Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Budidaya Ikan Mujair

2 min read

Cara Budidaya ikan mujair

Mujair merupakan salah satu ikan yang banyak diternakkan baik untuk dijadikan bisnis maupun digunakan sebagai ikan konsumsi. Jenis ikan tersebut mudah dibudidayakan karena tidak membutuhkan banyak tenaga dan perawatan khusus. Jaer atau mujair memiliki banyak tulang dalam tubuhnya dan sisik diseluruh tubuhnya. Cara budidaya Ikan Mujair harus sesuai dengan metode yang tepat agar mendapat hasil yang terbaik.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang cara memelihara ikan Mujair di kolam tembok dan terpal agar cepat besar. Cara budidaya ikan Mujair ini cocok untuk pemula karena dibuat cukup sederhana. Berikut ini adalah hal hal yang harus diperhatikan dalam membudidayakan Ikan Mujair.cara memelihara ikan mujair agar cepat besar di kolam terpal

Cara Budidaya Ikan Mujair

Mujair adalah ikan yang hidup di air tawar. Siklus hidup Ikan Mujair cukup singkat sehingga mempercepat proses pemanenan. Ikan tersebut dapat dibudidayakan di kolam terpal maupun di kolam tembok tergantung dari kebutuhan. Cara budidaya Ikan Mujair tidak begitu susah, hal yang terpenting adalah ketekunan dan niat yang kuat. Adapun hal hal yang harus diperhatikan dalam budidaya Ikan Mujair sebagai berikut.

1. Pemilihan Bibit Ikan Mujair

Dalam cara budidaya Ikan Mujair di kolam tembok, pemilihan bibit merupakan faktor yang sangat mempengaruhi hasil budidaya. Jika bibit yang digunakan adalah bibit yang terbaik, maka secara otomatis hasilnya nanti juga memuaskan.

Adapun ciri ciri bibit unggulan yang dapat digunakan untuk budidaya yakni bibit memiliki usia yang produktif, memiliki sisik yang tumbuh dengan sehat dan tidak mengelupas. Selain itu pula kondisi sirip tidak cacat, memiliki sifat lincah, aktif, dan nafsu makannya baik juga dimiliki oleh bibit yang unggul.

2. Kolam Ikan Mujair

Dalam membudidayakan Ikan Mujair, kamu dapat memilih tempat budidaya kolam jika ikan yang kamu ternakkan banyak. Ada beragam jenis kolam yang dapat kamu gunakan, seperti kolam terpal dan kolam tembok. Masing masing jenis kolam tersebut memiliki kelemahan dan kelebihan yang berbeda.

Dalam cara budidaya Ikan Mujair di kolam tembok, lokasi yang dapat digunakan yakni berada di tanah yang gembur dan kaya nutrisi. Adapun untuk untuk ukuran kolam sebenarnya disesuaikan dengan banyaknya ikan yang dibudidayakan. Semakin banyak ikan, maka semakin luas pula kolamnya.

Berikut ini adalah tahapan membuat kolam dalam cara budidaya Ikan Mujair:

  1. Pilih lokasi yang tepat untuk kolam. Lalu buat rancangan desain kolam.
  2. Kemudian siapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
  3. Buat bagian dasar kandang lalu dilanjutkan dengan bagian dinding kandang.
  4. Jika sudah, selanjutnya adalah buat lubang aerasi dan saluran air pada kandang.
  5. Langkah terakhir yakni penyempurnaan terhadap bagian yang dirasa kurang pas.
  6. Kolam Mujair sudah jadi! Selamat mencoba!

3. Pakan Ikan Mujair

Pakan adalah hal yang berpengaruh terhadap cara memelihara Ikan Mujair agar cepat besar di kolam terpal maupun tembok. Usahakan pakan yang diberikan adalah pakan yang bergizi dan memuat nutrisi tubuh Ikan Mujair.

Pellet merupakan salah satu makanan Ikan Mujair supaya cepat besar. Selain itu, planton dan zooplankton juga dapat digunakan sebagai makanan tambahan. Seandainya kamu tidak mau ribet, kamu juga dapat membeli pakan instan yang ada di pasaran.

4. Cara Budidaya Ikan Mujair

Dalam membudidayakan Ikan Mujair, hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan bibit yang tepat, kondisi kolam yang baik, layak, dan membuat Ikan Mujair nyaman, serta pakan yang diberikan juga harus mengandung nutrisi dan gizi yang lengkap. Usahakan sertakan kandungan karbohidrat dan mineral dalam makanan Ikan Mujair supaya cepat besar.

Kamu bisa menambah suplemen agar pertumbuhan dan perkembangan Ikan Mujair semakin baik. Rajinlah untuk menguras kolam minimal 1 minggu sekali agar tidak ada parasit dalam air tersebut. Jaga kebersihan dan keamanan sekitar kolam agar terhindar dari predator. Cek suhu dan ph air agar selalu dalam keadaan normal.

5. Penyebab Kegagalan Budidaya

Faktor kegagalan yang membuat cara budidaya Ikan Mujair tidak berhasil yakni:

  1. Bibit yang digunakan adalah bibit yang tidak lulus sortir sehingga hasilnya kurang maksimal.
  2. Kondisi lingkungan kolam yang tidak mendukung sehingga budidaya kolam terganggu.
  3. Cara memelihara Ikan Mujair agar cepat besar di kolam terpal yang kurang tepat.
  4. Pakan yang diberikan tidak bergizi dan bernutrisi sehingga pertumbuhan dan perkembangannya terhambat.
  5. Aerasi dan saluran air dalam kolam yang rusak dan tidak segera diperbaiki sehingga kondisi kolam kotor dan banyak timbul parasit, sehingga membahayakan kesehatan Ikan Mujair.
  6. Proses perkawinan yang tidak berhasil sehingga tidak bisa menghasilkan bibit yang digunakan untuk budidaya periode selanjutnya.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Mujair

Berikut ini adalah harga bibit dan harga jual Ikan Mujair dari beberapa sumber internet:

Kelompok hargaHarga Ikan Mujair (Rp)Sumber
Bibit ikan Mujair5.000https://www.tokopedia.com/wafish/bibit-ikan-mujair-mujaer-nila-ukuran-3-jari
Ikan mujair dewasa32.000https://www.bukalapak.com/p/food/bahan-mentah/mwl25f-jual-jual-ikan-mujair-nila-segar-per-kg
Ikan mujair dewasa dengan berat 500 gram19.700https://shopee.co.id/ikan-mujair-ikan-nila-mujair-(500-600gr)-i.28237309.5914837909

Itu tadi artikel mengenai cara budidaya ikan Mujair. Semoga bermanfaat dan membantu kalian semua. Terima kasih!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Umpan Ikan Mas

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Umpan Ikan Bawal

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *