Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Ternak Burung Ciblek

2 min read

cara ternak burung ciblek

Cara ternak burung ciblek agak sulit kalau ditangkap dari alam, karena tingkat stressnya yang cukup tinggi. Masih awam dengan burung yang satu ini, yakni burung ciblek. Nama yang unik, sama hal nya dengan keunikan burung yang satu ini. Burung ciblek atau biasa disebut perenjak jawa adalah burung berkicau yang berasal dari suku Cisticolidae.

Burung ini terkenal ramai dan lincah biasa banyak dijumpai di tempat terbuka seperti semak pekarangan, taman, hingga hutan bakau. Mangsa burung ceblak yakni  berupa aneka serangga dan ulat. Nah kali ini Nonaternak akan membahas cara memelihara dan merawat burung ciblek di rumah, baik individu atau koloni. Berikut cara ternak burung ciblek!

cara memelihara burung ciblek koloni di kandang gantung

Cara Ternak Burung Ciblek

Jika kamu memilih burung ciblek untuk dibudidayakan atau diternak, maka kamu juga harus tau bagaimana sih cara ternak burung ciblek yang baik dan benar itu. Kamu harus memilih bibit burung ciblek yang memang benar-benar berkualitas ya, beri pakan setiap hari agar pertumbuhan si burung bisa maksimal. Jangan lupa usahakan pemberian tempat hidup atau sangkar burung yang memang direkomendasikan untuk burung ciblek. Berikut hal-hal yang wajib kamu ketahui!

1. Pemilihan Bibit Ciblek

Pemilihan bibit ialah proses yang paling penting, karena bibit sehat atau tidaknya akan mempengaruhi ketika si burung tersebut dewasa. Cara budidaya ciblek sawah juga harus tau betul burung tersebut mampu dijadikan indukan atau bibit unggul atau tidak. Berikut tanda-tanda bahwa bibit bagus, yakni:

  • Tidak memiliki cacat fisik pada bagian kepala, paruh, kaki, jari dan tubuh yang lainnya
  • Bulu mengkilap dan bersih
  • Pergerakan si bibit burung ciblek yang aktif
  • Pusar si bibit burung cablek sudah tertutup sempurna dan kering
  • Mata bibit cablek yang cerah
  • memiliki kloakan yang bersih, sehingga tidak ada kotoran yang menempel
  • Pergerakan si bibit cablek yang lincah dan aktif
  • Kaki mengkilat dan tidak kering
  • Bebas dari penyakit seperti pullorum, jamur, serta omphalitus

2. Kandang Ciblek

Untuk pemula yang ingin membudidayakan burung ciblek disangkar maka persiapkan kandang dengan ukuran minimal sekitar 60 cm x 90 cm x 90 cm. Pada bagian kandang kamu sediakan tanaman semak agar kesannya burung ciblek hidup seperti pada habitat aslinya di alam bebas. Jika kamu menaruh burung ciblek dalam satu kandang lebih dari 1 pasang, maka usahakan kandang memiliki konstruksi yang tertutup antara kandang satu dengan yang lainnya.

Selain menggunakan kandang, kamu bisa melakukan ternak ciblek ini dengan sangkar yang memiliki ukuran 35 cm x 35 cm x 60 cm. Kamu bisa membeli di toko perlengkapan hewan jika dirasa tidak sempat membuat sendiri. Usahakan kamu jangan terlalu sering mengintipnya agar si burung tidak stress ya selain itu selalu bersihkan sangkar dari kotoran.

3. Pakan Burung Ciblek

Memberi pakan burung ciblek sejatinya tidak begitu sulit kok. Kamu bisa memberinya pakan seperti serangga atau ulat. Berikut jenis pakan burung ciblek yang bisa menambah meningkatkan stamina serta kualitas suaranya, yakni:

  • Kroto
  • Jangkrik
  • Buah mengkudu
  • Telur puyuh yang sudah direbus
  • Voer
  • Jahe
  • Ulat hongkong

4. Cara Budidaya Burung Ciblek

Cara menjodohkan ciblek di sangkar gantung tergolong gampang-gampang susah. Sehingga cara budidaya burung ciblek ini harus benar-benar kamu kuasai betul agar usaha ternak kamu sukses. Berikut cara ternak burung ciblek yang bisa kamu jadikan referensi:

  • Seleksi Kandang

Sebelum burung di masukkan dalam kandang maka pastikan terlebih dahulu bahwa kandang kuat, lapisi alas dengan Koran, atau pasir bersih

  • Proses Pembuatan Tenggeran

Tenggeran harus berasal dari cabang pohon asli alami yang harus diganti ketika kotor. Tempatkan pada dua atau tiga tempat bertengger dalam kandang

  • Pemberian Makanan

Cara budidaya burung ciblek yang paling penting ialah masalah makanan. Burung ini sangat suka pellet sebagai satu-satunya sumber makanan berprotein tinggi.

  • Perhatikan Lingkungan Hidupnya

Ciblek sangat menikmati penjemuran atau bahkan mandi bersama pemiliknya. Ketika malam hari tutup kandang agar si burung lebih nyaman dalam beristirahat, berikan waktu setidak nya 10-12 jam dalam kegelapan total setiap malam.

5. Penyebab Kegagalan Cara Ternak Burung Ciblek

Setiap usaha ternak pasti ada pasang surut nya, nah untuk persiapan menghadapi hal tersebut maka tidak ada salahnya untuk mencari referensi kenapa suatu usaha ternak bisa gagal. Berikut penyebab kegagalan ternak burung ciblek yang wajib kamu ketahui:

  • Lingkungan hidup yang tidak kondusif bagi si burung ciblek

Lingkungan memberikan andil yang cukup besar dalam kesuksesan budidaya suatu hewan salah satunya ciblek ini. Semakin baik lingkungannya, maka proses tumbuh kembangnya juga akan bagus. Begitu pun sebaliknya. Solusinya letakkan burung pada kondisi yang ideal, tidak bising dan hindari suasana yang dapat membuat stress si ciblek.

  • Perawatan burung yang dilakukan dengan sembarangan

Perawatan yang tidak bagus akan menyebabkan burung ciblek mati. Sehingga wajib untuk melakukan perawatan yang baik dan benar setiap harinya. Selalu bersihkan kandang dan burung agar terhindar dari penyakit.

  • Asupan Gizi yang tidak memadai

Dengan kurangnya asupan gizi yang mumpuni bagi si burung maka proses pertumbuhannya juga akan terhambat.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Burung Ciblek

KategoriHargaSumber
Burung ciblek gunung cigunRp. 110.000https://www.tokopedia.com/dwiputrojoyo/burung-ciblek-gunung-cigun-anakan?refined=true&whid=0
Burung ciblek gunung anakanRp. 170.00https://www.tokopedia.com/kiosburungtermurah/burung-ciblek-gunung-anakan?refined=true&whid=0
Burung cblek gunung lolohanRp. 120.000https://www.tokopedia.com/chiprutbird/burung-ciblek-gunung-lolohan?refined=true&whid=0

 

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Super N

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Cara Ternak Walet

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *