Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Umpan Ikan Nila

2 min read

umpan ikan nila

Memancing ikan tentu membutuhkan alat pancing dan umpan ikan nila supaya ikan tertipu lalu mau memakannya. Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu bahwa ikan nila tergolong ikan yang agak susah memakan umpan. Maka dari itu muncullah beberapa referensi umpan yang disukai oleh nila.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang umpan yang jos untuk nila. Pembahasan umpan ikan nila ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Tidak usah berlama-lama, Yuk simak ulasan mengenai umpan ini!

umpan ikan nilaUmpan Ikan Nila

Walaupun terdengar agak susah memancing ikan nila, tentunya ada kok terobosan supaya memancing nila menjadi mudah. Jenis ikan ini juga banyak tersebar dimana-mana karena mudah berkembang biak. Ditambah dengan banyaknya orang yang mulai membudidayakan ikan ini, tentu akan memudahkan kamu menemukannya.

1. Umpan Nila Bahan Pelet

Kamu masih pemula dalam memancing ? Gunakan saja umpan pancing ikan susah makan dengan pelet. Cara pembuatan umpan ini terbilang mudah jadi cocok bagi kamu yang baru pertama kali memancing atau pemula.

Bahan :

– ½ gelas pelet 78-2 SP

– ½ gelas pelet PF-1000

– 2 sendok teh madu

– 1 kuning telur

– Air

Cara Membuat :

Masukkan 4 bahan pertama ke dalam wadah lalu berikan sedikit demi sedikit saat mencampur hingga menjadi adonan yang kenyal. Kemudian bentuk adonan yang kenyal itu menjadi bulatan kecil untuk dipasang di kail pancing.

2. Umpan Nila Bahan Mie Instan

Murah meriah, mungkin cocok untuk sebutan umpan mancing yang ampuh dari mie instan ini. Apakah kamu sudah tau tentang umpan mie instan ini ? Jika baru tahu mari simak bahan dan cara membuatnya, siapa tahu kamu cepat dapat sambaran nila bila menggunakan umpan ini.

Bahan :

– Mie instan 1 bungkus

– 1 butir kuning telur

– Air panas

Pembuatan :

Langkah pertama membuat umpan mancing yang ampuh dari mie instan adalah dengan memasak mieinstan hingga setangah matang. Kemudian tiriskan dan campur dengan kuning telur. Umpan siap kamu pasangkan ke kail pancing.

3. Racikan Mancing Nila di Kolam

Yang ketiga ini esen ikan nila di kolam yang susah makan berbahan roti dan lainnya. Seperti yang kamu ketahui, biasanya nila agak susah dipancing. Tapi tenang ada umpan ampuh yang bisa kamu gunakan saat di kolam.

Bahan :

– 1 kuning telur

– 1 roti rasa keju

– 2 sendok teh madu

– ½ gelas pelet 781-2 SP

– ½ gelas pelet PF-1000

– Air secukupnya

Cara meracik :

Meracik esen ikan nila di kolam yang susah makan memang sangat mudah. Yang pertama masukkan semua bahan sambil kamu campur air sedikit demi sedikit. Bentuk adonan hingga kenyal dan buat bulatan kecil.

4. Umpan Lumut

Bagi para pemancing yang sudah lama menyukai ikan nila tentunya tidak asing dengan umpan pancing ikan susah makan dengan pelet ini. Lumut menjadi umpan yang murah dan mudah didapatkan. Namun supaya lebih cepat mendapat sambaran nila raciklah lumut dengan beberapa bahan.

Bahan :

– Lumut sawah

– Garam

– Sari pandan

Cara pembuatan :

Campurkan garam dan sari pandan di wadah. Kemudian rendam lumut sawah selama 30an menit, umpan lumut sudah siap kamu gunakan deh. Oiya tujuan merendam lumut dengan bahan tadi untuk melemaskan tekstur lumut dan membuat nila lebih tertarik.

5. Resep Umpan nila Bahan Udang Jitu

Umpan ikan nila memang sudah sangat banyak, tapi kamu harus coba juga umpan alami menggunakan udang. Agar udang lebih cepat disambar nila maka campurkan dengan bahan-bahan lain. Tenang bahan-bahan pakan ikan nila ini mudah kamu temukan kok, tinggal beli di pasar saja pasti ada.

Bahan :

– 250 g tepung roti

– 500 g tepung tapioca

– 1 kg udang rebon kering

– 2 ekor ikan kembung kukus

– 5 butir telur bebek

– 5 sachet vanili

Cara membuat :

Membuat umpan ikan nila bahan udang ini tidak jauh beda dengan pembuatan umpan berbahan lain. pertama campurkan tepung tapioka dan tepung roti. Kemudian masukan telur bebek, udang rebon kering yang telah dihaluskan lalu campur hingga merata. Terakhir tambahkan juga ikan kembung yang sudah dikukus tadi.

6. Mancing Nila Umpan Cotton Bud

Mungkin di antara kamu masih belum tahu bahwa cotton bud bisa dijadikan umpan mancing nila. Memancing dengan menggunakan umpan cotton bud merupakan salah satu Teknik memancing babon nila yang efektif. Penasaran kan ? berikut rincian bahan/alat dan cara memancing dengan cotton bud.

Bahan dan alat :

– Joran

– Senar

– Reel

– 4 mata kail

– 3 gelas beras

Cara Memancing :

Langkah pertama membuat umpan ikan nila dengan cara ini adalah memasang cotton bud ukuran kecil pada rangkaian mata kail. Gunakan teknik dlosoran saja dalam memancing menggunakan umpan cotton bud ini.

Beras yang sudah kamu siapkan tadi di tumbuk sampai menjadi ukuran sebesar cotton bud. Setibanya di lokasi mancing, taburkan beras tadi ke area yang diduga ada ikan nilanya. Lalu lemparkan umpan cotton bud tadi ke area yang sudah kamu taburi beras.

Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Umpan Ikan Tawes

Hendrasap
3 min read

Umpan Ikan Mujair

Hendrasap
2 min read

Umpan Ikan Gabus

Hendrasap
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *