Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Ternak Walet

3 min read

cara ternak burung walet

Tau kah kamu bahwa walet sekarang ini tidak hanya bisa hidup di alam bebas loh ya, melainkan kamu juga dapat mencoba menjadikan walet sebagai pilihan hewan ternak. Eh, walaupun ada cara ternak walet, tetap saja sih hidupnya berkeliaran bebas hehe.

Sudah banyak yang mencoba membudidayakan jenis burung ini. Eits masalah omset kamu jangan khawatir ya karena salah satu jenis burung ini laris dipasaran. Nah kali ini Nonaternak akan membahas cara budidaya walet. Jika kamu merasa awam bagaimana sih cara ternak walet atau cara membuat sarang walet di rumah. Ini dia ulasannya!cara memanggil burung walet ke rumah

Cara Ternak Walet

Jika kamu ingin beternak burung walet maka kamu harus tau cara mendatangkan walet ke rumah, selain itu harus paham betul mengenai cara pembibitan, jenis makanan, tempat hidup yang baik serta selalu aktif memberikan asupan nutrisi yang bagus untuk burung walet. Nah semua hal tersebut harus kamu pahami betul agar proses budidaya usaha ternak milik mu membuahkan hasil yang memuaskan ya. Berikut cara ternak walet dan hal-hal yang perlu kamu ketahui.

1. Pemilihan Bibit Burung Walet

Jika kamu ingin melakukan budidaya ternak hewan burung walet maka kamu harus paham betul bagaimana sih cara mendatangkan walet ke rumah. Burung jenis ini termasuk gampang-gampang susah dalam pembibitan nya. Disini kamu dituntut untuk dapat betul-betul memahami dan mengerti bagaimana ciri-ciri bibit walet yang bermutu dan unggul. Jangan sampai kamu hanya asal pilih karena bibit merupakan hal terpenting dalam kesuksesan suatu bisnis ternak.

Untuk induk walet kamu dapat memilih burung sriti untuk bersarang dalam gedung yang baru saja dibuat. Nah, agar burung tersebut mau bersarang maka sangat perlu adanya pancingan dengan cara menghidupkan audio rekaman dari burung walet. Kamu bisa melakukan pemutaran dari pukul 16.00 hingga 18.00. Pada waktu ini sangat pas digunakan karena bebarengan dengan waktu si burung mencari makan ya.

Pemilihan bibit harus yang bebas dari penyakit atau tanda-tanda bahwa fisik bibit burung walet tersebut harus sehat. Selain itu pastikan bibit dalam keadaan aktif ketika bereaksi dengan lingkungan sekitar, tidak tampak pucat maupun rambut bulu yang tidak rontok.

2. Tempat Budidaya Burung Walet

Jika kamu ingin membudidayakan burung walet maka kamu juga harus mengetahui bagaimana sih tempat budidaya atau kandang si burung walet ini. Kandang ibarat hunian yang harus memberikan rasa nyaman serta betah bagi siapa saja yang tinggal. Nah hal ini sama demikian dengan kandang burung walet.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam pembuatan kandang burung walet di rumah :

  • Kandang harus selalu dibersihkan setiap hari dari kotoran burung. Alangkah lebih baiknya jika alas sangkar kamu beri semacam kertas agar proses pembersihan kandang lebih cepat, yakni tinggal membuang alas tersebut dan menggantinya dengan yang bersih
  • Berikan tempat atau wadah minum atau makan yang digantung pada sangkar
  • Usahakan ukuran kandang jangan terlalu sempit agar si burung merasakan sedikit agak bebas di sangkar
  • Berikan beberapa ranting pohon yang di desain di dalam sangkar agar si burung bisa bertenger
  • Usahakan kandang berada dalam lingkungan sepi dengan suhu 24-26 desajat celcius
  • Buat kandang berbentuk kotak serta diberi lubang setiap sisinya untuk tempat keluar masuk burung

3. Pakan Burung Walet

Kamu wajib memberikan makanan burung walet ini dengan sesuai dan tentunya jangan lupa juga memberikan asupan nutrisi yang bagus. Selain itu juga vitamin agar si burung bisa memiliki kekebalan tubuh yang baik. Makanan burung walet tergolong gampang untuk di cari dengan harga yang masih terjangkau ya. Jadi jangan khawatir untuk kesulitan mencari pakan. Burung walet memakan serangga dan ulat. Nah kamu bisa memproduksi pakan sendiri dengan syarat memanfaatkan kulit buah-buah dengan menyimpannya dalam kondisi lembat hingga ulat muncul.

4. Cara Ternak Walet

Jika kamu bingung bagaimana sih sejatinya cara ternak burung walet yang baik dan benar, maka cara-cara ini bisa kamu gunakan sebagai referensi ya. Nah untuk cara ternak nya hampir sama saja perlakuannya dengan jenis burung yang lainnya. Kamu perlu memandikan nya agar bulu si burung bersih dan bebas dari kotoran. Sehingga kamu butuh paham betul cara membersihkan sarang walet

Berikut ulasan detail cara ternak burung walet yang bisa kamu coba praktekkan :

  • Siapkan lahan, kandang atau ruangan khusus berkembang biak si burung
  • Melakukan pembibitan dengan cara yang benar
  • Melakukan perawatan rutin burung walet
  • Memperhatikan kebiasaan burung walet dalam berkembang biak serta membuat sarang

5. Penyebab Kegagalan Cara Ternak Walet

Semua usaha baik dalam bidang industri mau pun ternak pasti ada pasang surutnya, Nah, sebelum kamu menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu alangkah lebih baiknya jika kamu memahami dan mengetahui sejatinya apa saja sih yang menyebabkan usaha bangkrut atau gagal. Tujuan nya untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal yang demikian pada usaha yang kamu jalankan.

Inilah beberapa penyebab kegagalan cara ternak walet :

  • Pemberian asupan nutrisi atau vitamin yang kurang baik
  • Perawatan kandang yang dirasa kurang bermutu. Kandang dominan kotor sehingga si hewan gampang terserang virus atau bakteri
  • Suhu ruangan dan kelembapan yang tidak ideal
  • Terlalu sering audio player untuk walet yang mati
  • kondisi twitter inap yang tidak terawat dengan baik dan benar

6. Harga Bibit dan Harga Jual Burung Walet

Untuk mengetahui perkembangan pasar mengenai usaha atau bisnis kamu tentunya kamu juga butuh referensi kira-kira berapa sih harga bibit dan harga jual burung walet ini. Setiap daerah atau wilayah tentu memiliki dasar harga yang berbeda atau selisih sedikit. Namun, semua harga tersebut masih tidak jauh berbeda kok ya.

Berikut daftar harga jual burung walet :

KategoriHarga Sumber
Telur waletRp. 18.000https://www.tokopedia.com/koloniwalet/telur-walet?src=topads
Walet dewasaRp 2.500.000https://www.tokopedia.com/koloniwalet/burung-walet

Demikian ulasan mengenai cara ternak walet, semoga bermanfaat!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Super N

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *