Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Ikan Guppy

3 min read

ikan guppy

Ikan Guppy sekarang ini banyak menjadi pilihan para pembudidaya ikan untuk dikembangkan. Jenis ikan ini berhasil seseorang temukan pada daerah Trinidada pada tahun 1866. Proses perawatan yang mudah serta tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Kamu bisa memanfaatkan wadah ember bekas untuk membudidayakan.

Kali ini Nonaternak akan memberikan informasi penting seputar ikan ini. Ikan Guppy merupakan ikan kecil yang dalam proses pemeliharaannya tidak wajib dengan kolam dengan ukuran besar ya. Proses perkembangbiakan juga sangat cepat membuat beberapa pecinta ikan untuk membudidayakannya.

ikan guppy

Ikan Guppy

Salah satu hal yang membuat ketertarikan ikan guppy ialah terletak pada warna sirip serta bentuknya yang eksotik.  Jika kamu penasaran mengenai informasi ikan  ini baik itu harga, jenis-jenisnya, cara budidaya, maka silakan kamu simak ulasan berikut ini ya!

1. Gambaran Umum

Ikan ini termasuk anggota suku Poecilidae yang memiliki ukuran kecil. Gambaran umum ikan ini bahwa ikan jenis ini mudah untuk berkembang biak ya. Perlu kamu ketahui bahwa ikan ini termasuk ikan yang bisa mengandung dan melahirkan. Ikan Guppy ini merupakan ikan yang berasal dari Negara Amerika Tengah dan Selatan yang berhasil ditemukan oleh seseorang yang bernama Robert John Lechmere Guppy. Oleh karena itu nama ikan ini Guppy.

Setelah ikan betina terbuahi oleh ikan jantan, maka terdapat daerah berwarna gelap yang berada pada sekitar anus yakni ‘bercak kehamilan’. Bercak ini akan meluas serta bertambah gelap warnanya.

Menjelang ketika akan kelahiran, bintik-bintik mata pada anak ikan dapat kamu lihat dari kulit perut induk yang ternyata tipis. Seekor induk  dapat melahirkan anak ikan yakni antara 2 hingga 100 ekor pada setiap kelahiran. Namun kebanyakan antara 5–30 ekor induk berhasil melahirkan anaknya. Nah beberapa saat atau jam setelah persalinan atau kelahiran anaknya ini si induk sudah siap untuk dibuahi kembali.

2. Jenis-Jenis Ikan Guppy

Jenis-jenis ikan ini dan harganya bisa beragam ya. Hal ini membuat kamu pasti bingung ingin memilih jenis ikan Guppy yang seperti apa. Oleh karena itu agar tidak menambah kebingungan kamu, berikut jenis-jenis ikan ini yang perlu kamu ketahui:

  • Ikan jenis Cobra

Ikan jenis Cobra ternyata memiliki ciri khas corak seolah-olah seperti kulit ular. Dominasi warna pada ikan ini yakni merah pada ekor dan siripnya.

  • Ikan jenis Metalik

Ikan metalik ini mempunyai warna biru atau bisa juga abu-abu yang agak gelap pada tubuh si jantan. Sehingga ikan ini berjenis metalik.

  • Ikan jenis Japan Blue

Salah satu jenis ikan ini berikutnya yakni Japan Blue yang mempunyai dominasi warna yakni biru langit. Warna ini bisa kamu lihat pada ekor serta siripnya.

  • Ikan Guppy Tuxedo

Jenis ikan guppy tuxedo memiliki ciri-ciri warna gelap pada tubuh bagian belakang yakni seperti warna biru tua dan hitam.

  • Guppy Mozaic

Jenis guppy yang satu ini memiliki ciri khas yakni pola dan corak bergelombang pada bagian sirip dan ekornya.

  • Ikan Guppy Grass

Guppy grass memiliki ciri-ciri yakni corak khas pada sirip ekor  dan  sirip  punggungnya.

  • Guppy Leopard

Jenis guppy leopard ini memiliki ciri-ciri yakni memiliki noktah tebal serta tersebar acak pada sirip yang berwarna gelap.

  • Guppy Green Red Dragon

Ikan guppy jenis red dragon ini memiliki bentuk sirip dengan melebar ke samping. Ikan ini juga terkenal dengan sebutan ekor delta.

  • Guppy German Platinum Crown Tai

Ikan guppy jenis ini merupakan salah satu jenis ikan yang mempunyai harga jual yang paling mahal. Tak heran, jika jenis guppy ini terlihat dengan sirip yang begitu sangat cantik

3. Perbedaan Ikan Jantan dan Betina

Ikan jantan dan betina dewasa mudah untuk kamu bedakan baik melalui ukuran maupun bentuk tubuh. Tidak hanya itu, perbedaan ikan jantan dan betina bisa kamu lihat juga dari segi maupun warnanya yang terdapat perbedaan.

Untuk ukuran panjang total tubuh ikan betina yakni berkisar antara 4–6 cm, sedangkan ikan  jantan berukuran lebih kecil yakni sekitar 2½–3 dengan membentuk seperti pola jala serta memiliki perut yang gendut dengan berwarna putih.

4. Cara Budidaya Ikan Guppy

Jika kamu ingin mendirikan suatu usaha budidaya ikan ini maka kamu harus paham betul cara budidaya ikan yang baik dan benar.

Secara lengkap, Nonaternak sudah membahasnya di cara budidaya ikan Guppy.

Namun secara ringkasnya, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Pilih indukan yang berkualitas
  • Bisa memanfaatkan ember atau wadah yang sesuai dengan jumlah ikan dalam satu wadah
  • Silakan kamu pisah antara indukan dengan jantan
  • Berhati-hati ketika proses pemijahan
  • Beri pakan rutin dengan sesekali beri vitamin pada ikan

5. Ciri-Ciri Ikan Guppy Hamil

Jenis ikan hias ini mempunyai daya tarik tersendiri ya. Kamu bisa melihatnya pada ciri-ciri yang ada pada tubuhnya. Perlu kamu ketahui bahwa ciri-ciri ikan hamil yakni

  • Warna ikan yang kian memudar.
  • Sebagian Insang pada ikan akan tetap terbuka.
  • Punggung ikan sedikit melengkung.
  • Kebiasaan nafsu makan ikan akan labil, kadang makan secara rakus dan kadang tidak sama sekali.
  • Ikan akan tetap pada satu tempat dalam wadah akuarium, sering berada pada daerah pemanas.
  • Ikan bisa menjadi sedikit agresif dan tentunya lebih bergairah

Masa atau waktu kehamilan ikan ini berkisar antara 21–30 hari dengan rata-rata 28 hari. Hal ini bergantung pada suhu pada airnya. Suhu pada air yang paling cocok dan pas untuk berkembangbiak pada ikan yakni sekitar 27 °C (72°F).

6. Harga Ikan Guppy

Berikut harga ikan yang perlu kamu ketahui. Harga ini bisa saja berganti-ganti sesuai wilayah atau lokasi kamu berada ya. Namun kali ini Nonaternak sesuaikan dengan harga pada umumnya atau harga pasar.

KategoriHargaSumber
Guppy 100 gramRp. 10.000https://www.tokopedia.com/interestingok/ikan-guppy?src=topads

 

Guppy albino full red, afr sepasang, grab/gojek only 25 gramRp. 25.000https://www.tokopedia.com/garskintermurah/ikan-guppy-albino-full-red-afr-sepasang-grab-gojek-only?whid=0

 

Guppy albino yellow jerman, 60 gramRp. 5000https://www.tokopedia.com/ciyaa/ikan-guppy-albino-yellow-jerman?whid=0

 

Demikian yang bisa Nonaternak ulas mengenai ikan jenis  ini. Semoga dapat bermanfaat ya!

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *