Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Ikan Oscar

2 min read

ikan oscar

jejeniIkan Oscar merupakan salah satu jenis hias idaman para pecinta ikan. Berbagai jenis dengan tampilan bentuk tubuh serta warna yang berbeda-beda menjadi ciri kha sendiri yang mampu menjadi daya tarik. Kamu perlu mengenal lebih jauh mengenai ikan yang satu ini jika berniat ingin memeliharanya.

Kali ini Nonaternak akan membantu kamu memberikan referensi seputar ini. Ikan Oscar sangat mudah dalam hal perawatan serta persiapan wadah budidayanya. Tidak perlu merogoh kocek terlalu mahal kamu bisa mengembangbiakannya.

ikan oscar

Ikan Oscar

Pasti sudah banyak yang tau dan cukup familiar dengan ikan hias yang satu ini kan? Ya, ikan Oscar merupakan salah satu jenis ikan hias yang terkenal langka sehingga harganya yang mahal. Jenis Oscar ini memiliki corak warna yang tergolong unik ya yakni dengan dasar hitam serta tambahan corak bagian tubuh yang berwarna kuning, merah dan oranye. Berikut ulasan lebih rincinya!

1. Gambaran Umum

Ikan ini ialah ikan hias yang hidup pada perairan air tawar. Berasal dari Sungai Amazon yang ada pada Negara Brazil yang emiliki nama latin ilmiah Astronotus Ocellatus dan termasuk dalam keluarga Cichlid.

Gambaran umum Ikan Oscar ini yakni ikan ini cenderung bersifat sangat agresif terhadap lingkungan. Sehingga tidak bisa untuk kamu satukan dengan ikan hias jenis lainnya dalam suatu wadah atau tempat budidaya seperti akuarium.

Jenis pakan ikan ini yakni seperti ikan–ikan yang memiliki ukuran lebih kecil. Selain itu juga memakan udang, jangkrik, serta kepiting. Jika  kamu bandingkan dengan ikan hias jenis lainnya misal jenis ikan cupang, ikan mas koki, ikan molly, dan ikan jenis lainnya, mungkin ikan ini terkesan masih asing bagi kamu ya. Mengingat ikan ini memang tidak sepopuler ikan hias jenis lain.

2. Jenis Jenis Ikan Oscar

Ternyata terdapat banyak jenis ikan ini yang masing-masing memiliki ketertarikan serta ciri-cirinya sendiri. Kamu bisa memilih salah satu jenis atau bahkan lebih untuk kamu budidayakan. Berikut beberapa jenis ikan Oscar yang perlu kamu ketahui:

  • Oscar Wild Argentina

Jenis ikan Wils Argentinya ini ciri-cirinya memiliki ukuran yang sedang dengan warna dasar kuning kecokelatan. Corak warna hitam pada tubuh Wild Argentina menambah ikan ini tampak eksotis.

  • Oscar Slayer

Bukan cuma cupang yang mempunyai jenis slayer saja ya namun ikan  ini juga ada yang berjenis sama. Perlu kamu ketahui bahwa ikan ini sebetulnya mempunyai kelainan genetik. Meski demikian, bentuk serta warna yang unik pada ikan ini membuat tidak sedikit orang tertarik untuk membudidayakannya.

  • Albino Red Oscar

Jenis ini tergolong jenis ikan Oscar termahal. Ciri-cirinya yakni memiliki warna tubuh merah, dengan kepala berwarna putih serta dominan corak merah.

3. Perbedaan Ikan Oscar Jantan dan Betina

Ketika kamu akan membudidayakan ikan ini maka kamu wajib bisa membedakan ikan  jantan dan betina ya. Tujuannya agar kamu bisa lebih mudah dalam proses pemijahan si ikan. Berikut perbedaan ikan oscar jantan dan betina:

  • Jantan akan mempunyai sirip yang besar luas dan melebar daripada Betina.
  • Betina biasanya mempunyai sirip yang sedikit bundar dan pendek
  • Oscar jantan mempunyai bentuk tubuh yang lumayan panjang dari pada yang betina.

4. Cara Budidaya Ikan Oscar

Cara budidaya yang tergolong tidak ribet. Kamu bisa menerapkan beberapa langkah atau cara budidaya ikan Oscar dengan betul. Berikut cara pembudidayaannya:

  • Bedakan ikan jantan dengan ikan betina, melalui ukuran tubuh ikan, sirip, alat kelamin serta pergerakannya.
  • Pemilihan induk dengan cara memilih usia yang sudah 1,5 hingga 2 tahun. Ikan tentunya memiliki kondisi tubuh yang Sehat serta mampu bergerak secara agresif. Bagian tubuh tidak ada cacat fisik.
  • Persiapkan wadah atau tempat budidaya
  • Lakukan proses pemijahan pada ikan
  • Siapkan makanan ikan oscar yang terbaik

5. Ciri Ciri Ikan Hamil

Ciri-ciri ikan Oscar hamil ini bisa kamu lihat terlebih dahulu dari jenisnya. Guppy, molly, ekor pedang serta platy yang betina ketika sudah melakukan pembuahan, kemudian terbentuk telur dengan sekitar satu atau dua bulan. Telur-telur ini nantinya akan menetas menjadi ikan, baru kemudian lahir oleh induknya.

Ciri-ciri ikan ini ketika hamil juga bisa kamu lihat dari warna. Warna ikan betina yang hamil cenderung agak pucat dengan sirip dubur berbentuk segitiga atau bisa juga berbentuk seperti kipas

6. Harga Ikan Oscar

Harga ikan Oscar ini sangat bergantung pada lokasi kamu tinggal ya, bisanya terdapat perbedaan harga ketika berbeda lokasi. Nonaternak akan menyajikan daftar harga sesuai harga pasar pada umumnya sehingga kamu bisa melihat jenis ikan termahal menurut kamu. Semoga harga-harga yang tersajikan bisa kamu jadikan referensi.

KategoriHargaSumber
Oscar tiger albino import / oscar tiger albino Thailand, 1000 gramRp. 180.000https://www.tokopedia.com/291shop/ikan-oscar-tiger-albino-import-oscar-tiger-albino-thailand?whid=0
 Jenis Oscar Albino goodmark 3jarian, 10 gramRp.   150.000https://www.tokopedia.com/cahayafishquads/ikan-oscar-albino-goodmark-3jarian?whid=0
 Jenis oscar albino 2/3 jariRp.  25.000https://www.tokopedia.com/kybershop/ikan-oscar-albino-2-3-jari?whid=0

Demikian ulasan dari Nonaternak mengenai ikan ini. Semoga dapat bermanfaat!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *