Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Cara Budidaya Cacing Tanah

2 min read

Cara budidaya cacing tanah

Aku pernah lo, budidaya cacing tanah. Menurut Nonaternak, budidayanya mudah, tapi agak ribet. Cara budidaya cacing tanah juga diartikan sebagai cara beternak cacing tanah. Budidaya cacing tanah bagi pemula ini sendiri bertujuan untuk menyediakan pakan hewan lain. Tak jarang juga budidaya cacing Lumbricus bertujuan untuk sumber obat bagi manusia.

Meskipun terkadang dianggap menjijikan dan sumber penyakit bagi sebagian orang, cacing tanah memiliki banyak manfaat untuk manusia didalamnya. Selain dijadikan obat paten penurun panas, saat ini juga dijadikan bahan dasar dalam industri kosmetik. Berikut dibawah ini cara budidaya cacing Lumbricus atau cara beternak cacing tanah bagi pemula.Cara Budidaya Cacing Tanah

Cara Budidaya Cacing Tanah

Artikel kali ini akan membahas cara budidaya cacing Lumbricus tanpa media maupun dengan media budidaya cacing tanah. Budidaya satu ini akan sangat menguntungkan jika sudah menjalankan cara budidaya cacing tanah dengan benar. Maka dari itu, dibawah ini adalah cara beternak cacing tanah yang baik dan benar beserta tips cara beternak cacing tanah bagi pemula.

1. Bibit Cacing Tanah Lumbricus Rubellus

Pemilihan bibit cacing tanah ini tergantung jenis budidayanya. Jika bentuk budidaya cacing lumbricus masih berbentuk rumahan maka cacing tanah yang dibutuhkan dapat dicari sendiri disekitar rumah. Bibit dalam cara beternak cacing tanah yang baik adalah cacing yang sudah dewasa dan masih muda.

Banyaknya jumlah cacing tanah, ditentukan oleh besar kecilnya kandang. Untuk media budidaya cacing tanah yang berukuran 2meter×1meter dibutuhkan hingga 10.000 bibit cacing tanah. Semakin besar kandang maka semakin besar proses pemilihan bibit cacing tanah ini.

2. Media Budidaya Cacing Tanah

Untuk kandang cacing tanah tidak diperlukan media khusus. Kandangnya bisa menggunakan media yang sudah ada, seperti terpal, rak kayu ataupun keranjang bekas buah. Ukurannya pun mengikuti besarnya kandang yang sudah disediakan. Berikan saja tanah supaya terlihat seperti habitat aslinya.

3. Pakan Cacing Tanah

Sayuran yang mengandung banyak mineral biasanya sangat disukai pada budidaya cacing Lumbricus tanpa media maupun dengan media. Bisa juga menggunakan ampas tahu ataupun ampas singkong hingga batang pisang. Memang pakan untuk cacing ini tidaklah sulit untuk dicari, dan cenderung ada di kehidupan sehari-hari.

4. Cara Budidaya Cacing Tanah

– Setelah menemukan cacing sesuai yang diinginkan, tempatkanlah pada beberapa kotak-kotak satu kotak dapat berisi hingga 50 cacing.
– Beri makan cacing 1-2 hari sekali, jangan lupa untuk membuat makanannya menjadi serbuk. Jangan lupa juga untuk tidak memberikan makan terlalu banyak. Hal itu dapat mengakibatkan adanya belatung dan hama lain pada makanan cacing. Keberadaan hama tersebut tentunya dapat menghambat pertumbuhan cacing di media ternaknya.
– Cara beternak cacing tanah bagi pemula selanjutnya adalah menyiapkan tempat cacing untuk bertelur. Cukup siapkan tumpukan jerami pada sudut-sudut kotak. Biasanya seekor cacing dapat menghasilkan hingga 20 telur.
– Dalam satu bulan hingga dua bulan jangan lupa untuk mengganti media ternak. Karena media yang terlalu lama, juga dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri yang dapat menjadi hama.
– Untuk proses panen dapat dilakukan sebulan hingga dua bulan sekali. Caranya hanya tinggal menerangi kandang cacing, dan cacing akan keluar dengan sendirinya.

5. Penyebab Kegagalan Cara Budidaya Cacing Tanah Lumbricus

Biasanya kegagalan dalam cara ternak cacing tanah adalah adanya hama. Hama predator dari cacing tanah sendiri memang banyak sekali. Mulai dari belatung maupun semut-semut yang ada disekitar rumah. Tidak dapat dipungkiri juga terkadang banyak cacing tanah yang kabur dari media ternak karena adanya hama tersebut.

Hama-hama tersebut dapat merasa terpanggil karena pakan-pakan yang diberikan pada caring tanah. Maka dari itu jangan sampai memberikan makan yang terlalu banyak. Berikan makanan yang cukup untung cacing tanah, supaya tidak ada sisa yang dapat mengundang hama predator.

6. Daftar Harga Cacing Tanah

Hasil dari cara budidaya cacing tanah yang benar dapat dijual dengan harga tinggi perkilogram. Untuk saat ini harga cacing tanah perkilogram dapat mencapai hingga Rp60.000,-. Harga ini diperkirakan akan terus meningkat karena banyaknya peminat dari cacing tanah.

Rey Rian Dwi
Rey Rian Dwi Penulis Keren.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *