Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Obat Cacing Kucing

2 min read

obat cacing kucing

Tidak hanya manusia, penyakit cacingan juga bisa terjadi pada hewan peliaharaan seperti kucing. Jenis cacing yang biasa menjangkiti kucing adalah cacing tambang, cacing pita, cacing gelang, cacing cambuk, dll. Kucing yang terkena penyakit cacingan sering diobati dengan beberapa obat cacing kucing yang terjual bebas dan sering direkomendasikan oleh para dokter hewan.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang obat penyakit pada kucing yang direkomendasikan untuk kucingmu. Pembahasan obat cacing kucing ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Yuk simak artikel ini!

obat cacing manusia untuk kucing di apotik

Obat Cacing Kucing

Proses penularan penyakit cacingan pada kucing bisa melalui berbagai hal yaitu mulai dari makanan, dari ibu ke anak, sampai dari kutu melalui kulit. Kucing yang terkena penyakit cacingan akan tampak kurus namun perutnya buncit, tulang punggungnya menonjol, sering muntah dengan cairan hijau yang banyak, lemah, nafsu makan berkurang, diare dll.

1. Obat Cacing Combantrin untuk Kucing

Yang pertama aku akan merekomendasikan obat cacing kucing merk Combantrin. Mungkin kamu heran, kenapa obat cacing manusia untuk kucing. Eitss tenang, ada kok dokter hewan yang merekomendasikan obat combantrin untuk kucing jadi ya tenang saja aman kok.

Tapi jika kamu ragu lebih baik gunakan produk lain atau konsultasi ke dokter hewan langsung yang lebih kamu percaya. Kandungan bahan pyrantel dapat membasmi cacing gelang.

Apakah kamu ragu? Kamu bisa cek di Combantrin untuk Kucing.

Penggunaan combantrin untuk kucing dapat juga kamu gunakan jika kucingmu terserang parasite pada ususnya. Mengapa pakai combantrin sih ? Karena sesuai petunjuk dari dokter bahwa kucing dibawah kitten umur 1 bulan dan 2 bulan (kucing muda) lebih baik menghindari penggunaan obat khusus cacingan.

Dosis penggunaan combantrin adalah sebanyak 1ml untuk setiap 2kg berat si kucing. Jadi jika kucingmu memiliki berat lebih dari 2kg, misalnya 4 atau 6kg maka tambah takaran obat sebanyak 1 ml lagi dan berikan setiap 2 minggu sekali selama 1 bulan.

2. Drontal Cat

Drontal adalah obat cacing untuk kucing di apotik untuk mematikan Cacing Pita, Cacing Tambang, Cacing Gelang yang menyerang pencernaan kucingmu. Kandungan drotan cat terdiri dari praziquantel dan pamoate pyrantel.

Kandungan Praziquantel akan bekerja merusak kulit parasit lalu mematikannya. Sedangkan Pamoate pyrantel akan memblokir neuromuskuler sehingga parasit hancur.

Efek samping dan cara penggunaan sudah dibahas khusus di halaman Drontal Cat.

Berikan drontal sebanyak 1 tablet untuk 4kg berat badan kucing. Karena obat cacing ini berbentuk tablet maka berikan secara oral dalam bentuk tablet atau hancurkan dulu kemudian ambil bubuknya.

Kamu bisa beli Drontal cat di sini. Harga drontal cat di apotik kurang lebih Rp20.000 an per tabet. Besar tablet drontal ini lebih besar dari uang koin 500 jadi ya cukup besar dan berbentuk kapsul lagi. Jika kamu ngga yakin tentang harga obat cacing ini, kamu bisa memastikan harga drontal cat di apotik secara langsung.

3. Catyzole Drop Obat Cacing Khusus Kucing

Obat cacing untuk kitten dan dewasa yang selanjutnya adalah Catyzole Drop. Obat ini memiliki spektrum luas, maka akan efektif membasmi berbagai jenis cacing dan berbagai bentuk cacing mulai dari telur sampai dewasa.

Catyzole bisa membasmi penyakit cacingan mulai dari jenis cacing gelang, cacing pita, cacing tambang, cacing pipih, ringworm dll. Obat cacing ini dapat kamu berikan selama 3 hari berturut-turut jika kucingmu mengalami infeksi cacing berat. Harga obat cacing untuk kucing ini sekitar Rb15.000, yaa tiap toko beda-beda sih.

4. Obat Cacing Kucing Albenworm

Siapa yang tidak tahu obat ini ? Obat cacing ini populer dikalangan pecinta hewan imut ini. Hal ini karena setiap tablet Albenworm mengandung 250 mg Albendazole berfungsi untuk mematikan cacing.

Jenis cacingan yang bisa hilang dengan obat ini adalah cacing gilig roundworms, cacing tambang hookworms, cacing pita cestoda, cacing babi dll. Gunakan obat ini pada kucing yang cacingan dengan berat badan kurang dari 5kg sebanyak ¼ tablet dan untuk 5kg berat kucing sebanyak ½ tablet. Berikan 2x sehari selama 3 hari, setiap 2 jam sebelum makan jika kucingmu mengalami infeksi cacing berat.

5. Vermox

Obat cacing untuk kucing di apotik selanjutnya adalah vermox. Kandungan mebendazole pada vermox bisa mengusir atau menyingkirkan cacing gelang dan cacing pita di dalam tubuh kucingmu jika terkena penyakit cacingan. Vermox juga bisa kamu dapatkan di petshop terdekat dari rumahmu.

Mungkin kamu heran kenapa kok vermox bisa untuk menyembuhkan cacingan pada kucing. Yaa memang begitu, ada kok sumber yang sudah menjelaskan masalah obat cacing manusia untuk kucing ini.

Obat cacing vermox tidak boleh diberikan pada kucing yang sedang hamil dan kitten umur 1 bulan dan 2 bulan (kucing muda). Harga vermox ini sekitar Rp25.000-Rp30.000 per bungkusnya.

6. Wormix

Wormix adalah obat cacing yang berbentuk cair. Obat ini mudah digunakan karena tinggal diteteskan langsung ke mulut dan lebih mudah diserap oleh lambung kucing. Berikan obat ini setiap 1 atau 2 bulan sekali untuk pencegahan dan perawatan rutin kucingmu.

Jika kucingmu sudah terkena cacingan yang berat maka gunakan setiap hari selama 3 hari berturut-turut selama 2-3 jam sebelum makan. Salah satu dosisnya adalah 2 kg berat kucing berikan 10 ml obat.

Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Susu Untuk Anak Kucing

Hendrasap
4 min read

Bulu Kucing Rontok

Hendrasap
3 min read

Kucing Betina Birahi

Hendrasap
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *