Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Cara Menghilangkan Jamur pada Kucing

2 min read

cara menghilangkan jamur pada kucing

Belakangan ini kucing mulai menjadi hewan peliharaan favorit masyarakat, khususnya anak muda. Tapi dibalik kelucuan si kucing ada lho kendala yang membuat resah para pecinta kucing salah satunya adalah jamur kulit. Bagi kamu yang masih pemula memelihara kucing atau kucingmu sedang terkena jamur kulit, ngga usah bingung ya karena ada kok cara menghilangkan jamur pada kucing.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang obat jamur kulit untuk kucing. Cara menghilangkan jamur pada kucing ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Tunggu apa lagi, Yuk simak tulisan agar kamu semakin paham!

cara menghilangkan jamur pada kucing salep jamur kucing

Cara Menghilangkan Jamur pada Kucing

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kucing terkena jamur pada kulitnya yaitu kontak langsung dengan kucing lain, lingkungannya dan jarang dimandikan. Sebaiknya kucing yang terkena jamur kulit segera dikarantina supaya tidak menular. Nah agar kamu lebih berhati-hati pahami juga cara mengatasi jamur pada kucing dengan memperhatikan ciri-cirinya yaitu bulu rontok banyak, sering garuk-garuk, Kulitnya kering dll.

1. Obat Jamur Untuk Kucing

Untuk menyembuhkan si kucing dari jamur kamu bisa melakukan cara mengobati jamur pada kucing kitten dengan memberinya obat luar maupun obat dalam. Kamu bisa mendapatkan obat jamur kulit kucing ini di toko petshop atau membelinya di toko online jika kamu tidak mau ribet. Untuk obatnya gunakan saja yang bentuk salep jamur kucing atau berbentuk bedak.

Sebelum membeli akan lebih baik jika kamu tahu bahwa obat tersebut aman atau tidak jika terjilat oleh kucing. Gunakan obat yang aman saja daripada kucingmu malah keracunan. Untuk berjaga-jaga pakaikan si kucing dengan collar.

Selain obat kimia kamu bisa menggunakan minyak tawon sebagai obat herbel untuk mengatasi jamur tersebut. Oleskkan tipis-tipis saja supaya si kucing tidak kepanasan.

Apa saja Obat yang tepat? Ada 6 macam obat terbaik, silakan baca Obat Jamur untuk Kucing.

Mengobati kucing yang terkena penyakit jamur juga bisa disembuhkan dengan obat dalam. Obat dalam ada banyak merknya, supaya kamu tidak binggung aku juga akan memberikan sedikit info tentang kandungan yang biasanya ada dalam obat jamur tersebut, yaitu mengandung itraconazole, ketoconazol, atau fluconazole.

Sama seperti diawal tadi, jadi jika ingin menggunakan obat dalam ini sebaiknya mencari informasi dulu biar kucingmu tidak bermasalah dengan obat tersebut. Pastikan aman untuk pengobatan berkala, karena bisa saja menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk kucingmu. Atau jika tidak, konsultasikan dulu ke dokter hewan agar kamu lebih paham dengan obat jamur itu dan mendapatkan dosis yang tepat.

2. Menjaga Bulu Kucing Tetap Kering

Yang kedua jika kamu mau melakukan cara menghilangkan jamur pada kucing sebaiknya rawat bulu kucing agar tetap kering. Mengapa seperti itu ? karena jamur biasana berkembang jika ada suhu yang lembab jadi kamu harus memperhatikan hal itu dengan perawatan bulu supaya tetap kering.

Untuk memastikan tetap kering, kamu bisa menjemur si meong di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Selain menekan pertumbuhan jamur kulit kucing, sinar matahari juga berdampak baik untuk pertumbuhan dan kesehatannya. Tapi jangan lama-lama ya agar kucing tidak stress dan kepanasan.

3. Menjaga Kebersihan Kandang

Cara menghilangkan jamur pada kucing yang ketiga yaitu menjaga kebersihan kendang. Kegiatan membersihkan kendang secara teratur dapat menekan pertumbuhan jamur. Membersihkan kendang ini dapat kamu lakukan setiap 2 hari sekali, tapi dapat kamu bersihkan setiap hari agar si meong juga nyaman.

Pertama keluarkan kucing lalu basahi kendang dengan air bertekanan tinggi. Jika sudah, sikat bagian kendang dengan menggunakan sabun. Siram dengan air lagi dan keringkan.

Selain itu, cara mengatasi jamur pada kucing dengan rajin membersihkan kendang adalah dengan mengganti kotak pasir. Jika semua sudah dilakukan, maka kamu bisa memasukkan kucingmu ke kendang lagi.

4. Memandikan dengan Sampo Khusus

Kebersihan memang sangat diperlukan supaya Kesehatan hewan peliharaan tetap terjaga. Terlebih jika kucing peliharaanmu terserang jamur kulit, harus segera melakukan cara mengobati jamur pada kucing kitten. Supaya tetap bersih kulit dan bulunya, mandikan dengan menambahkan sampo khusus anti jamur kulit.

Biasanya sampo anti jamur akan mengandung 2% ketoconazol atau 0,5-5% sulfur. Untuk memaksimalkan efek sampo maka mandikan setiap 2 kali seminggu. Setelah selesai, keringkan bulu dengan hair dryer kemudian sisir bulunya supaya tidak menggumpal dan lebih halus.

5. Cukur Bulu dan oleskan Salep

Mencukur bulu kucing juga merupakan cara mengobati ringworm pada kucing lho. Mengapa demikian ? karena jika bulu kucing lebat maka proses pengobatan seperti mengoleskan salep atau obal lain akan susah, jadi cukur saja biar mudah mengoleskannya.

Mencukur bulu kucing yang terkena jamur memang langkah tepat. Karena bulu tersebut memang akan rontok dengan sendirinya. Jika yang terkena jamur hampir merata ke seluruh tubuh kucing maka gunduli saja

Jika sudah mencukur bulunya, kamu tinggal mengolesi salep jamur kucing pada bagian kulit kucing yang terinfeksi jamur tersebut. Sedikit informasi mengenai salep yang efektif untuk menghilangkan jamur kucing akan mengandung sulfur. Salah satu obat oles untuk menghilangkan jamur yang aku rekomendasikan adalah VCO atau virgin coconut oil.

6. Membantu Cara Menghilangkan Jamur pada Kucing dengan Memberikan Vitamin

Pemberian vitamin juga merupakan cara mengobati ringworm pada kucing. Karena vitamin akan menjaga daya tahan tubuh kucing dari berbagai serangan penyakit.

Beberapa merk vitamin yang laris di toko online dan sepertinya mujarap untuk menambah imunitas kucing adalah Olive Care. Baca aturan pakai untuk cara menghilangkan jamur pada kucing supaya tidak overdosis.

Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Susu Untuk Anak Kucing

Hendrasap
4 min read

Bulu Kucing Rontok

Hendrasap
3 min read

Kucing Betina Birahi

Hendrasap
3 min read