Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Entok

3 min read

entok

Siapa yang tidak familiar dengan hewan yang satu ini. Yups, entok namanya. Hewan ini banyak yang membudidayakan karena tergolong mudah perawatan nya. Entok atau biasa disebut Itik serati, itik surati, itik manila, atau mentok ini adalah sejenis burung atau unggas yang masih tergolong dalam keluarga bebek. Di budidayakan karena diambil daging serta telur nya. Asal-usul mentok ini berasal dari Mexsiko, Amerika Tengah dan Selatan. Hidup alami di rawa-rawa hutan dan disekitar danau atau sungai.

Nah kali ini Nonaternak akan membahas banyak hal tentang mentok. Yuk disimak ulasan mengenai entok ini!

cara budidaya entok agar cepat bertelur

Entok

Beternak entok ternyata lebih mudah dan menguntungkan loh ya. Dalam upaya pembudidayaan kamu harus memberikan perawatan yang cukup baik, selain itu pakan mentok juga harus kamu perhatikan agar entok bisa berkembang dengan maksimal. Itik manila memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit. Di pasaran ternyata harga entok tergolong tinggi sehingga kamu dapat meraup omset yang lumayan bagus. Berikut ulasan lengkap mengenai mentok!

1. Gambaran Umum atau Asal Usul

Klasifikasi ilmiah entok yakni mentok berasal dari kelas Aves, ordo Anseriformes yang berasal dari Genus Cairina. Mntok merupakan hewan yang suka bermain air. Oleh karena itu sangat penting menyediakan tempat berendam untuk si mentok. Entok suka nyosor atau makan sehingga hewan ini dikategorikan hewan yang paling rakus. Induk entok bisa makan hingga setengah kilogram dedak loh. Istilah mentok berasal dari bahasa jawa.

Di Indonesia hewan ini sepenuhnya dijadikan sebagai hewan peliharaan yang dimanfaatkan daging serta telurnya. Hewan yang berasal dari persilangan antara bebek dengan mentok biasa disebut tiktok, sedangkan persilangan antara entok dengan bebek bebek biasa disebut tongki atau tiktok. Itik manila ini pandai terbang namun hampir tidak pernah terbang jauh ya. Hewan ini biasanya berjalan bersama gerombolan kelompoknya dengan ekor bergoyang ke kanan maupun ke kiri.

2. Jenis-Jenis Entok

Sejatinya ada banyak jenis entok pedaging yang bisa kamu ternak. Masing-masing jenis tersebut memiliki keunikan masing-masing ya. Berikut jenis-jenis mentok pedaging yang perlu kamu ketahui!

  • Itik Manila

Itik atau mentok jenis manila ini awal mulanya di ternak di Negara Brasil. Ada banyak sebutan nama untuk mentok manila ini seperti, itik pato (Brasil), itik muskus (Inggris), moschus-ente (Jerman) dan lain sebagainya. Itik manila ini memiliki nama ilmiah yakni cairina moschata dalam bahasa latinnya.

  • Itik Branti

Itik atau entok jenis ini merupakan hasil persilangan antara entok betina dengan itik alabio. Hasil persilangan dengan alabio ini menghasilkan anak itik yang berat tubuhnya mampu mencapai 2,5 kg sampai 3 kg per ekor nya. Sedangkan yang disilangkan dengan itik tegal, hanya mampu menghasilkan anak itik yang beratnya 1,5 gg per ekor.

  • Itik Peking

Itik ini termasuk yang paling banyak di ternak atau di budidayakan sebagai itik pedaging. Berat tubuhnya bisa mencapai 3,5 kg hingga 5 kg. Dagingnya begitu lembut serta berwarna ke kuningan. Itik peking ini sebenarnya berbeda dengan entok yang di jawa, tetapi bentuk tubuhnya saja yang mirip.

3. Ciri-Ciri Fisik

  • Ciri fisik Itik Peking

-Memiliki leher yang lurus

-Memiliki punggung miring ke belakang

-Memiliki ekor yang hampir tegak lurus

-Kaki yang pendek sehingga jika berjalan perutnya menempel ke tanah

-Bulunya kebanyakan memiliki warna putih bersih serta halus

-Pada ekor, terdapat banyak bulu kapas yang begitu halus

-Memiliki paruh serta kaki yang berwarna kuning tua

  • Ciri fisik Itik Manila

-Memiliki jambul serta kepala dengan ukuran besar

-Terdapat banyak kutil pada pangkal paruh serta muka

-Leher yang tidak begitu panjang

-Badannya yang lebar dan memiliki bobot 3 kg hingga 3,5 kg

-Memiliki daya mengeram yang begitu baik

-Jika itik Manila ini dikawinkan dengan itik jenis Taiwan yang sejenis mentok, maka akan menghasilkan keturunan itik penghasil daging dengan kualitas baik yakni dengan berat 2,5 kg hingga 3 kg

-Memiliki sayap yang panjang serta kuat

-Warna bulu yang kebanyakan hitam, namun juga ada yang putih

4. Perbedaan Bebek dan Entok

Supaya kamu lebih paham ketika beternak hewan yang satu ini maka berikut perbedaan bebek dengan mentok yang dapat dibedakan dari:

  • Fisik

Fisik bebek : memiliki postur yang lebih kurus serta tubuh yang tegak

Fisik mentok : memiliki postur yang gemuk serta pendek

  • Warna bulu

Warna bulu bebek : kecoklatan

Warna bulu entok : memiliki perpaduan warna yakni hitam pada tubuhnya serta warna putih pada leher.

  • Perilaku

Perilaku bebek : tidak mengerami telurnya sendiri

Perilaku itik manila : mengerami telurnya sendiri, serta bisa mengerami telur bebek

  • Daging

Daging bebek : berserat dan alot ketika dimakan

Daging itik serati : tebal dan empuk ketika dimakan

5. Cara Beternak Entok

Ada 6 cara budidaya atau cara beternak entok yang menguntungkan serta mudah untuk dilakukan, yakni:

Oh iya, sebelumnya sudah lengkap aku bahas tentang panduan lengkapnya. Kamu bisa baca di halaman cara ternak entok.

  • Persiapan kandang

Sebaiknya lokasi kandang berjauhan dengan rumah. Hal ini betujuan untuk menghindari bau yang kurang sedap ya. Semakin banyak mentok maka usahakan kandang juga luas. Jika luas kandang 10 meter persegi maka buatkan 5 meter untuk naungan serta lokasi pemberian tempat makan. Nah sedangkan sisa 5 meter silahkan buatkan pemisah lalu beri kubangan air.

  • Anakan mentok unggulan

Jika kandang sudah siap maka silahkan pilih anakan entok unggulan yang akan dijadikan induk.

  • Persiapan pakan mentok
  • Pemberian vitamin dan vaksin

Unggas juga butuh diberi vaksinasi agar tetap memiliki daya tahan tubuh yang kebal.

  • Usahakan pembangunan sanitasi lingkungan dan pengendalian penyakit yang berkualitas
  • Persiapan agar mentok bertelur

Guna mempercepat mentok bertelur maka berikan pakan yang tepat ya. Entok akan banyak menghasilkan telur jika asupan protein tinggi seperti sumber pakan dari keong atau bekicot.

Perawatan si mentok usia 1 sampai 2 minggu perlu kamu berikan pakan konsentrat starter menggunakan air bersih yang dicampur menggunakan vitamin. Agar nafsu makan entok bertelur ini stabil maka dalam budidayanya disarankan memberikan pakan tanpa air.

6. Harga Entok

Kategori

Harga

Sumber

Anak bebek mentok – entog – dod mentok – dod mentokRp. 18.000https://www.tokopedia.com/jjjualin/anak-bebek-entok-entog-dod-entok-dod-entok?refined=true&whid=0
Bebek Entok/Entog Konsumsi/Ternak Hidup – Biang

 

Rp. 200.000https://www.tokopedia.com/bahtera-olshop/bebek-entok-entog-konsumsi-ternak-hidup-biang?refined=true&whid=0
Bebek entok jantanRp. 250.000https://www.tokopedia.com/zplant2/bebek-entok-jantan?refined=true&whid=0

 

Alvin Dwi Reza
Alvin Dwi Reza Menjadi terbaik dari yang terbaik dengan mengedepankan 5B (Beribadah, Berdoa, Berjuang, Belajar, Berikhtiar)

Vitachick

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Neobro

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Ayam Bekisar

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *