Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Umpan Ikan Lele

3 min read

umpan ikan lele

Membuat umpan ikan lele merupakan salah satu upaya untuk memudahkan kamu menangkap ikan lele yang ada di kolam atau sungai. Memang ada banyak cara menangkap ikan lele ini seperti menjaring misalnya, tapi bagi penghobi memancing hal itu tidak akan memuaskan hati. Oleh karena itu muncullah ide untuk membuat umpan yang cepat disambar lele.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang pembuatan umpan yang bagus untuk memancing lele. Pembahasan umpan ikan lele ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Tunggu apa lagi, Yuk simak artikel ini agar hobi memancingmu tidak asal-asalan menggunakan umpan.

umpan ikan lele

Umpan Ikan Lele

Memancing ikan merupakan hal positif yang dapat kamu lakukan di saat waktu senggang. Misalnya saja memancing ikan lele yang terkenal dengan dagingnya yang enak. Selain itu mencari keberadaan ikan lele juga terbilang mudah karena habitat ikan ini di air tawar.

1. Umpan Galatama Lele Bahan Pelet

Memancing ikan lele saat ini tidak harus pergi ke sungai atau alam bebas. Cukup datang ke kolam pemancingan untuk menyalurkan hobimu tersebut. Memancing ikan lele di galatama/kolam tidak membutuhkan keahlian khusus yang penting umpan sudah dipersiapkan dengan baik, seperti umpan galatama lele bahan dasar pelet ini misalnya.

Bahan :

2 butir telur bebek

– Pelet udang

– ½ sendok teh bubuk garlic

– 1 genggam cacing sutra

– ½ sendok teh vanili

Cara membuat :

Membuat umpan galatama lele bahan dasar pelet juga bisa dibilang mudah. Tinggal kamu campurkan semua bahan tersebut menjadi 1 adonan mentah lalu kukus hingga adonan setengah matang. Mengukus adonan ini akan membuat umpan lebih galak dan joss daripada menggunakan adonan umpan mentah.

2. Umpan Lele Malam Hari Bahan Cacing

Ikan lele biasanya aktif pada malam hari untuk mencari mangsa, makanya pada saat malam hari banyak pemancing yang beraktifitas di sungai untuk memancing ikan ini. Jenis ikan air tawar lele ini menyukai aroma yang amis seperti darah dan sejenisnya. Untuk itu, saat kamu memancing ikan lele pada malam hari gunakan saja umpan jitu lele malam hari bahan cacing.

Bahan :

– Cacing sutra

– Kain tipis

– Bisa juga cacing merah

Cara membuat :

Cacing memang sangat cocok kamu jadikan umpan memancing lele pada malam hari, selain praktis cara membuat umpan jitu lele malam hari bahan cacing juga terbilang mudah. Jika menggunakan cacing sutra, bungkus cacing tersebut menggunakan kain sampai berbentuk bulat lalu pasangkan pada mata kail. Menggunakan umpan cacing merah malah lebih mudah lagi, tinggal pasangkan cacing di mata kailnya.

3. Racikan Umpan Lele Bahan Jangkrik

Hewan air tawar ini selain menyukai aroma amis, dia juga suka dengan serangga. Seperti jangkrik misalnya, mendapatkan jangkrik juga terbilang mudah. Tentunya supaya umpan ikan lele lebih joss tidak hanya menggunakan bahan jangkrik saja lho.

Bahan :

– 20 ekor jangkrik

– Tepung udang

– Attractant

– Cuka

– 40 tetes essen

Cara membuat :

Membuat umpan dengan bahan jangkrik ini sama halnya dengan racikan umpan lainnya. Tinggal kamu campurkan semua bahan tadi hingga menjadi adonan. Agar lebih awet kukuslah adonan ini sampai setengah matang.

4. Umpan Paling Jitu Lele

Memancing ikan memang memerlukan kesabaran yang lebih. Namun hal itu dapat kamu siasati dengan menggunakan umpan ikan lele yang terbukti ampuh untuk mendapatkan lele. Berikut ini bahan dan cara membuat umpan jitu tersebut.

Bahan :

Terasi

– Kuning telur bebek

– Pelet ikan 781-1 SP

– 1 siung bawang putih

– Air hangat

– Plastik

Cara meracik :

Masukkan semua bahan yang telah kamu persiapkan tadi kedalam blender. Haluskan semua bahan sampai menjadi adonan yang tercampur merata. Jika sudah ambil adonan tersebut dan masukkan ke plastik lalu penyet-penyet sampai menjadi umpasn yang siap kamu gunakan.

5. Resep Umpan Lele Air Hijau

Ikan lele kadang memang susah dipancing, apalagi jika airnya keruh tentunya akan menghambat penglihatanmu untuk menemukan keberadaan lele. Namun tak perlu bingung, kamu tinggal membuat umpan yang memiliki aroma amis menyengat.

Bahan:

– Darah ayam atau sapi

Pembuatan :

Setelah darah kamu peroleh, saatnya membuat umpan tersebut. Caranya pun sangat mudah tinggal diamkan sampai darah menggumpal lalu potong kecil-kecil. Setelah itu pasang irisan darah ke kail pancing.

6. Lele Master

Keadaan sungai yang masih bersih dari sampah-sampah dan bahan kimia akan membuat hewan air seperti lele banyak berkembang biak. Untuk itu supaya tidak merusak ekosistem cara menangkap lele yang paling baik adalah dengan memancingnya. Kegiatan memancing pastinya membutuhkan umpan, berikut umpan ikan lele dari daging ayam.

Bahan :

– Daging Ayam

– Pelet 48.

– Terasi

Meracik umpan :

Pertama rebus daging ayam sampai matang, jika sudah lanjut ke penghalusan daging menggunakan blender. Lalu tambahkan bahan lain dan campur sampai rata.

7. Murah Meriah

Hobi memancing sebenarnya tidak membutuhkan biaya yang mahal. Cukup dengan menggunakan peralatan dan umpan yang murah kamu bisa memancing ikan lele. Berikut ini umpan untuk ikan lele yang murah meriah.

Bahan :

1 sachet susu putih

– 1 sachet kukubima

– Asam jawa

– Jangkrik atau serangga lain

Pembuatan :

Langkah awal campurkan susu, kukubima dan asam jawa hingga merata. Jika sudah kamu bisa mencelupkan jangkrik ke larutan yang sudah dibuat tadi. Celupkan jangkik setiap beberapa menit jika tidak mendapat sambaran.

8. Essen Babon Lele Media Tempe

Satu lagi umpan untuk lele, essen lele induk babon media tempe dan jangkrik. Penggunaan bahan dasar tempe bisa digunakan pada segala kondisi air. Berikut resep dan racikannya agar cepat mendapat sambaran.

Bahan :

– 2 buah tempe busuk
– 1 butir telur
– Tepung terigu
– 5-8 tetes essen aquatic super B.

Langkah pembuatan :

Essen lele induk babon media tempe dan jangkrik haluskan dulu tempe busuk lalu campurkan kuning telur dan tepung terigu. Kemudian 5-8 tetes essen aquatic super B supaya aromanya lebih kuat. Nah umpannya sudah siap kamu gunakan.

Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Umpan Ikan Tawes

Hendrasap
3 min read

Umpan Ikan Mujair

Hendrasap
2 min read

Umpan Ikan Gabus

Hendrasap
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *