Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Merawat Kucing Bengal

3 min read

cara merawat kucing bengal

Sekarang ini kucing menjadi salah satu pilihan hewan peliharaan yang eksis, sehingga banyak yang memilih merawat kucing. Ada banyak jenis kucing termasuk dengan cara merawat yang direkomendasikan. Nah cara merawat kucing Bengal tentunya berbeda dengan merawat kucing anggora atau yang lainnya.

Kali ini Nonaternak akan memberikan referensi mengenai hal tersebut. Cara merawat kucing Bengal yang akan diulas termasuk cara-cara yang masih tergolong mudah dan tentunya pasti bisa kamu terapkan ya.

cara merawat kucing bengal kecil anakan bayi

Cara Merawat Kucing Bengal

Ternyata merawat kucing itu tidak main-main ya. Butuh ketelatenan serta perawatan yang ekstra mengingat bulu kucing yang sangat sensitif untuk rontok. Kamu juga harus rutin memberikan pakan yang sehat serta kandang yang dapat membuat kucing Bengal nyaman. Perlu kamu ketahui bahwa nenek moyang kucing Bengal ialah kucing hutan sehingga kucing ini memiliki sifat dasar yang cenderung liar.  Cara merawat kucing Bengal tentu sangat berbeda dengan jenis kucing biasa. Yuk disimak!

1. Anakan Kucing

Cara memelihara kucing Bengal yang paling utama ialah ditentukan dari proses pemilihan bibit. Jika dalam pemilihan bibit Bengal kamu masih ragu maka hal tersebut akan berdampak pada proses tumbuh dan kembangnya kucing Bengal ketika dewasa. Sebelum memeliharanya kamu dituntut untuk bisa membedakan mana sih bibit kucing Bengal yang baik dan yang kurang baik.

Berikut ulasan ciri-ciri bibit kucing Bengal yang bagus dan berkualitas, antara lain:

  • Pilihlah kucing Bengal dari induk kan yang sehat
  • Tidak terdapat cacat fisik
  • Bola mata yang berbinar-binar atau jernih
  • Bulu ketika dipegang tidak banyak yang rontok
  • Tidak muncul cairan berbau atau kotoran pada telinga
  • Pilihlah bibit Bengal yang kepalanya bulat, rahang lebar, mata lebar, telinga pendek serta badan memanjang.
  • Sifatnya agresif terhadap lingkungan

2. Kandang Kucing

Kandang kucing Bengal haruslah mampu memberikan rasa nyaman agar si kucing betah. Usahakan kandang jangan terlalu sempit ya. Kandang kucing bertindak sebagai tempat budidaya guna beristirahat si kucing. Kamu bisa membuat kandang dari bahan kayu, aluminium atau besi ya. Masing-masing ada kekurangan serta kelebihan masing-masing.

  • Kandang Kucing Bengal dari Kayu

Bahan ini bisa kamu peroleh dengan harga terjangkau. Kamu bisa memanfaatkan kayu bekas yang tidak terpakai di sekitar rumah. Kekurangan dari kandang kayu ini waktu pemakaiannya lebih singkat ya selain itu gampang ber jamur.

  • Kandang Kucing Bengal dari Besi

Material atau bahan ini sangat umum dipakai. Sifat kandang ini memiliki kekuatan yang lebih di banding kandang kayu, mampu tahan lama dan kokoh.

  • Kandang kucing Bengal dari Aluminium

Aluminium termasuk bahan yang unggul untuk membuat kandang sebab tidak mudah berkarat sayangnya harga aluminium ini tergolong tinggi ya.

3. Pakan Kucing Bengal

Untuk masalah pakan, silahkan beri kucing Bengal pakan yang berkualitas tinggi. Jenis makanan kucing Bengal dibagi menjadi dua, yakni makanan basah seperti makanan kalengan dan kantong atau makanan kering seperti pelet. Silahkan ikuti petunjuk pemberian pakan yang tertera pada bagian belakang kemasan guna mengetahui jumlah awal asupan yang dimiliki.

4. Cara Merawat Kucing Bengal

Ada beberapa trik atau tips bagaimana sih cara menjinakkan kucing Bengal ini. Pastinya dalam proses perawatan nya kamu harus memberikan kasih sayang serta perhatian yang bagus buat si kucing ya. Sama seperti halnya kucing lain, maka dalam proses perawatan nya untuk masalah pakan beri asupan yang baik dan teratur tentunya dengan kualitas tinggi.

Berikut cara merawat kucing Bengal yang harus kamu perhatikan, antara lain:

  • Perhatikan masalah makanan

Usahakan kucing tidak mengalami kelebihan berat badan ya. Pastikan setiap hari kamu bisa meraba tulang rusuknya serta memperhatikan bagian lingkar pinggangnya ya. Jika kamu merasa agak kesulitan meraba tulang rusuk maka bisa dipastikan kucing tersebut gemuk atau kelebihan berat badan.

  • Sediakan minuman pada kandang

Selain makan kucing juga butuh minum ya. Jangan sampai kamu hanya fokus memberikan makan namun lupa asupan nutrisi yang baik. Tuangkan minum pada mangkuk. Kucing Bengal ini memiliki ketertarikan yang tinggi masalah air ya.

  • Beri tempat buang air

Tempat pembuangan air sangatlah penting maka dari itu silahkan beri atap serta penutup kandang ya.

5. Penyebab Kegagalan Cara Merawat Kucing Bengal

Ada banyak penyebab kegagalan ketika berusaha melakukan budidaya atau suatu ternak. Nah supaya kamu bisa meminimalisir hal tersebut maka inilah beberapa faktor penyebab kegagalan merawat kucing Bengal yang perlu kamu ketahui:

  • Kucing tidak memiliki nafsu makan karena terserang penyakit. Bisa saja terkena infeksi, gagal ginjal, masalah usus, sakit gigi hingga kanker. Sehingga hal ini jika dibiarkan lama akan membuat tubuh si kucing kurus.
  • Kucing tidak pernah divaksin. Padahal vaksin sangat berpengaruh baik bagi ketahanan tubuh si kucing.
  • Proses pembersihan kucing serta kandang yang memprihatinkan. Jika terjadi seperti ini terus, kucing bisa mudah terserang bakteri hingga sampai mengalami kematian.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Kucing Bengal

Kategori

Harga

Sumber

Anakan Kitten Pure Bengal Kucing Bengal Anak Kucing Usia 2 Bulan Lucu Makanan KucingRp. 700. 000https://shopee.co.id/(NEGO)-Anakan-Kitten-Pure-Bengal-Kucing-Bengal-Anak-Kucing-Usia-2-Bulan-Lucu-Makanan-Kucing-i.131446048.4451128011
The Honest Bengal Cat Guide for Humans: Bengal Cat and Kitten Care

 

Rp. 292.000https://www.tokopedia.com/bookxuply/the-honest-bengal-cat-guide-for-humans-bengal-cat-and-kitten-care?whid=0
Kucing ras Bengal betinaRp. 6.500.000https://www.bukalapak.com/p/hobi-koleksi/pet-food-stuff/grooming/2vfxkrb-jual-kucing-ras-bengal-betina?from=list-product&keyword=betina%20kucing%20bengal&funnel=omnisearch&product_owner=normal_seller&pos=0&cf=1&ssa=0&sort_origin=relevansi&search_sort_default=true&promoted=0

Demikian yang bisa aku paparkan mengenai cara merawat kucing yang benar serta harga kucing Bengal yang bisa dijadikan patokan harga pasar. Semoga ulasan ini memberikan banyak referensi, dan selamat mempraktekkan!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *