Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Ternak Ikan Cupang

3 min read

Cara Budidaya ikan cupang

Jika kamu ingin melakukan usaha ternak atau budidaya binatang maka tak ada salahnya untuk mencoba memilih ikan cupang sebagai primadona nya. Salah satu jenis ikan ini memiliki daya tarik yang sangat tinggi, sehingga banyak yang memburu dan mengkoleksi nya. Apalagi cara ternak ikan cupang ini bisa dibilang sederhana, meskipun membutuhkan ketelitian tinggi.

Pilihan tepat jika kamu memilih ikan cupang sebagai usaha ternak. Cara budidaya ikan hias cupang sangat mudah kok. Kali ini Nonaternak akan membahas cara budidaya ikan cupang. Berikut ulasan mengenai cara ternak ikan cupang yang bisa untuk kamu terapkan pada usaha ternak kamu.

cara memelihara ikan cupang supaya indah

Cara Ternak Ikan Cupang

Cara memelihara ikan laga betta atau pun cara budidaya ikan hias cupang sangatlah mudah hanya butuh ketelatenan dan perhatian khusus ketika merawat. Selain itu juga jangan lupa memilih bibit unggul yang akan kamu kembangkan jadi suatu usaha. Selain bibit kamu juga bisa memberikan pakan ternak yang berkualitas sehingga sang ikan memiliki perkembangan yang sangat bagus. Agar kamu punya referensi lebih maka inilah cara ternak ikan cupang yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Pemilihan Bibit Ikan Cupang

Salah satu faktor terpenting agar perkembangan ikan cupang nantinya bermutu dan berkualitas maka dalam pemilihan bibit jangan asal ya! Hal ini akan mempengaruhi kesuksesan kamu dalam beternak. Jika kamu tidak paham bagaimana cara memilih bibit ikan cupang yang berkualitas dan bermutu maka inilah beberapa kriteria atau cara memilih bibit ikan cupang yang bagus.

  • Perhatikan apakah bibit ikan cupang tersebut aktif berenang atau tidak
  • Silahkan kamu pilih ukuran bibit yang seragam
  • Terdapat ciri-ciri bahwa bibit sehat misal seperti bentuk ekornya yang normal, tebal serta lebar
  • Bibit terbebas dari penyakit

Sebelum kamu menebar bibit, ada baiknya jika kamu mengadaptasikan bibit dalam kondisi air dalam kolam. Kamu dapat menstimulasikan bakteri probiotik ascorbic acid dalam air. Oh iya, perlu kamu ketahui juga bahwa ikan cupang itu sendiri memiliki 2 jenis yakni cupang hias serta cupang adu.

2. Tempat Budidaya Ikan Cupang

Jika kamu memilih ikan cupang untuk dibudidayakan maka kamu juga harus menyiapkan tempat hidup atau aquarium yang cocok. Ikan ini sangat laris dipasaran mengingat daya tarik dari ikan hias itu sendiri terletak pada keindahan bentuk, warna serta gerakan renang nya. Sedangkan cupang adu dipelihara untuk di adukan dengan cupang yang lain nya. Nah bagaimana dengan tempat budidaya ke dua macam ikan cupang tersebut?

Inilah cara pembuatan tempat budidaya atau aquarium ikan cupang yang sesuai :

  • Kamu bisa menggunakan wadah baskom plastik atau aquarium berukuran 20 x 20 x20 cm
  • Isi dengan air bersih setinggi 10-15 cm
  • Pada aquarium jangan salurkan langsung air PDAM yang banyak mengandung kaporit
  • Posisikan aquarium yang dapat terjangkau dalam proses pembuangan atau penampungan air
  • Beri aquarium alas berupa hiasan baik tanaman air atau bebatuan cantik.

3. Pakan Cupang

  • Jika sudah 3 hari terhitung dari telur menetas, silahkan kamu berikan makan burayak kutu air ya.
  • Ingat jangan berikan pakan lebih over atau kebanyakan karena dapat mengotori air yang dapat menyebabkan burayak ini mati.
  • Pakan untuk ikan dewasa sebaiknya diberikan pakan khusus ikan cupang

4.  Cara Ternak Ikan Cupang

Cara ternak ikan cupang sangatlah mudah, kamu perlu memperhatikan baik indukan, pakan, maupun tempat budidaya yang sesuai dan bagus. Berikut cara budidaya ikan cupang yang bisa kamu praktekkan :

  • Memilih indukan

Hal pertama yang perlu kamu siapkan ialah masalah bibit atau indukan yang bermutu. Indukan usahakan dari keturunan yang unggul, kondisi yang sehat atau bugar, serta terbebas dari penyakit.

  • Persiapan Pemijahan

Dalam proses pemijahan kamu perlu menyiapkan aquarium atau bisa juga wadah baskom kecil yang berukuran 20 x 20 x 20 cm. Selain itu kamu perlu menyiapkan gelas plastik guna wadah ikan cupang yang betina. Dalam sekali proses pemijahan atau perkawinan, ikan cupang mampu, menghasilkan telur sejumlah 1000 butir.

Nah, jika sudah proses pembuahan, telur akan menetas dalam kurun waktu yakni 24 jam.  Dalam langkah-langkah pemijahan ada beberapa step yang harus kamu lakukan yakni mengisi air, menempatkan tanaman air, memasukkan ikan jantan dan betina, kemudian pisahkan ikan betina dengan jantan. Llau tunggu hingga telur menetas.

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Cupang

Jika menjalankan suatu usaha pasti tidak bisa lepas dengan yang namanya pasang surut. Namun adanya hal tersebut jangan malah membuat kamu takut untuk bertindak lebih dalam pengembangan suatu usaha. Oleh karena itu sangat penting kamu mengetahui kenapa sih sejatinya suatu usaha dapat gagal, termasuk usaha beternak ikan cupang ini ya.

Berikut penyebab kegagalan ternak ikan cupang yang penting untuk kamu ketahui:

  • Kurang nya ketrampilan dalam hal penjodohan ikan cupang. Mengingat pada proses ini tidak jarang ikan cupang jantan malah menyerang ikan cupang betina. Sehingga banyak yang mati
  • Tidak memisahkan ikan cupang jantan dan betina yang sudah dewasa
  • Faktor air, banyak yang menganggap air bukan faktor terpenting. Padahal sangat berpengaruh dalam proses perkembangbiakan si ikan
  • Faktor pakan, banyak yang menganggap bahwa pakan kotor tidak akan berdampak buruk pada si ikan, namun hal tersebut salah. Mengingat kebersihan pakan juga dapat turut serta menunjang si ikan untuk tidak mudah terserang penyakit.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Ikan Cupang

Selain kamu harus paham betul mengenai cara budidaya ikan hias cupang yang baik dan benar, ternyata dalam usaha bisnis kamu juga perlu mengetahui harga pasar. Inilah referensi harga ikan cupang :

KategoriHargaSumber
Cupang HalfmoonRp. 9000https://www.bukalapak.com/p/hobi-koleksi/pet-food-stuff/grooming/2u6q1nw-jual-hiasan-aquarium-ikan-cupang-halfmoon?
Cupang Line AvatarRp. 6000https://shopee.co.id/cupang-line-avatar
Cupang Male BluerimRp. 80.000https://shopee.co.id/Cupang-blue-rim

 

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Umpan Ikan Mas

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Umpan Ikan Bawal

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *