Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Ciri-ciri Kucing Gagal Kawin

2 min read

ciri ciri kucing gagal kawin

Memelihara kucing yang menunjukkan ciri-ciri kucing gagal kawin pasti membuat kamu sedih. Kucing yang kamu pelihara dari kecil kini sudah dewasa dan siap untuk kawin. Namun tak semudah yang dibayangkan kegagalan kucing dalam berkembang biak biasanya kerap terjadi dan menjadi momok bagi pecinta kucing.

Kali ini Nonaternak akan membahas tentang tanda kegagalan kucing dalam berkembang biak. Pembahasan ciri-ciri kucing gagal kawin ini dibuat ringkas dan sederhana sehingga mudah dipahami pemula. Tunggu apa lagi, Yuk simak artikelnya supaya kamu lebih paham mengenai kucingmu!

apakah kucing sekali kawin langsung hamil

Ciri-ciri Kucing Gagal Kawin

Keberuntungan mungkin belum berpihak bagi sebagian kucing maupun sang pemilik. Kucing yang sudah siap kawin malah timbul beberapa penyebab yang mengakibatkan gagal hamil. Kegagalan itu biasanya timbul dari segi kesehatan kucing ataupun dari pasangan, agar kamu tahu apakah si meong hamil atau tidak berikut cirinya.

1. Sering Mengeluarkan Suara yang Khas

Pernah mendengar suara kucing yang aneh ketika akan kawin ? Suara tersebut biasanya muncul ketika kucing sedang birahi dan memanggil-manggil pasangannya. Suara yang keluar dari kucing ini terkesan unik dan beda dari biasanya.

Kucing betina akan mengeong dengan suara khas ini dengan intensitas yang sering dan suara terkesan keras ataupun berat. Memang akan terkesan berisik, namun suara khas ini akan terhenti setelah periode libido kucing atau dorongan untuk kawin sudah tidak ada.

Nah yang menjadi pertanyaan bila suara khas ini masih muncul setelah kawin apakah kucing sudah bisa dipastikan berhasil kawin ? Mungkin saja belum, tapi tinggal intesitas suara tersebut seringa atau tidak dan suara tersebut muncul kapan.

Jika suara khas itu timbul lagi setelah beberapa bulan kawin maka bisa saja kucingmu mengalami gagal kawin. Intinya ciri-ciri kucing gagal kawin bisa kamu tandai pada suara khas yang timbul lagi setelah kawin.

 2. Ciri Kucing Gagal Kawin Sering Bertingkah Agresif

Kucing sudah memiliki tanda siap kawin menurut pertimbanganmu. Lalu kamu jodohkan dengan pejantan yang belum kucingmu kenal. Nah belum mengenal satu sama lain ini akan menunjukkan tingkah yang agresif.

Tingkah agresif ini terbilang wajar dan apabila sudah berlangsung agak lama kedua kucing dapat saling mengenal kemudian bisa kawin. Tetapi hal ini dapat mengecewakan apabila tingkah agresif terus berlangsung sampai beberapa bulan.

Hal yang dapat terjadi dari sifat agresif yang terus berlangsung ini adalah kegagalan kawin dari sepasang kitten ini. Penyebabnya sifat agresif ini bermacam-macam bisa karena salah satu kucing kurang menarik atau sedang tidak sehat.

3. Ciri Kucing Gagal Kawin Utama adalah Siklus Birahi Terus Terjadi

Apakah kucing sekali kawin langsung hamil ? Bisa saja hal ini terjadi dan kebanyakan kasus perkawinan kucing dalam satu waktu bisa langsung hamil kok. Tentunya dengan kondisi kucing yang prima dan sudah siap kawin.

Salah satu tanda siap kawin adalah birahi. Birahi pada kucing dapat berlangsung selama 4-5 hari kemudian akan terulang 1 bulan berikutnya. Apa bila siklus birahi ini terjadi secara terus menerus bisa dipastikan kucingmu mengalami gagal kawin.

4. Terus Mencarai Pasangan

Untuk kasus ini biasa terjadi pada kucing kampung yang kerap berkeliaran di gang atau jalan. Kucing yang sudah kawin namun mengalami ciri-ciri kucing gagal kawin akan terus mencari pasangan untuk memenuhi dorongan libido kucing. Contohnya memaksa ingin keluar rumah dari jendela atau pintu.

Keinginan untuk keluar rumah ini bisa dibarengi dengan kemunculan lagi suara khas tadi. Sudah pasti akan membuat gaduh seisi rumah akibat suara dan tingkahnya. Agar tingkat birahi ini menurun kamu bisa memberinya aromaterapi atau obat penurun birahi kucing.

5. Kucing Sedang Stres

Terkadang si meong yang sudah birahi tidak ditanggapi serius oleh pemilik. Terutama jika kucing ini bukan kucing kampung yang suka berkeliaran sendiri. Tentu dorongan untuk kawin dapat terganggu karena tidak mendapatkan pasangan untuk melampiaskan birahinya.

Hal inilah yang bisa menyebabkan kucing tidak bahagia kemudian stress. Jadi pahami betul ciri kucing yang siap kawin agar tidak gagal kawin.

6. Kehilangan Nafsu Makan

Ciri kucing hamil palsu yang ke-6 adalah menurunnya nafsu makan. Berbanding terbalik dengan kucing yang sudah hamil, kucing yang mengalami gegagalan kawin akan cenderung berkurang nafsu makannya. Ini merupakan ciri yang paling mudah kamu lihat, namun tidak hanya menunjukkan gagal kawin lho bisa saja kucingmu sedang kurang sehat.

7. Sekresi Air dari Kelenjar Susu

Mengenai penyebab pasti dari ciri kucing hamil palsu memang belum banyak yang mengetahui. Kemungkinan ketidak seimbangan hormon progesteron dan prolactin dapat mengakibatkan gagal hamil ini.

Apabila timbul sekresi air dari kelenjar susu biasanya dokter hewan akan menyarankan untuk mengompres bagian kelenjar dengan air hangat agar rangsangan pendorong laktasi dapat diminimalisir. Kurangi asupan makanan juga diperlukan supaya produksi asi tidak berlebihan.

8. Gelisah dan Susah Tidur

Kebiasaan gelisah dan susah tidur juga merupakan ciri-ciri kucing gagal kawin yang dapat kamu lihat secara langsung. Pada umumnya kucing suka dimanja dan agak bermalas-malasan. Begitu juga dengan kucing betina yang sudah berhasil kawin, mereka akan sering makan dan tidur.

Namun sangat berbeda dengan apakah kucing sekali kawin langsung hamil. Ada yang bisa dan ada yang tidak bisa langsung hamil. Pada dasarnya kucing yang gagal kawin akan menujukkan sifat yang gelisah sehingga susah tidur karena ingin keluar dan mencari pasangannya.

Hendrasap Berkatalah kepada dirimu sendiri "Aku ini orang yang tidak baik maka pekerjaanku yang terpenting adalah membuat kebaikan".

Susu Untuk Anak Kucing

Hendrasap
4 min read

Bulu Kucing Rontok

Hendrasap
3 min read

Kucing Betina Birahi

Hendrasap
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *