Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Mata Kucing Belekan

3 min read

mata kucing belekan

Mata kucing belekan merupakan hal wajar yang kerap dialami si kucing. Seperti halnya manusia kucing pun bisa terkena penyakit mata seperti belekan ini. Belekan dapat diartikan sebagai kondisi mata mengeluarkan lendir, kotoran dan lainnya dengan tanda warna mata kadang memerah, muncul gatal-gatal pada mata serta membengkak.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang pengobatan kucing yang matanya terkena belekan. Pembahasan mata kucing belekan ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Agar kamu paham yuk simak sekarang juga!

cara mengatasi mata anak kucing yang tertutup di apotik

Mata Kucing Belekan

Penyebab mata kucing berair salah satunya karena produksi air mata yang berlebihan, ada sesuatu yang sedang mengiritasi mata sehingga menyebabkan belaken juga. Selain itu adanya cacing mata juga mengakibatkan mata kucing memerah dan gatal. Belekan pada kucing bisa memengaruhi penglihatannya bahkan jika tidak segera di obati bisa mengakibatkan kebutaan.

1. Karantina Kucing

Setelah mengetahui penyebab mata kucing berair ataupun belekan, maka segera lakukan karantina kucing pada tempat yang nyaman dan bersih. Dalam beberapa khasus sakit mata bisa menular ke kucing lain.

Selain itu tempat karantina yang bersih dan nyaman juga akan menghindarkan kucing kejar-kejaran dengan temannya yang lain, penyembuhan pun dapat mudah kamu lakukan. Pastikan tempat karantina bersih, karena jika tempatnya kotor bisa saja malah memperburuk sakit mata yang diderita kucingmu.

2. Bersihkan Dengan Bola Kapas Dan Air

Cara membersihkan mata anak kucing yang belekan memang cukup kamu butuhkan. Hal ini karena masih berkaitan dengan umur kucing yang belum dewasa sehingga belum tahan dengan dosis obat-obatan.

Sebenarnya cukup mudah membersihkan mata kucing belekan, yaitu tinggal siapkan bola kapas dan air bersih. Perawatan ini menggunakan bahan ini sudah sangat aman, nyaman dan tidak ribet jadi bisa kamu lakukan di rumah.

Setelah persiapan bahan selesai, celupkan kapas ke dalam air bersih. Biarkan kapas menyerap air kemudian peras sedikit dan bersihkan kotoran pada mata kucing.

Usapkan kapas dari arah luar ke dalam. Jika kapas sudah kamu pakai, ganti dengan yang baru jika akan mengusap mata kucing lagi. Cobalah menggunakan air hangat agar kucing lebih nyaman lagi dalam membersihkan beleknya.

3. Gunakan Obat Mata Kucing

Mata adalah bagian yang sangat sensitif. Sebelum mencoba coba berbagai alternatif yang bisa saja berbahaya untuk kucing kesayangan, sebaiknya gunakan obat yang memang direkomendasikan untuk kucing.

Kalian pasti tidak mau kan kalau mata kucing yang sakit belekan justru semakin sakit karena salah obat.

Obat mata kucing yang direkomendasikan sudah aku bahas di Obat Mata Kucing.

4. Pengobatan Dengan Daun Sirih

Daripada kamu menggunakan obat kucing belekan di apotik yang jelas-jelas untuk manusia sebaiknya gunakan daun sirih saja. Tanaman herbal ini sangat mudah kamu temukan di pasar maupun di kebun.

Daun sirih memang dipercaya bisa mengobati sakit mata seperti belekan. Tatapi jangan terlalu berlebihan dalam menggunakannya, karena ada sumber yang mengatakan pHnya tidak sesuai dengan pH normal yang ada di mata.

Kemudian bagaimana untuk mata kucing belekan ? Menurutku masih aman asal jangan berlebihan menggunakan daun sirih dalam.

Siapkan 1-2 saja daun sirih, bersihkan sampai benar-benar bersih agar jamur yang menempel pada daun sirih larut dalam air. Rebus daun sirih pada air mendidih, tunggu sampai air berubah warna menjadi kuning.

Dinginkan air rebusan daun sirih kemudian gunakan untuk cara mengobati kucing belekan mengusap mata yang belekan pada kucing. Gunakan alat bantu seperti kapas.

5. Mengobati Dengan Daun Kitolod

Sama halnya dengan daun sirih, daun kitolod juga bisa kamu gunakan untuk cara mengobati kucing belekan. Tumbuhan ini biasanya tumbuh di pekarangan rumah, selokan, sawah dan pinggir jalan. Ciri-cirinya memiliki daun yang berbentuk agak bergerigi dan bunganya berwarna putih.

Menurut penelitian ekstrak daun kitolod mengandung Alkaloid, Flavonoid, dan Saponin. Sedangkan beberapa peneliti menunjukkan tanaman ini bisa mengobati iritasi pada mata. Untuk itu katolod sering digunakan untuk antibakteri obat tetes mata.

Penggunaan bukan salep mata kucing di apotik dapat kamu gunakan dengan cara merendamnya semalaman dalam air bersih atau merebusnya dengan air mendidih lalu dinginkan. Sebelum merendam atau merebusnya bersihkan dulu daun kitolod dari kotoran.

6. Rebusan Daun Binahong Untuk Mata Kucing Tertutup

Cara mengatasi mata anak kucing yang tertutup berawal dari sakit mata belekan kemudian berair dan lama-lama jika tidak segera diobati menimbulkan mata tertutup lapisan putih. Hal ini bisa dibilang sakit mata belekan yang cukup berat karena mata sudah muncul lapisan putih.

Jika dilihat dari penyebabnya, selaput putih yang ada pada mata kucing tersebut timbul karena ada cacing kecil. Namun ada juga yang mengatakan penyebab dari selaput putih ini adalah bakteri atau virus.

Jadi sebelum terlanjur seperti ini alangkah baiknya segera obati mata kucing belekan. Untuk pengobatan yang aku sarankan adalah pergi ke dokter hewan agar cepat tertolong dengan benar.

Tapi ada juga cara mengatasi mata anak kucing yang tertutup dengan perawatan manual seperti memberi minum rebusan daun binahong. Siapkan 5 helai daun binahong yang sudah dicuci bersih, air setengah gelas dan alat lainnya.

Masukkan air ke panci perebusan bersama 5 helai daun binahong. Tunggu sampai mendidih dan air berubah warna. Angkat dan dinginkan, setelah itu kamu bisa memberi minum dengan air rebusan tersebut. Jika kucing menolak campur dengan susu kucing.

7. Cotton Bud

Nah cara membersihkan mata anak kucing yang belekan lainnya adalah dengan menggunakan cotton bud. Penggunaan cotton bud juga merupakan cara alternatif yang lebih mudah daripada menggunakan kapas dan air.

Dengan menggunakan cotton bud yang bentuk kapasnya lebih kecil tentu akan memudahkan menjangkau kotoran di mata kucing. Lakukanlah secara hati-hati agar kucing tidak berontak dan melukaimu. Bila perlu gunakan pengaman.

8. Salep TRICIN

Salep mata kucing di apotik akan membuat kucingmu lekas sembuh dari belekan. Untuk produk yang satu ini aman kamu gunakan karena sudah terbukti bekerja dengan baik. Tricin merupakan antibiotik untuk mata dan telinga hewan kucing ataupun anjing.

Bahan-bahan yang terkandung pada obat kucing belekan di apotik ini adalah Polymyxin B sulfate, Bacitracin Zinc dan Neomycin Sulfate. Dosis yang disarankan adalah 2 jam sekali. Harganya memang cukup mahal yaitu Rp155.000 pada toko online.

Hendrasap
Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Bulu Kucing Rontok

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Kucing Betina Birahi

Hendrasap Hendrasap
3 min read

Susu SGM Untuk Kucing

Hendrasap Hendrasap
3 min read