Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Obat Kucing Demam

3 min read

obat kucing demam

Obat kucing demam akan membuat kondisi si meong lekas membaik. Sakit demam tidak hanya menyerang manusia saja, namun hewan seperti kucing pun bisa terserang demam. Sakit demam bisa diartikan sebagai respon kekebalan tubuh terhadap bakteri yang sensitif terhadap panas.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang beberapa obat sakit demam untuk kucing. Pembahasan obat kucing demam ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Tidak perlu berlama-lama, yuk segera simak artikel ini supaya kamu paham dan semoga bermanfaat.

obat demam manusia cocok untuk kucing

Obat Kucing Demam

Saat demam pasti akan muncul suhu badan yang mengingkat, nah sebenarnya panas pada tubuh tersebut bisa meningkatkan aliran darah ke jaringan yang terluka untuk membantu memperbaikinya. Namun jangan anggap sepele demam pada manusia atau kucing karena ada beberapa kasus demam yang berdampak sangat berbahaya. Untuk itu bantu kucing meredakan sakit demam dengan obat maupun penanganan alami terlebih dahulu.

1. Penanganan Demam Pada Kucing di Rumah

Sebelum memberikan obat kucing demam alangkah baiknya kenali gejala yang menandakan kucingmu sedang demam. Demam identik dengan suhu tubuh yang naik, suhu tubuh kucing yang normal berkisar dari 38,1°C-39,4°C jadi langkah pertama ukur suhu tubuhnya dulu.

Gejala yang timbul biasanya adalah nafsu makan berkurang, lesu, bulunya banyak yang rontok, pernapasan tidak teratur, gemetar dll. Waspadai juga kemunculan diare, muntah, bersin-bersih dan kulit membengkak.

Cek apakah ada luka, patah tulang, infeksi, abses atau tumor dengan cara mengusap secara perlahan kulit kucing. Jika muncul tanda-tanda seperti itu segera pergi ke dokter hewan karena butuh penanganan yang secepatnya.

Setelah mengetahui beberapa gejala tadi, lakukan dulu cara mengobati kucing demam secara alami karena tidak semua jenis demam perlu bantuan obat kimia untuk menyembuhkannya. Langkah pertama adalah mengajak si meong ke tempat yang sejuk seperti lantai dari keramik untuk menurunkan suhunya. menyalakan kipas angin juga diperlukan.

Sambil mengangin-anginkan kucing berikan minum air putih yang banyak dan basahi sedikit bulunya. Hal ini karena demam bisa terjadi karena kekurangan air minum. Jika kitten sulit minum air gunakan alat suntik tanpa jarum untuk memberinya air.

Demam juga menguras banyak energi oleh karena itu berikan makanan yang enak dan mencukupi supaya kucing cepat sembuh. Berikan makanan yang mudah dikunyah seperti telur atau ikan tuna. Namun jangan berikan makanan yang mengandung Bawang merah atau bawang putih, Kalsium, Vitamin D dan Vitamin C karena bisa beracun untuk kucing.

Terakhir cara mengobati kucing demam secara alami adalah memberikan beberapa suplemen energi dan vitamin B. Suplemen energi dan vitamin ini seperti Nutri-Plus Gel dengan dosis 5ml sehari selama 5 hari. Atau berikan Coforta sebagai vitamin B kompleks.

2. Antibiotik Amoxicillin : obat demam manusia cocok untuk kucing

Jika demam yang meyerang kucing penyebabnya adalah bakteri maka gunakan antibiotik seperti amoxicillin untuk kucing demam sesuai dosis yang dianjurkan dokter hewan. Amoxicillin sebenarnya obat untuk manusia namun bisa kamu gunakan untuk kucing.

Walaupun seperti itu kamu harus tetap hati-hati dalam masalah dosis bodrexin untuk kucing sakit. Jangan asal-asalan dalam masalah mengobati kucing demam menggunakan antibiotik karena sering kali diberikan secara khusus untuk menyembuhkan salah satu jenis bakteri saja.

Berikan amoxicillin untuk kucing demam sesuai dosis yang disarankan. Hal ini karena bakteri bisa bersifat resisten terhadap antibiotic. Ada yang menyarankan dosis Amoxicillin dan ampisilin sebanyak 20 mg/kg berat badan. Selain itu ada juga antibiotik lain seperti Marbofloxacin dengan dosis 2 mg/kg berat badan dan Doxycycline sebanyak 5 mg/kg berat badan.

