Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Cara Ternak Burung Kacer

2 min read

cara ternak burung kacer

Di era sekarang banyak pembudidaya burung yang membudidayakan burung kicauan atau burung hias, salah satunya seperti Burung Kacer. Burung Kacer memiliki warna bulu yang menarik dan kicauanya berbeda dengan burung lain. Cara ternak Burung Kacer cukup mudah asalkan kamu mengetahui konsep dasar dan teknik menernak Burung Kacer yang baik dan benar.

Kali ini Nonaternak akan membahas cara budidaya Burung Kacer untuk pemula. Pastikan kamu membaca dengan detail mengenai cara ternak Burung Kacer yang mudah terutama bagi pemula.cara budidaya burung kacer untuk pemula

Cara Ternak Burung Kacer

Burung Kacer merupakan burung yang unik karena dapat menari-nari dengan sayap dan ekor yang indah. Perlu diketahui, ternyata Burung Kacer adalah salah satu burung yang mudah stress sehingga dalam membudidayakannya harus sesuai dengan prosedur yang ada. Usahakan burung jangan sampai stress karena dapat mempengaruhi kesehatannya. Berikut beberapa tips dalam cara ternak Burung Kacer yang baik dan benar.

1. Pemilihan Bibit Kacer

Penyeleksian bibit merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan cara ternak Burung Kacer. Usahakan pilih indukkan yang berkualitas dan sudah memiliki usia produktif. Adapun usia produktif untuk  induk betina sekitar 1 tahun sedangkan untuk induk jantan yaitu sekitar 2 tahun.

Selain pemilihan induk, kondisi bibit juga harus diperhatikan dalam melakukan cara budidaya Burung Kacer di kandang gantung. Pilihlah bibit yang memiliki kicauan yang merdu, memiliki organ tubuh yang tidak cacat atau lengkap, nafsu makannya baik, kondisi bulu tidak rontok, dan memiliki keseimbangan tubuh yang normal.

2. Kandang Kacer

Ternyata kandang atau tempat budidaya menentukan tingkat kesetresan dan produktivitas Burung Kacer. Oleh karena itu buat kandang yang senyaman mungkin sehingga Burung Kacer betah ada di dalam kandang tersebut. Dalam cara budidaya Burung Kacer di kandang gantung hal yang harus diperhatikan yakni mengenai lokasi kandang dan ukuran kandang. Pilih lokasi yang mendapat sinar matahari langsung agar kandang tidak lembab, serta buat ukuran kandang yang agak besar supaya burung leluasa bergerak.

Perlu diketahui bahwa tempat budidaya memiliki peran penting dalam cara menjodohkan kacer biar cepat bertelur. Hal tersebut karena dengan kondisi kandang yang baik, maka dapat menunjang produktivitas Burung Kacer. Ukuran kandang yang efektif memiliki panjang 2 meter sampai 3 meter, tingginya 2,5 meter, dan lebar 1,5 meter.

Berikut ini adalah cara pembuatan kandang gantung untuk Burung Kacer:

  1. Buat rancangan desain kandang yang akan digunakan beserta lokasi kandang.
  2. Siapkan bahan dan alat yang akan digunakan untuk membuat kandang gantung.
  3. Buatlah rancangan kandang gantung sesuai desain yang sudah ditentukan.
  4. Kemudian lengkapi kandang dengan sarang kecil yang berasal dari kayu maupun besi.
  5. Langkah terakhir yakni tahap finishing. Sempurnakan bagan kandang yang dirasa kurang pas.

3. Pakan Burung Kacer

Burung Kacer memiliki nafsu makan yang baik jika dalam kondisi sehat. Berikan makanan yang bernutrisi dan bergizi untuk si burung agar kinerja fungsi tubuhnya dapat berjalan secara maksimal terutama untuk indukkan yang sedang mengerami telurnya. Makanan yang dapat kamu berikan yakni jangkrik, ulat kroto, belalang, ulat hongkong, dan pakan instan. Selanjutnya dalam cara penangkaran kacer poci sistem koloni,  waktu makannya dapat dilakukan 2 atau 3 kali sehari dengan takaran 37 gram untuk 4 ekor Burung Kacer.

4. Cara Ternak Burung Kacer

Dalam melakukan budidaya burung kecer, pilihlah bibit unggul untuk dibudidayakan agar mendapat hasil yang maksimal. Lalu jaga kebersihan kandang agar tidak ada vektor penyakit dan menjadikan kacer tetap nyaman di dalam kandang. Usahakan berikan suplemen tambahan untuk burung, entah berupa vitamin maupun vaksin yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh Burung Kacer sehingga terhindar dari penyakit.

Dalam segi perawatan, kamu dapat memandikan burung minimal 3 kali seminggu dan memberi pakan 3 kali sehari. Selanjutnya untuk menghasilkan keturunan yang berkualitas, maka kamu dapat melakukan perkawinan atau penjodohan dengan induk yang unggul.  Salah satu cara menjodohkan kacer biar cepat bertelur yaitu dengan menyatukan induk jantan dan betina dalam satu kandang.

5. Penyebab Kegagalan Cara Ternak Burung Kacer

Berikut ini adalah beberapa penyebab cara ternak Burung Kacer tidak berhasil:

  1. Adanya gangguan saat induk betina Burung Kacer melakukan pengeraman telurnya sehingga burung tersebut tidak jadi mengeraminya.
  2. Kondisi lingkungan sekitar yang kurang mendukung dapat menyebabkan Burung Kacer stress.
  3. Adanya wabah penyakit yang menyerang Burung Kacer, entah karena pergantian iklim maupun kurangnya kebersihan kandang sehingga menjadi sarang penyakit.
  4. Makanan yang diberikan kurang memenuhi gizi minimal yang diperlukan Burung Kacer.
  5. Kurangnya perawatan dan perhatian dari pemilik yang menyebabkan Burung Kacer tidak terurus.
  6. Cara penangkaran kacer poci sistem koloni yang salah sehingga menyebabkan burung tidak nyaman.

6. Harga Bibit dan Harga Jual Burung Kacer

Berikut ini adalah daftar harga Burung Kacer dari beberapa sumber internet:

Kelompok hargaHarga Burung Kacer (Rp)Sumber
Anakan Burung Kacer jawa515.500https://www.tokopedia.com/ibuyuli/burung-kacer-jawa-barat-anakan-balib
Burung Kacer poci dewasa750.000https://www.olx.co.id/item/burung-kacer-poci-gacor-iid-792058621
Burung Kacer dewasa990.000https://shopee.co.id/New-Promo-Burung-Kacer-i.123915038.1954999163

Itu tadi artikel mengenai cara ternak Burung Kacer. semoga bermanfaat!

Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Gold Coin

Hendrasap
3 min read

Ebod Kenari

Hendrasap
3 min read

Ebod Joss

Hendrasap
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *