Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Umpan Ikan Tawes

3 min read

umpan ikan mujair

Umpan ikan tawes adalah racikan dari berbagai macam bahan umtuk memancing ikan tawes. Ikan tawas merupakan salah satu penghuni air tawar. Para pemancing mencari ikan ini untuk dikonsumsi karena terkenal memiliki rasa yang lezat.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang umpan untuk memancing ikan tawes yang galak dan jos. Pembahasan umpan ikan Tawes ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Memancing membutuhkan umpan yang jitu agar cepat mendapat ikan, untuk itu yuk simak sekarang juga artikel ini!

umpan mancing tawes di sungai deras

Umpan Ikan Tawes

Ikan tawes memiliki warna yang putih, maka tak jarang masyarakat menyebutnya dengan ikan putihan. Tawes juga termasuk kan omnivora atau pemakan segala. Namun terkadang ada beberapa umpan yang tidak ampuh, jadi siapkanlah umpan dengan beberapa jenis supaya tahu umpan apa yang cocok untuk tawes.

1. Umpan Alami

Keberadaan umpan alami yang masih banyak tersedia membuat para pemancing lantas meninggalkannya begitu saja sebagai umpan ikan tawes. Menggunakan uman dari bahan alami juga terkenal tidak ribet.

Kamu bisa menemukan bahan-bahan alami untuk dijadikan umpan dengan mencarinya atau membeli di toko penjual pakan burung. Ikan tawes yang sering tinggal di sungai juga menyukai makanan alaminya ini. Berikut bahan alami yang bisa kamu gunakan umpan memancing tawes.

– Kroto dan laron

Kroto merupakan telur semut angkrang, begitu orang Jawa menyebutnya. Warnanya putik dan teksturnya lembut jadi gampang untuk kamu kaitkan pada kail. Selain kroto kamu juga bisa menggunakan laron untuk umpan mancing dengan menghilangkan sayapnya terlebih dahulu.

– Lumut

Lumut bisa kamu gunakan untuk umpan memancing segala jenis ikan, terutama tawes. Jika ingin lebih jitu lagi kamu bisa mencampurnya dengan bahan-bahan lain.

– Udang Rawa dan jangkrik

Udang rawa atau jenis udang kecil bisa kamu gunakan untuk umpan. Potong udang rawa menjadi beberapa bagian untuk memudahkan ikan memakan umpan. Begitu juga dengan jangkrik, serangga satu ini bisa juga kamu gunakan untuk memancing ikan tawes.

– Kacang-kacangan dan daun sawi

Mungkin kamu baru tahu bahwa kacang-kacangan dan daun sawi hijau bisa digunakan untuk umpan ikan putihan tawes. Ya memang bisa, kelebihan dari umpan daun sawi adalah bisa kamu gunakan pada air yang keruh. Potong-potong bahan menjadi beberapa bagian kemudian tancapkan pada kail.

– Cacing dan belalang

Memang tidak asing menggunakan kedua serangga ini untuk umpan ikan tawes. Terutama cacing, kebanyakan ikan menyukainya karena memiliki bau yang agak amis dan ketika dikaitkan pada kail hewan ini akan mengeluarkan darah. Nah darah ini akan membuat ikan mendekati umpan dan memakannya.

2. Umpan Tawes Bahan Jitu

Ikan tawes termasuk ikan yang pilih-pilih soal makanan mancing ikan tawes babon dan tempe. Oleh karena itu sebelum memulai memancing pastikan dulu membuat umpan yang jitu untuk tawes. Kamu bisa menggunakan bahan dasar tempe sebagai umpannya.

Bahan :

  • 2 buah tempe busuk
  • 1 kuning telur ayam/bebek
  • Tepung terigu secukupnya

Cara membuat :

Pertama-tama kamu harus menghaluskan 2 buah tempe busuk. Masukkan 1 butir kuning telur kewadah kemudian campur kedua bahan tersebut.

Sambil mencampur kamu bisa menambahkan tepung terigu agar adonan menjadi kental sehingga mudah dibentuk. Setelah mengental bentuk adonan menjadi bulatan kecil sebesar mata kail pancing.

3. Umpan Memancing Tawes Bahan Ampuh

Masih ada lagi mancing ikan tawes babon dan tempe. Kali ini ada tambahan mie instan dan udang rebon. Kombinasi ini akan membuat umpanmu semakin jitu saat memancing tawes. Berikut bahan dan cara meraciknya.

Bahan :

  • 1 bungkus mie instan
  • 3-4 siung bawang putih & merah
  • 1 bungkus tempe
  • Udang rebon
  • Mentega
  • Air hangat secukupnya

Cara Meracik :

Mie instan harus direbus dahulu supaya lebih lunak dan mudah menghaluskannya. Sambil merebus mie instan kamu bisa menggoreng bawang dengan mentega yang telah dihaluskan.

Setelah matang baru tiriskan kemudian haluskan mie instan. Jangan ketinggalan, haluskan juga tempe dan udan rebon.

Setelah semua bahan halus, masukkan kedalam sebuah wadah untuk mencampurnya. Supaya teksturnya tidak keras dan membentuk adonan yang kental, tambahkan sedikit air saat mencampurnya. Terakhir bentu adonan sesuai besar mata kail pancing yang akan kamu gunakan.

4. Racikan Umpan Tawes di Sungai Deras I

Sudah capek-capek membuat umpan ikan tawes tapi ternyata tawes tidak menyukainya. Apalagi dengan adanya arus yang deras tentu akan membuat jengkel para pemancing. Jika sudah seperti itu, cobalah membuat umpan berikut ini siapa tahu cocok.

Bahan :

  • 4 tongkol jagung matang
  • 4 butir telur bebek matang
  • 1 sachet susu
  • 5 ekor daging ikan kukus
  • 1 bungkus mi instan yang sudah di haluskan
  • Keju
  • Ubi kukus

Pembuatan :

Siapkan wadah untuk mencampur semua bahan umpan mancing tawes di sungai deras. Masukkan bahan dan campur hingga semua bahan menyatu. Setelah tercampur rata kamu bisa memulai membentuknya menjadi bulatan kecil sebesar mata kail pancing. Racikan umpan pun siap kamu gunakan.

5. Racikan Umpan Sungai Deras II

Jenis ikan tawas juga senang berada pada sungai berarus deras, jadi kamu butuh umpan mancing tawes di sungai deras. Langsung saja, berikut bahan dan cara pembuatannya.

Bahan :

  • 1 bungkus mi instan yang sudah direbus
  • 4 siung bawang putih dan merah yang sudah kamu goreng dan haluskan
  • 1 bungkus tempe
  • Udang rebon yang telah halus
  • Air hangat

Pembuatan :

Masukkan semua bahan kecuali air kedalam suatu wadah. Aduk semua bahan dan tambahkan sedikit air hangat. Setelah menggumpal bentuk menjadi bulatan sebesar kail pancing.

6. Racikan Umpan Memancing Tawes Air Keruh

Memancing ikan pada kondisi air yang keruh membuat umpan menjadi kurang jitu. Oleh karena sebab itu cobalah membuat umpan ikan putihan tawes berikut ini. Bahan-bahannya cukup sederhana, hanya kombinasi kacang-kacangan.

Bahan :

  • Kacang tanah bersih
  • Kedelai
  • Ampas kacang yang dikeringkan minyaknya
  • 5 tongkol jagung manis muda
  • Ubi
  • Kacang mete
  • Minyak samin

Cara meracik :

Panaskan minyak samin kemudian sangrai semua kacang-kacangan tersebut. Angkat dan diaman selama 5 menit setelah selesai di sangrai. Setelah itu, kamu bisa menghaluskan semua kacang-kacangan.

Perut ubi dan jagung dalam suatu wadah. Masukkan kacang-kacangan, ubi dan jagung ke dalam wadah tadi. Campur semua bahan sambil menambahkan sedikit minyak samin.

Setelah itu bungkus adonan ke dalam daun pisang dan kukus selama 4 jam. Angkat adonan bila sudah matang. Setelah dingin racikan umpan siap kamu pakai.

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Umpan Ikan Mujair

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Umpan Ikan Gabus

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Umpan Ikan Patin

Hendrasap Hendrasap
3 min read