Setelah menggunakan obat demam manusia cocok untuk kucing. Obat akan bekerja untuk membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi pada tubuh kitten dan menghentikan pertumbuhannya.

Amoxicillin tersedia dalam bentuk tablet, sirup cair atau kering, kapsul, suntik sehingga memiliki cara penggunaan dan dosis yang berbeda-beda. Oleh karena itu mintalah resep dokter dulu supaya kucing tidak overdosis.

3. Meloxicam

Meloxicam adalah obat demam manusia cocok untuk kucing dan pendapat ini aku simpulkan dari sumber yang akurat. Selain itu ada banyak negara yang menyetujuinya untuk menggunakan obat ini, namun harus sesuai dosis yang dianjurkan dokter hewan.

Jika akan menggunakan meloxicam sebaiknya pastikan kucing tidak sedang mengalami dehidrasi. Hal ini karena bisa mengakibatkan gagal ginjal.

Berikan Meloxicam setelah makan dengan dosis tidak boleh lebih dari 0,1mg/kg kucing dan secara perlahan turunkan dosis menjadi 0,03-0,05 mg/kg. Dosis ini harus sangat diperhatikan supaya kucing tidak keracunan obat.

4. Stop Fever

Daripada menggunakan paracetamol untuk kucing mending gunakan obat demam khusus kucing seperti stop fever ini. Bukan tanpa alasan kenapa lebih memilih obat demam khusus kucing, hal ini supaya kamu mendapatkan dosis yang pas sehingga tidak timbul efek samping.

NEW STOP FEVER diformulasikan untuk menurunkan panas semua jenis kucing yang penyebabnya flu, radang, alergi maupun infeksi pada luka. Terbuat dari Chlorpheniramine Malate 4mg, Dexamethasone 5mg dan Cefadroxil monohydrate 500mg.

Untuk dosis penggunaanya ada 3 kategori yaitu kucing kecil 2 tetes, kucing sedang 4 tetes dan Kucing dewasa 6 tetes dalam satu kali penyajian. Setelah kamu berikan obat sebaiknya istirahatkan di kandang.

Jika dalam kurun waktu 7 hari tidak sembuh segera bawa ke klinik hewan. Kamu bisa membeli obat ini di toko online dengan harga Rp22.000.

5. COOL-CAT

Mengingat efek samping yang ditimbulkan setelah menggunakan paracetamol untuk kucing sebaiknya beralihlah kepada obat demam khusus kucing seperti Cool-Cat ini. Obat ini bisa menurunkan panas akibat radang, infeksi, pilek, luka dll.

Cool-cat terbuat dari Chlorpheniramine Malate 4mg, Doxycycline 500mg, Ascorbic Acid (Vitamin C) 500mg dan Vitamin B 15mg. sebelum menggunakan cool-cat kocok dulu kemudian berikan obat dengan dosis kitten 2 tetes 2-3x sehari, kucing sedang 4 tetes 2-3x sehari dan untuk kucing dewasa 6 tetes 2-3x sehari.

Hentikan penggunaan obat kucing demam apabila panas sudah turun. Kamu bisa mendapatkan cool-cat di toko online dengan harga Rp18.500.

6. BIO-CAT : Obat Kucing Demam Laris

Satu lagi obat kucing demam yang aman untuk kittenmu. Bio-Cat adalah antibiotic untuk kucing dan kitten yang bisa membasmi bakteri gram positif atau negatif yang menyebabkan demam pada kucing.

Terbuat dari bahan-bahan yang berbeda dengan bodrexin untuk kucing sakit sehingga lebih aman untuk si meong. Komposisinya hanya terdiri dari satu bahan yaitu Doxycycline Hydrate
1mg.

Kemudian untuk dosis setiap kucing berbeda-beda setiap berat kucing. Kucing besar lebih dari 3Kg berikan 5 tetes, kucing sedang 1.5-3 Kg berikan 3-5 tetes dan kucing kecil 800gr-1.5Kg berikan sebanyak 2-3 tetes langsung kemulutnya 3x sehari selama 4-5 hari. Harga BIO-CAT di toko online Rp19.500.

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Bulu Kucing Rontok

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Kucing Betina Birahi

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Susu SGM Untuk Kucing

Hendrasap Hendrasap
3 min read