Cara Ternak Sapi Limosin

2 min read

cara ternak sapi limousin

Cara menggemukkan Sapi Limosin menjadi cukup populer karena sapi ini bisa berukuran sangat besar dengan pakan yang tepat. Namun sebelum tahu cara penggemukan sapi limousin, perlu dipelajari terlebih dahulu mengenai dasar dasarnya sebelum melakukan cara ternak sapi limosin. Kali ini Nonaternak akan membahas secara umum tentang hal hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan cara budidaya sapi limousin.

Di zaman globalisasi sekarang, banyak orang berkompetisi untuk memenuhi hidupnya dengan cara membuka usaha atau bisnis, salah satunya dengan cara ternak sapi limosin. Mungkin di telinga anda masih asing dengan sapi limousin. Oleh karena itu, di artikel kali ini akan dikupas tuntas mengenai cara ternak sapi limosin yang mudah untuk anda coba, mulai dari cara menggemukkan sapi limosin hingga sampai pada tahap cara budidaya sapi limosin dengan baik dan benar. Penasarankan? Mari simak artikel kali ini dengan baik dan seksama ya!cara penggemukan sapi limosin

Cara ternak Sapi Limosin Penggemukan

Sapi limosin adalah sapi potong yang berasal dari wilayah beriklim dingin di Haute-Vienne Prancis. Sapi ini mempunyai ciri tubuh yang begitu besar. Menjadi peternak sapi limosin memang gampang gampang susah ya, anda harus mengetahui cara ternak sapi limosin dengan baik dan benar. Penasaran tentang budidaya sapi limosin? Yuk simak ulasan berikut!

1. Pemilihan Bibit Sapi Limosin Terbaik

Jika anda ingin budidaya sapi limosin yang baik, maka diperlukan bibit yang berkualitas sekaligus yang baik pula, karena bibit merupakan faktor kunci dari keberhasilan melakukan usaha ternak guna menghasilkan ternak yang berkualitas unggul dan maksimal.

Kriteria pemilihan bibit dalam cara budidaya sapi limosin yang baik dan memiliki sifat unggul yaitu:

  • Memilih bibit sapi limosin yang memiliki ciri-ciri badannya besar, lehernya tidak tipis, bergelambir, serta tidak lemah (kuat).
  • Bibit harus memiliki proporsi badan yang ideal.
  • Memilah bibit sapi limosin berdasarkan jenis kelaminnya.
  • Bibit harus memiliki kepala yang terlihat agak besar tetapi tetap ukurannya memiliki perbandingan yang sama dengan badannya.
  • Bibit sapi limosin memiliki mulut yang tidak melengkung atau datar.
  • Bibit kaki limosin memiliki kaki yang tidak cacat (kuat).
  • Sapi limosin untuk indukan yang sudah diseleksi kemudian diberikan perawatan yang lebih agar dapat menghasilkan bibit yang berkualitas unggul.

2. Kadang Sapi Limosin

Dalam cara budidaya sapi limosin, hal yang perlu diperhatikan selain pemilihan bibit sapi limosin, yaitu adalah pembuatan kandang yang senyaman mungkin untuk sapi tersebut guna menunjang pertumbuhan dan produktivitas nya.

Kandang yang baik harus dapat melindungi hewan ternak dari segala macam bahaya yang menerpa, seperti cuaca yang buruk, dan dari predator. Oleh karena itu, di artikel kali akan dibahas tuntas cara budidaya sapi limosin salah satunya adalah pembuatan kandang.

Adapun cara membuat kandang yang baik dan benar yakni:

  1. Tentukan lokasi kandang yang akan dibuat. Usahakan lokasinya dapat diakses oleh kendaraan dan jauh dari pemukiman penduduk.
  2. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
  3. Buatlah desain atau kerangka kandang sesuai kebutuhan. Ukuran ideal kandang sapi limosin berkisar 3 m – 5 m tergantung dari banyak sapi dalam kandang tersebut.
  4. Buatlah kerangka kandang dilanjutkan dengan pembuatan atap serta pondasi.
  5. Kandang sudah jadi!

Mudahkan untuk diterapkan. Silahkan mencoba!

3. Pakan Sapi Limosin supaya Besar

Makanan merupakan faktor penunjang keberlangsungan pertumbuhan dan produktivitas  ternak untuk tumbuh sehat dan bugar. Makanan salah satu media dalam cara menggemukkan ternak agar didapatkan daging yang banyak dan berkualitas.

Pakan biasanya belum mengandung nutrien yang lengkap untuk ternak, sehingga kamu perlu menambahkan vitamin sapi.

Jenis makanan untuk ternak sapi limosin dapat berupa kacang-kacangan atau legum, rerumputan seperti rumput gajah dan rumput gembala. Jika sapi limosin ingin tumbuh gemuk salah satu alternatifnya adalah dengan memberinya makan konsentrat.

4. Cara Ternak Sapi Limosin Penggemukan

Agar sapi limusin dapat tumbuh dengan baik, maka diperlukan perawatan yang maksimal, mulai dari pemilihan bibit unggul sampai dengan pemasarannya. Dalam pemberian pakan sapi limosin bisa dilakukan 2 kali sehari tergantung dari umur sapi tersebut.

Kemudian pembersihan kandangnya dapat dilakukan 1 atau 2 kali sehari. Jika ada sapi limosin yang sakit, maka segeralah untuk memberi perawatan intensif dengan cara memberi obat atau memisahkan sapi tersebut dari koloninya agar tidak menulari sapi yang lain.

5. Penyebab Kegagalan Cara Ternak Sapi Limosin

Kegagalan merupakan sesuatu yang sangat tidak diharapkan bagi peternak. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan dibahas secara detail penyebab kegagalan dalam melakukan ternak sapi limosin agar anda dapat mengantisipasi dan memikirkan cara yang tepat untuk mencegah dan menanggulangi kegagalan tersebut.

Adapun penyebab kegagagalan melakukan ternak sapi limosin yaitu bibit yang digunakan tidak sempurna (cacat), kekurangan kandungan nutrisi pada makanan yang diberikan pada sapi limosin sehingga sapi tidak bisa tumbuh dengan maksimal, kandang yang digunakan kurang memenuhi syarat minimal kandang yang baik, dan kurangnya modal yang memadai.

6.  Daftar Harga sapi limosin

kategoriDaftar harga
Sapi limosin berumur 4 bulan15.500.000,00/ekor
Sapi limosin berumur 5-6 bulan, dengan berat 400 kg24.000.000,00/ekor
Sapi limosin berumur 6-8 bulan, dengan berat 600 kg41.000.000,00/ekor
Sapi limosin berumur 8-10 bulan, dengan berat 800 kg64.000.000,00/ekor
Sapi limosin berumur 1-2 tahun, dengan berat 1 ton lebih100.000.000,00/ekor

Harga sapi ini Nonaternak ambil dari marketplace, salahsatunya adalah https://shopee.co.id/orimultibako.

Harga tersebut bisa saja berubah-ubah sesuai harga pasar, kondisi lingkungan, dan jumlah pasokan sapi limosin.

Itulah artikel mengenai cara ternak sapi limosin. Semoga dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan sebagai referensi informasi tentang bagaimana cara ternak sapi limosin yang baik dan benar terutama bagi para pemula. Terima kasih!

Diana Eka Mei Novitasari

Vaksin ND

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Vitachick

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read

Neobro

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *