Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Ternak Burung Jalak Suren

2 min read

cara ternak burung jalak suren

Burung Jalak Suren merupakan burung endemik yang banyak dibudidayakan oleh pecinta binatang karena keindahan bulunya dan kicauan khasnya. Tetapi, jumlah burung tersebut di alam bebas semakin hari jumlahnya semakin sedikit karena banyak diburu manusia untuk dibudidayakan atau bisnis. Cara ternak burung Jalak Suren memiliki perawatan yang cukup mudah dan tidak ribet.

Kali ini Nonaternak akan membahas cara budidaya burung Jalak Suren, baik individu maupun koloni untuk pemula. Cara ternak burung Jalak Suren ini dibahas dengan cara ringkas sehingga bisa dilakukan untuk yang pertama kali memelihara. Berikut ini adalah cara ternak burung Jalak Suren yang baik dan benar.cara budidaya agar jalak suren cepat bertelur

Cara Ternak Burung Jalak Suren

Perlu diketahui, cara ternak burung Jalak Suren tidak membutuhkan perawatan khusus sehingga tidak menyulitkan pembudidaya. Siklus hidup burung tersebut tergolong cukup panjang, tetapi hal tersebut kembali lagi ke pemiliknya bagaimana dia merawatnya. Jalak Suren tergolong burung yang mempunyai suara merdu dan lebih tahan penyakit. Burung tersebut memiliki beragam jenis, seperti jalak kebo koloni dan jalak bali putih. Cara budidaya agar Jalak Suren cepat bertelur salah satunya adalah dengan memberi makanan yang bergizi.

1. Pemilihan Bibit Jalak Suren

Dalam cara ternak jalak bali putih atau Jalak Suren, proses pemilihan bibit berkualitas memiliki peran yang sangat penting untuk menentukan calon burung unggul selanjutnya. Kriteria bibit yang bagus untuk diternakkan yakni bibit berasal dari calon induk yang baik dan tidak cacat, usia produktif bibit tersebut kurang lebih sekitar  1 sampai 2 tahun, bibit dalam kondisi sehat  dan tidak cacat, memiliki reproduksi yang sehat.

2. Kandang Burung Jalak Suren

Dalam cara budidaya agar Jalak Suren cepat bertelur salah satunya adalah dengan menunjang produktivitas nya dengan memberi suasana nyaman di kandang agar burung tidak stress. Adapun ukuran kandang efektif untuk 1 burung Jalak Suren yaitu sekitar lebar 80 cm sampai 100 cm, panjang 90 cm sampai 150 cm, dan tinggi 180 cm sampai 250 cm. Bentuk kandang yang umum digunakan adalah bentuk persegi panjang.

Berikut ini adalah cara membuat kandang dalam cara ternak burung Jalak Suren:

  • Siapkan alat (gergaji, palu, obeng) dan bahan (kayu, engsel pintu, kawat),
  • Buat rancangan desain gambar yang sesuai dengan alat dan bahan yang digunakan.
  • Buat kerangka kandang mengikuti desain tersebut. Terlebih dulu buat bagan dasarnya dulu agar lebih mudah.
  • Jika sudah, pasang kawat sebagai tembok kandang agar pasokan oksigen dan cahaya matahari dalam kandang dapat terpenuhi.
  • Kandang sudah jadi! Kamu juga dapat menambah cat pada lapisan kayu maupun kawat agar terlihat lebih menarik.

3. Pakan Jalak Suren

Hal yang terpenting dalam cara ternak jalak kebo koloni adalah ketersediaan pasokan makanan untuk si burung agar dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Pakan yang dapat diberikan dapat berupa jangkrik, ulat hongkong, pisang kapok, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk minumnya, dapat menggunakan air putih.

Usahakan pakan tersebut minimal memiliki kandungan gizi berupa protein, mineral, serat, dan vitamin. Hal tersebut karena untuk memaksimalkan fungsi tubuhnya agar bekerja dengan baik. Adapun untuk dosis makannya dapat diberikan 3 kali sehari.

4. Cara Ternak Burung Jalak Suren

Selain hal diatas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kamu melakukan cara ternak jalak bali putih atau Jalak Suren, yaitu mengenai kondisi kesehatan fisik dan psikis burung tersebut. Ada baiknya jika kamu memberikan vaksin agar kekebalan tubuh burung Jalak Suren tetap terjaga dan lebih kebal terhadap penyakit. Selain itu, pemberian vitamin juga tidak boleh dianggap remeh karena vitamin memiliki peran yang sangat penting.

Jika ada burung yang sakit maka segeralah untuk memberikan penanganan khusus agar penyakitnya tidak tambah parah, seperti memberikannya vaksin, memisahkan dari koloninya agar tidak menulari, bahkan jika perlu kamu juga dapat membawanya ke dokter hewan. Hal tersebut harus diperhatikan agar cara beternak burung Jalak Suren dapa berjalan dengan maksimal.

5. Penyebab Kegagalan Cara Ternak Burung Jalak Suren

Ada beberapa hal yang menyebabkan cara ternak jalak kebo koloni tidak berhasil atau kurang maksimal, yaitu:

  1. Bibit yang digunakan tidak memenuhi kriteria sebagaimana disebutkan diatas.
  2. Kurangnya ketersediaan makanan bergizi untuk si burung sehingga kandungan nutrisi dan gizi dalam tubuhnya kurang terpenuhi.
  3. Kondisi kandang yang kotor dapat menjadi vektor penyakit.
  4. Perawatan yang diberikan kurang maksimal sehingga Burung Jalak Suren tidak bisa tumbuh da berkembang dengan baik.
  5. Burung tidak pernah diberi vaksin atau obat sehingga rentan terkena penyakit.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Burung Jalak Suren

Berikut ini kami paparkan beberapa daftar harga burung Jalak Suren dari beberapa sumber internet:

Kelompok hargaHarga burung Jalak Suren (Rp)Sumber
Anakan Jalak Suren400.000https://www.tokopedia.com/rohimshoope/anakan-jalak-suren-jinak
Anakan Jalak Suren umur 1 bulan350.000https://www.tokopedia.com/adiefdesign/burung-jalak-suren-anakan-umur-1-bulan
Anakan Jalak Suren450.000https://www.tokopedia.com/birdsshoop/jalak-suren-jawa-anakan
Indukan Jalak Suren umur 1 tahun1.400.000https://shopee.co.id/burung-jalak-suren-i.70915554.2244235601

Nah, itu tadi artikel mengenai cara ternak burung Jalak Suren. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.

Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Gold Coin

Hendrasap
3 min read

Ebod Kenari

Hendrasap
3 min read

Ebod Joss

Hendrasap
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *