu juga bisa menjemur pasir yang terkena pipis hingga kering jika ingin menghemat pengeluaran.

3. Pakan Kucing Maine Coon

Cara membuat kucing maine coon cepat besar ialah dengan cara pemberian pakan yang mengandung gizi tinggi. Jangan asal memberikan pakan untuk kucing maine coon ini ya. Kucing ini merupakan kucing ras yang memiliki ukuran tubuh besar sehingga dijuluki sebagai kucing raksasa. Mengingat postur tubuh yang tinggi nah diperlukan nutrisi yang lebih untuk perkembangan si kucing.

Kucing ini membutuhkan makanan yang banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin serta mineral. Kamu bisa memberikan pakan khusus kucing yang bisa kamu beli di petshop, selain itu juga kamu bisa memberikan daging yang sudah dimasak terlebih dahulu dan diberi garam.

Kucing anakan dengan kucing dewasa tentu dalam hal pemberian porsi juga berbeda ya.  Untuk anakan kucing lebih membutuhkan protein yang tinggi daripada kucing dewasa. Selain makanan, nah minuman untuk kucing harus kamu perhatikan betul. Usahakan jangan menggunakan air kran langsung guna mencegah mikroba yang masuk ke tubuh kucing.

4. Cara Merawat Kucing Maine Coon

  • Mandikan Kucing

Mengingat kucing maine coon memiliki bulu yang panjang, maka kamu harus membersihkan tubuh atau bulu kucing dengan rutin. Silahkan mandikan 2 hari sekali guna menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh kucing. Cara merawat kucing maine coon dengan cara memandikannya ini termasuk hal yang sulit karena kucing jenis ini tidak menyukai air.

Sehingga kamu perlu berhati-hati ketika memandikannya jangan sampai tergigit. Dengan memandikannya maka membuat bulu kucing akan terlihat nampak segar, bersih serta berkilau. Gunakan air hangat dan jangan terlalu panas agar rambut atau bulu kucing tidak rontok.

  • Rawat Bulu Agar Tetap Sehat

Cara melebatkan bulu kucing maine coon dan merawat bulunya memang butuh perhatian khusus. Kucing ini memiliki bulu yang panjang sehingga yang terpenting hindarkan kucing dari sesuatu yang dapat memicu jamur. Jika kucing terkena jamur maka sangat berisiko terhadap kesehatan bulu kucing hingga mengakibatkan rontok. Tak khayal banyak beberapa jamur yang menular pada kucing lainnya.

Pastikan bulu dalam keadaan yang lembab selain itu pula kucing harus dalam keadaan yang tetap kering. Agar bulu tidak kusut, kamu bisa menyisirnya perlahan agar lebih rapi. Memberikan vitamin pada kucing agar bulu tetap sehat da tebal juga sangat penting ya. Kamu bisa berikan atau masukkan vitamin pada minumannya. Dengan tambahan vitamin pada bulunya mengakibatkan bulu kucing maine coon lebih tampak indah dan tidak kusam

  • Selalu Cek Kesehatan Kucing

Ini merupakan hal yang terpenting yakni selalu upayakan mengecek kesehatan kucing ke yang lebih ahli. Kucing ini memiliki harga yang mahal, sehingga sangat disayangkan jika perawatan yang kamu berikan juga ala kadarnya. Oleh karena itu meskipun kucing tidak menampakkan tanda-tanda sakit namun cek kesehatan juga penting.

Kamu bisa memeriksakan ke dokter hewan disekitar tempat tinggal kamu. Pastikan pemberian vaksin yang lengkap pada kucing agar daya tahan tubuh lebih kebal. Penting juga untuk kamu berikan obat cacing kepada kucing maine coon. Nah obat ini bisa kamu temukan dan beli di petshop atau toko keperluan kucing. Jika kucing kamu ada tanda-tanda akan sakit maka segera periksakan kesehatannya kepada yang lebih ahli ya.

5. Penyebab Kegagalan Cara Merawat Kucing Maine Coon

Sebelum kamu memilih untuk melakukan budidaya pada kucing yang satu ini maka alangkah lebih baiknya kamu mengetahui apa saja faktor penyebab kegagalan cara merawat kucing maine coon. Berikut penyebab kegagalan:

  • Tidak pernah memeriksakan kesehatan kucing dan tidak pernah divaksin sehingga tidak punya kekebalan tubuh
  • Proses perawatan yang kurang perhatian atau tidak ada waktu untuk merawat kucing
  • Pemilihan jenis pakan yang salah bahkan berakibat pada kerontokan bulu kucing
  • Memanfaatkan satu tempat untuk banyak kucing
  • Mencabut kuku kucing
  • Mengabaikan dengkuran kucing ketika malam hari

6. Harga Bibit dan Harga Jual Kucing Maine Coon

Ada banyak yang jual kucing Maine Coon di marketplace. Berikut ini beberapa yang Nonatani kumpulkan.

KategoriHargaSumber
Kucing Persia maine coonRp. 800.000https://shopee.co.id/Kucing-Persia-Mainecoon-Free-Ongkirs-Keranjang-i.21360989.3624698773
Kucing besar maine coonRp. 20.000.000https://shopee.co.id/Kucing-besar-Mainecoon-i.146205215.6240139401
Kucing kitten maine coonRp. 1.400.000https://shopee.co.id/KUCING-KITTEN-MAINECOON-i.64858760.5646298002
Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Obat Kucing Flu

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Mainan Kucing

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *