Cara Ternak Kuda

3 min read

cara ternak kuda cara merawat kuda

Cara merawat kuda memang bisa dibilang sulit. Bahkan tidak sedikit pemilik kuda yang membeli kuda sekaligus ‘membeli’ perawatnya. Karena memang kuda tergolong mudah setres, jadi pergantian perawat bisa menyebabkan hal tidak baik pada Kuda. Kali ini Nonaternak akan sedikit membahas tentang cara ternak kuda atau cara merawat kuda. Aku yakin tulisan ini masih banyak kurangnya, karena memang belum berpengalaman, jadi silakan memberi masukan di kolom komentar.

Di zaman globalisasi sekarang, banyak orang berkompetisi untuk membuat dan mengembangkan bisnis guna memenuhi kebutuhan sehari-hari dan meraup laba yang menjanjikan. Sekarang mulai banyak pebisnis yang mulai mengembangkan bisnis dengan cara ternak kuda, mengingat selain karena kuda mudah di budidayakan juga keuntungan yang didapatkan tidak kalah dengan bisnis yang lain. Di artikel kali ini akan dikupas tuntas mengenai cara ternak kuda secara baik dan benar serta dapat diterapkan bagi pebisnis pemula yang masih belum tahu cara beternak kuda yang baik dan benar. Penasarankan? Mari kita simak artikel ini sampai selesai!cara budidaya kuda

Cara Ternak Kuda dan Cara Merawat Kuda

Kuda merupakan salah satu hewan mamalia yang hidupnya di darat. Hewan ini mudah untuk dikembangbiakkan dan memiliki manfaat yang luar biasa, seperti dapat menghasilkan susu, mempunyai tenaga yang ekstra sehingga dapat dibuat sebagai alat transportasi atau pengangkut barang, dagingnya pun dapat dimanfaatkan sebagai obat atau makanan dan masih banyak lagi. Inilah ulasan mengenai cara budidaya ternak kuda yang baik dan benar!

1. Jenis Bibit Kuda Terbaik berdasar Kegunaan

Bibit merupakan faktor penentu dalam melakukan budidaya, karena hal tersebut merupakan kunci utama guna dihasilkannya calon anakan yang unggul. Adapun cara ternak kuda dalam segi pemilihan bibit yang baik dan unggul dapat dilakukan dengan 3 metode, yaitu penampilan tubuh atau performans, silsilah tetua calon bibit, dan pengamatan langsung untuk menilai kondisi tubuh dan pemeriksaan kesehatan kuda.

Syarat-syarat yang perlu diperhatikan dalam cara ternak kuda dari pemilihan bibit yang baik dan unggul yakni bibit harus sehat, bentuk tubuh panjang dan lebar, dan posisi tubuh tegap. Hal tersebut bertujuan agar anak kuda tidak mati karena lemah akibat kurang susu.

2. Kandang Kuda

Selain pemilihan bibit yang berkualitas, pemilihan kandang guna diterapkan untuk ternak kuda juga perlu diperhatikan. Syarat minimal kandang kuda yang harus dipenuhi yaitu kandang dapat melindungi kuda dari gangguan dari luar seperti cuaca buruk atau predator, memiliki struktur lantai yang sesuai, kandang memiliki penambat yang digunakan untuk menambatkan kuda ketika sedang dirawat, serta memiliki aspek keselamatan yang memadai.

Adapun prosedur pembuatan kandang kuda yang baik dan dapat melindungi kuda dari serangan bahaya yaitu:

  1. Tentukan lokasi ideal untuk dibangun kandang kuda. Biasanya lokasi kandang kuda bisa didekat ladang. Jangan pernah memiliki lokasi kandang yang rentan terhadap banjir jika musim hujan tiba.
  2. Buat desain kandang yang cocok untuk digunakan di daerah anda.
  3. Siapkan alat dan bahan.
  4. Buat kerangka kandang dengan ukuran yang menyesuaikan, tergantung dari banyak kuda yang diternakkan.
  5. Buat atap kandang kemudian dilanjutkan dengan alas kandang.
  6. Kandang kuda sudah jadi deh!

Mudahkan? Silahkan anda terapkan langkah-langkah tersebut dalam cara ternak kuda untuk pembuatan kandangnya.

3. Pakan Kuda

Pakan merupakan hal penting yang sangat memengaruhi kelangsungan hidup dan pertumbuhan kuda. Pakan kuda dapat berupa konsentrat (buatan) dan hijauan (alami) seperti rumput atau ilalang. Rasio pemberian pakan tergantung dari jenis dan umur kuda, biasanya jumlah pakan yang diberikan setiap hari bisa 2 lbs (1 kg) untuk tiap 100 lbs berat badannya. Kuda dewasa perlu asupan energi lebih banyak dari pada yang anakan, hal tersebut karena pada kuda dewasa energinya banyak dimanfaatkan oleh manusia baik untuk alat transportasi ataupun sejenisnya.

4. Cara Merawat Kuda dan Cara Ternak Kuda

Cara memelihara dan perawatan kuda tergantung dari jenis dan umur kuda yang diternak. Merawat kuda memerlukan komitmen waktu yang serius. akan tetapi, dengan perawatan yang baik, kuda dapat menjadi hewan peliharaan, teman yang baik dan menyenangkan, sekaligus dapat dijadikan sebagai ladang bisnis. Ada pun sesuatu yang perlu diperhatikan dalam cara ternak kuda dari segi pemeliharaan yaitu:

  • Buatlah kandang dapat melindungi kuda dari segala ancaman.
  • Sediakan alas tidur yang nyaman untuk kuda yang anda ternak.
  • Sediakan makanan yang tepat untuk kuda ternak anda dengan rasio yang menyesuaikan.
  • Agar kandungan elektrolit pada tubuh kuda tetap dalam keadaan seimbang, maka dapat diberikan tambahan mineral berupa garam yang khusus untuk ternak kuda, biasanya berupa balok mineral.
  • Untuk mencegah kuda dehidrasi, dapat dilakukan dengan pemberian air yang memiliki kandungan mineral kompleks.
  • Rawatlah ladang rumput anda dengan baik (jika punya), hal tersebut berguna untuk ketersedian pakan alami kuda yang berkualitas.
  • Bersihkan kandang kuda setiap hari.
  • Sisir bulu kuda peliharaan anda.
  • Bawalah kuda ternak anda untuk berlatih dan bergerak.

5. Penyebab Kegagalan Cara Ternak Kuda

Kegagalan merupakan faktor yang paling dihindari bagi peternak, biasanya penyebab kerugian itu salah satunya adalah adanya kegagalan. Adapun penyebab kegagalan dari beternak kuda yaitu bibit yang digunakan tidak sehat atau cacat, kuda mengidap penyakit, adanya wabah besar-besaran yang menyerang kesehatan kuda, keterbatasan modal untuk beternak kuda, pemenuhan kandungan nutrisi pakan ternak kuda yang kurang memadai, dan lain-lain

6. Daftar Harga Kuda

kategoriharga
Kuda betina umur 7 bulan12.000.000,00/ekor
Kuda tunggang, umur 8 bulan15.000.000,00/ekor
Kuda betina, umur 7 bulan17.000.000,00/ekor
Kuda sandelwood, umur 3 tahun25.000.000,00/ekor
Kuda betina, umur 3,5 tahun28.000.000,00/ekor

Harga tersebut bisa berubah-ubah sesuai waktu dan kondisi lingkungan.

Demikian artikel tentang ulasan cara ternak kuda. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan serta wawasan anda semua! Terima kasih.

Diana Eka Mei Novitasari

Ayam Brahma

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Ayam KUB

Hendrasap Hendrasap
2 min read

Vaksin ND

Alvin Dwi Reza Alvin Dwi Reza
5 min read